Peran Kompetensi Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Al-Kautsar Sidenreng Rappang
The Role of Student Competencies in Religious Education Learning Islam at Sdit Al-Kautsar Sidenreng Rappang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SDIT Al-Kautsar sidrap yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan kognitif peserta didik menunjukkan hasil yang baik dari hasil analisis nilai kognitif kelas V menunjukkan bahwa 19 peserta didik mendapatkan nilai 77 dan 2 orang peserta didik mendapatkan nilai 83. Sedangkan pada kelas VI 1 orang peserta didik mendapatkan nilai sempurna 100, 3 orang mendapatkan nilai 98, 1 orang mendapatkan nilai 85 dan 5 orang mendapatkan nilai 75. (2) kemampuan afektif peserta didik berada pada kategori baik dengan hasil analisis pada kelas V menunjukkan bahwa ada 2 peserta didik yang mendapatkan nilai C. Kemudian pada kelas VI ada 8 peserta didik yang mendapatkan nilai B dan 2 orang mendapatkan nilai A. (3) kemampuan psikomotorik peserta didik ditunjukkan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an bahwa terdapat 3 orang peserta didik kelas V buta huruf belum mampu mengenali huruf-huruf hijaiyah yang ditunjukkan oleh peneliti. Terdapat 13 orang peserta didik tidak lancar dalam mengaji. dan terdapat 5 orang lancar mengaji. Tidak ada peserta didik kelas VI yang buta huruf. 4 orang peserta didik tidak lancar dalam mengaji. Terdapat 6 orang lancar mengaji. (4) kompetensi peserta didik berperan penting dan krusial dalam kelancaran pembelajaran PAI di SDIT Al-Kautsar.
Kata Kunci : Peran, Kompetensi, Peserta Didik.
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011
E, Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013
Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013
Kartanegara, Mulyadi. Reaktualisasi Tradisi Ilmiah Islam, Jakarta: Baitul Ihsan, 2006
Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014
Sagala, Syaiful. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia group, 2015
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2008
Sukmadinata, dkk. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Jakarta: Refika Aditama, 2012
Sukring. Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013
Suwandi & Basrowi. Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Copyright (c) 2023 Dwi Ratnasari, Usman, buhaerah, hamdanah, muzdalifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â