Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada UPTD SDN 15 Barru
Implementation of Recitation Learning Method in Increasing Motivation to Learn Islamic Religious Education of Students at UPTD SDN 15 Barru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran resitasi dalam peningkatan motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik pada UPTD SDN 15 Barru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif ini guna mendapatkan data tentang Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada UPTD SDN 15 Barru. Penelitian ini menunjukkan Penerapan metode pembelajaran resitasi dalam belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik pada UPTD SDN 15 Barru secara garis besar melalui tiga langkah yaitu pemberian tugas, pelaksanaan tugas dan peserta didik mempertanggungjawabkan tugas atau laporannya baik secara lisan atau tertulis dari apa yang telah dikerjakannya. Motivasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik pada UPTD SDN 15 Barru adalah suasana belajar akan terasa lebih menyenangkan ketika lingkungan kelas saling mendukung dan kompak atas apapun yang berkaitan dengan pelajaran.
References
Atmaja Prawira, Purwa. Psikologi Pendidikan dalam Prespektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Bahrudin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Cet.4; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Daradjat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Ciipta, 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
_________. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Fathori, Abdurrahmat. Metodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Gunawan, H, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta, 2012.
Hamruni, Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam, Tesis, Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Hasibuan, Ferawati Artauli dkk. Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2022.
Juddah,, Abu Bakar Analisis Sintetik terhadap Strategi Pembelajaran Andragogi Berspektif Kemandirian Dosen dalam Pembelajaran” Kuriositas, Edisi VIII, Vol 2 Desember 2015, Parepare: STAIN Parepare, 2015.
Khasanah, Respon Guru dan Peserta Didik dalam Pembelajaran. FKIP UMP, 122, 2017.
Kurniawan, Deni. Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Alfabeta, 2014.
Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Rosda Karya, 2016.
Latipah, Eva. Metode Penelitian Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Majid, A. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
M. Budiyanto, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ombak, 2013.
M. Echols, John dan Hasan Shadily. Kamus Inggris Indonesia.
Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
_______, Strategi Pembelajaran. Cet.4; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Mgs. Nazarudin, Manajemen Pembelajaran, Jogjakarta: Teras, 2017.
Minarti, Sri. Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis-Filosofis dan AplikatifNormatif. Cet.2; Jakarta: Amzah, 2016.
Moeliono, Anton. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Mudlofir, Ali , Evi Fatimatur Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Cet.2; Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Grafindo Persada, 2005.
Mujib, A. Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Kencana, 2016.
Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Mustari, Mohamad dan M. Taufiq Rahman. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: LaksBang Pressindo, 2012.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama 2005.
Nazaruddin, Manajemen Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Teras, 2007.
Prayitno, Dasar Teori dan Praksis Pendidikan, Jakarta :Grasindo, 2009.
Sarlito W. Sarwono, Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang, 2002.
Prawira, Purwa Atmaja, Psikologi Pendidikan Dalam Prespektif Baru, Jogjakarta: ArRuzz Media, 2012.
Prihatin, Eka. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2011.
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Rahmatulloh. (2021). Implementasi kebijakan penerapan kurikulum muatan lokal kesenian betawi pada lingkungan pendidikanformal di provinsi dki jakarta. Genta mulia: jurnal ilmiah pendidikan, 6(1).
Rochaman, Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas, 2005.
S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rinakarya Cipta 2014.
Sadirman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. , Cet.9; Bandung : Alfabeta, 2011.
Sarlito W. Sarwono. Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang, 2002.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet.13; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2013.
Sudirman, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2021
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2014. Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Suryani, Irma. Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bhakti Pemuda Lampung Selatan. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020.
Sutirman, Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Efisensi Kajian Ilmu Administrasi, IV (2), 109-121, 2006.
Suwarna, Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Professional. Yogyakarta: Tiara Wacana,2015.
Syafaat. Aat dkk, Peranan Pendidikan Agama Islam (Dalam Mencegah Kenakalan Remaja), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2018.
Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2016.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cet.21; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Syar?i, A., Hamdanah, & Akrim, A. (2020). The Development of Madrasa Education in Indonesia. Revista Argentina de Clínica Psicológica, 4(29).
Syaodah Sukmadinata, Nana. Metode Penelitian Pedidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Syukri. Metode Khusus Pendidikan dan Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Prenadamedia Group,2019.
Tajuddin, Ahmad. Perbedaan Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah El-Syifa Jakarta Selama Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2023.
Tambak, Syahraini. Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Jurnal Al-hikmah Universitas Islam Riau Vol.13, No.1, April 2016).
Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Copyright (c) 2025 Kasmiati, Usman, Muh. Akib D, Saepudin, Buhaerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â