Implementasi Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enable dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Wajo

Implementasion of Islamic Educatiom amd Charachter Education Learning Based on Interactive Multimedia Macro-Enable for Enchancing Learning Outcomes of Student at SMA Negeri 4 Wajo

  • Sitti Harminawati R Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
  • Usman Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
  • Ahdar Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
  • Marhani Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
  • Muh. Dahlan Thalib Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
Keywords: Implementasi, Multimedia Interaktif Macro-Enable, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enable dalam peningkatan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, dan hasil belajar peserta didik sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest), serta implementasi multimedia interaktif macro enable di SMA Negeri 4 Wajo. Penulis melakukan pendekatan penelitian dengan metode kuantitatif, jenis penelitian adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan model Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah di SMA Negeri 4 Wajo. Sumber data adalah peserta didik dan pendidik (data primer) dan dokumen yang tekait (data sekunder); instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu melalui alat pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dan laptop sebagai sarana multimedia interaktif, teknik analisis data adalah perhitungan gain ternormalisasi (n-gain), uji normalitas, uji homogenetis, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian ini menunjukkan, (1) Proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan berpedoman pada Silabus dan RPP. Tahap pelaksanaan dilakukan dalam tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Tahap evaluasi dengan bentuk pemberian tugas, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. (2) Hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) pada peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dengan nilai minimun 5 dan hasil maksimum 80, dengan nilai rata-rata 57,41 dan median 65. Hasil belajar sesudah perlakuan (posttest) pada peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dengan nilai minimun 50 dan hasil maksimum 100, dengan nilai rata-rata 82, dan median 85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi multimedia interaktif macro-enable dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Mipa Kolaborasi di SMA Negeri 4 Wajo. (3) Implementasi multimedia interaktif macro-enabled dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dapat terlihat dari indikator dari teori implementasi, yaitu pengembangan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enabled, pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enabled, dan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.

References

al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Cordoba, 2018

Ahdar dan Wardana. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Cet. I; Parepare: CV. Kaaffah Learning Center, 2019

Ahmadi, Abu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2014

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2005

Ahmadi, Abu dan Widodo Suriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005

Amin, Muhammad. “Kedudukan Akal dan Islam†Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2018

Arifin. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2015

Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016

Arikunto, Suharsini. Visionary Leadership, Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2015

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2009

Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Referensi. Januari 2012.

Bakri. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Penguasaan Materi PAI pada SMA Negeri 3 Pinrangâ€, Tesis. Parepare: IAIN Parepare, 2019

Chalil, Achjar dan Hudaya Latuconsina. Pembelajaran Berbasis Fitrah. Jakarta: Balai Pustaka, 2008

Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004

Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010

Departemen Agama RI. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, tp, 2016

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2004

Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang SISDIKNAS. Jakarta: Redaksi Sinar Grafika, 2016

Depdiknas, Pedoman Penilaian Kelas. Jakarta: tp., 2014

Fathurrohman Muhammad. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca, 2017

Hamdan. “Implementasi Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pinrangâ€, Tesis. Parepare: IAIN Parepare, 2021

Hamid, Moh Sholeh, Mendesai Kegiatan Belajar-Mengajar Begitu Menghibur Metode Edu Tainment. Cet. II; Yogyakarta: DIVA Press, 2012

Haryati, Mimim. Model dan Teknik Penilaian. Jakarta: Gaung Persada Press, 2018

Majid, Abdul. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media, 2014

Mubarok, Said. Tinjauan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Vol. 07, No. 02, 2015

Published
2023-07-15
How to Cite
R, S. H., Usman, Ahdar, Marhani, & Thalib, M. D. (2023). Implementasi Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enable dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Wajo: Implementasion of Islamic Educatiom amd Charachter Education Learning Based on Interactive Multimedia Macro-Enable for Enchancing Learning Outcomes of Student at SMA Negeri 4 Wajo. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(2), 92-100. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i2.3837
Section
Articles