Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an At-Taqwa Jampue
Learning of Creed and Morals in the Formation of Religious Character of Students at the Islamic Senior High School of the Darul Qur'an At-Taqwa Islamic Boarding School in Jampue
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an At-Taqwa Jampue, mengetahui dan memahami Karakter Religius peserta Didik di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an At-Taqwa Jampue, dan mengetahui serta Faktor penghambat dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an At-Taqwa Jampue. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Qur’an At-Taqwa Jampue dilakukan secara terintegrasi dengan lingkungan pesantren yang religius. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan praktik langsung dalam kehidupan sehari-hari, yang didukung dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian, halaqah, dan kajian kitab. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Peserta Didik terhadap prinsip-prinsip akidah yang benar serta membentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, menjadikan pembelajaran Akidah Akhlak sebagai landasan penting dalam membangun kepribadian siswa yang saleh dan berakhlak mulia. (2) Pembelajaran Akidah Akhlak di pondok pesantren ini memberikan kontribusi signifikan dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Melalui pengajaran yang menekankan keteladanan, pengamalan nilai-nilai agama, dan pembiasaan ibadah, Peserta Didik secara bertahap menginternalisasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan mereka. Lingkungan pesantren yang mendukung dan konsistensi para pendidik dalam memberikan bimbingan turut memperkuat pembentukan karakter Peserta Didik, sehingga mereka mampu menunjukkan sikap religius seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial dalam interaksi sehari-hari. (3) Faktor Penghambat dalam Pembelajaran Akidah Akhlak meliputi keterbatasan sarana dan prasarana, seperti kurangnya buku referensi, media pembelajaran yang memadai dan Metode Guru dalam mengajar yang monoton. Selain itu, latar belakang Peserta Didik yang beragam dari segi pemahaman agama dan kemampuan akademik juga menjadi tantangan bagi guru untuk menyampaikan materi secara efektif. Sehingga upaya pembentukan karakter Peserta Didik tidak sepenuhnya terintegrasi secara maksimal.
References
Anggraena, Yogi dkk, Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.2022. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Assmen Pendidikan Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi Republik Indonesia.
Herlina, Vivi Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS.2019. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo,.
Hidayat, M., Maulidi Arsih, Asessmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengahi. 2023. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia: Lombok.
KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),” 2024, https://kbbi.web.id/desain.
Mustafa, P S dkk, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. 2020. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
On Student Performance. 2017. Jurnal Turkish Online Of Distance Education, Tojde, Turki
R H Ristanto, E Kristiani, and E Lisanti, Flipped Classroom–Digital Game Based Learning (FC-DGBL): Enhancing Genetics Conceptual Understanding of Students in Bilingual Programme, Journal of Turkish Science Education, 2022, http://www.tused.org/index.php/tused/article/view/1144.
Sholeh, Muh. Ibnu. Manajemen Pendidikan Islam.2023. Indramayu: Penerbit Adab.
Sudijono, Anas Pengantar Evaluasi Pendidikan. 2019. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan), 3rd ed. 2019. Bandung: Alfabeta, 2019
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. 2002. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2020. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. 2018. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Sumarna Surapranata, Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. 2017. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
TIM Penyusun. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Teknologi Informasi. 2020. ParePare: IAIN Parepare.
Waluya,B. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial Di Masyarakat PT Grafindo Media Pratama.
Widoyoko, S. Eko Putro Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolahan. 2014 Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2025 Muh. Aslan, Saepudin, St. Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â