Penggunaan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Terpuji Siswa Kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi

The Use of Animated Video as a Learning Media to Improve Understanding of the Good Morals Material for Class V Students, Mis Muhammadiyah Samallangi

  • Nurul Hikmah Hayati Sultan Pascasarjana, Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Sitti Jamilah Amin Pascasarjana, Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Usman Pascasarjana, Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Hamdanah Pascasarjana, Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Abdul Halik Pascasarjana, Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
Keywords: Penggunaan Video Animasi, Media Pembelajaran, Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Terpuji, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman akhlak terpuji siswa kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi, Untuk mengetahui peningkatan pemahaman akhlak terpuji siswa kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi melalui penggunaan video animasi. Jenis penelitian ini adala penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, metode kualitatif lebih mengutamakan oservasi, wawancara, dokumentasi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, Pertama, Penggunaan media pembelajaran Pembelajaran video animasi sangat menunjang dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Aqidah Akhlak, para siswa sangat termotivasi manakala pembelajaran tersebut menggunakan media yang menunjang, diantaranya media berbasis komputer dan internet, media tersebut sangat penting untuk dipelajari oleh peserta didik sehingga bisa membuka cakrawala dan wawasan terhadap Agama Islam. Penggunaan media pembelajaran di MIS Muhammadiyah Samallangi antara lain media berupa laptop/komputer, Proyektor/LCD, jaringan internet speaker dan media lainnya. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video animasi dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi pada mata pelajaran akidah akhlak pada materi akhlak terpuji. Hal ini ditunjukan dari Aktivitas guru dengan rata-rata pada siklus I sebesar 88%, dan  siklus   II   sebesar   100%,   dan dikategorikan kategori baik sekali. Aktivitas siswa dengan rata-rata  pada  siklus  I  sebesar  30%,  dan siklus  II sebesar 100% dan dikategorikan kategori baik sekali. Hasil tes belajar siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran akidah akhlak khususnya pada penguasaan materi akhlak terpuji rata-rata pada siklus I sebesar 24,50%, siklus II sebesar 84,50%  dikategorikan kategori sangat baik.

References

Abdullah, M. Yatimin. Studi Akhlaq Dalam Perspektif Al- Qur?an. Jakarta: Amzah. 2007.

Adam, Steffi dan Muh. Taufik Syastra. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”. Dalam CBIS Journal. Volume 3 No 2. ISSN 2337-8794 tahun 2015. Universitas Putra Batam. Batam Kepulauan Riau.

Ah-Sanaky. H. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru Dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara. Diunduh dari https://digilib.unila.ac.id %2F11549%2F8%2FBAB%2520II. pdf diakses pada tanggal 29 April 2022

Al-Qur’an. Terjemah Kementrian Agama. surah Al-Alaq ayat 1-5. Surabaya: Fajar Mulya. 2015.

Anwar, Rosihon. Akhlak Tasawuf Edisi Revisi. Bandung: Pustaka Setia. 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prodedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rieneka Cipta 1997.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2013.

Asnawir dan M. Basyiruddin U.. Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers. 2002 .

Cokroaminoto. “Reduksi Data dalam Analisis Penelitian Kualitatif“.Hhtp://www. Menulisproposalpenelitian.com/2012/07/ reduksi-data-dalam-analisis-penelitian. html. Diakses pada tanggal 31 mei 2022

Darmiyati, Zuchdi. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Press. 2008.

Daryanto. Media Pembelajaran Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. 2016.

Departemen Agama RI. Al-Qur?an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro. 2003.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: mydyredzone. 2008.

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar Banjarmasin: Rineka Cipta.2010.

Fadhli, Muhibuddin. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Video kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2015.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2002.

Hamzah, Nina Lamatenggo. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2011.

Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.

Hartini, Rosma. Strategi Belajar Mengajar Bengkulu. 2019.

Hartono. dkk. PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa Publishing. 2008.

Hidayatullah. dkk. Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang : 2012.

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlaq cet.IX Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. 2007.

Khomariyah, Siti. Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Efektivitas Pembelajaran Materi Product Life Cycle. Jurnal Pendidikan Tata Niaga JPTN. Volume 06 Nomor 03 2018.

Kurniawan, Rusman Deni dan Cepi Riyana. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2013.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. Media Pembelajaran Bogor: Ghalia Indonesia. 2013.

Majid, Abdul. Strategi pembelajaran Bandung : PT remaja rosdakarya. 2013

Masykur, Rubhan. Nofrizal. Muhamad Syazali. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8. No. 2. 2017.

Maulani, Siska. Nisa Nuraisyah. dkk. Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia JPTI. Vol. 2. No. 1. Januari 2022.

Moleong, Lexy J.. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.

Mulyadi. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusu Yogyakarta: Nuha Litera. 2010.

Munadhi, Yudhi. Media Pembelajaran Jakarta: Gaung Persada Press. 2012.

. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru Jakarta: Gaung Persada Press Group. 2013.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta. 2012.

Noor, Subkhiatin. Akidah Akhlak kelas IV. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI. 2020.

Peraturan Menteri Agama RI No. 912 tahun 2013 tentang “Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab”. 2019

Poerwandari, E. Ktisti. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian. Jakarta: Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi. Fak. Psikologi UI. 2009.

Ponza, Putu Jerry Radita. I Nyoman Jampel. dan I Komang Sudarma. Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 6 No. 1 2019.

Purnama, Bambang Eka. Konsep Dasar Multimedia Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

Rosidi. Pengantar Akhlaq Tasawuf. Semarang: Karya Abadi Jaya. 2015.

Sadiman, Arief. dkk. Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2012.

Sanaky, Hujair A.H. Media Pembelajaran. Jakarta: Kaukaba. 2011.

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2009.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2014

. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana. 2009.

Shalahuddin, Mahfud. Media Pendidikan Agama Bandung : Bina Islam. 1986.

Sisdiknas. Undang Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional bandung: fokusmedia. 2003.

Slameto. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Pustaka Indonesia. 2010.

. 2013. Belajar Mengajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Soenarto, Karti. dkk. Tekhnologi Pembelajaran Surabaya: SIC. 2014.

Sudaryono. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. 2012.

Sudirman. Interaksi dan motivasi belajar mengajar Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2008.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Media Pemelajaran Bandung : Sinar Baru Algesindo. 2001.

. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.

. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosda Karya. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet. 2013.

. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif. Kulitatif. dan R & D Cet. XI Bandung: Alfabeta. 2011.

Tamyiz B.Akhlak Pesantren Solusi Bagi Kerusakan Akhlak Yogyakarta: Ittaqa Press. 2001.

Tohirin. Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam. Pekanbaru: Raja Garfindo Persada. 2001.

Triyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara. 2014.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. 2011

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2011

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang system pendidikan Nasional

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran. Landasan dan Aplikasinya Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2008.

Widiyasanti, Margareta dan Yulia Ayriza. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. jurnal pendidikan kerakter. Vol. 8 No. 1 2018.

Published
2024-01-14
How to Cite
Nurul Hikmah Hayati Sultan, Sitti Jamilah Amin, Usman, Hamdanah, & Abdul Halik. (2024). Penggunaan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Terpuji Siswa Kelas V MIS Muhammadiyah Samallangi: The Use of Animated Video as a Learning Media to Improve Understanding of the Good Morals Material for Class V Students, Mis Muhammadiyah Samallangi. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 29~41. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.3941
Section
Articles