Implementasi Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enable dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Wajo
Implementasion of Islamic Educatiom amd Charachter Education Learning Based on Interactive Multimedia Macro-Enable for Enchancing Learning Outcomes of Student at SMA Negeri 4 Wajo
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enable dalam peningkatan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, dan hasil belajar peserta didik sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest), serta implementasi multimedia interaktif macro enable di SMA Negeri 4 Wajo. Penulis melakukan pendekatan penelitian dengan metode kuantitatif, jenis penelitian adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan model Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah di SMA Negeri 4 Wajo. Sumber data adalah peserta didik dan pendidik (data primer) dan dokumen yang tekait (data sekunder); instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu melalui alat pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dan laptop sebagai sarana multimedia interaktif, teknik analisis data adalah perhitungan gain ternormalisasi (n-gain), uji normalitas, uji homogenetis, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian ini menunjukkan, (1) Proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan berpedoman pada Silabus dan RPP. Tahap pelaksanaan dilakukan dalam tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Tahap evaluasi dengan bentuk pemberian tugas, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. (2) Hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) pada peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dengan nilai minimun 5 dan hasil maksimum 80, dengan nilai rata-rata 57,41 dan median 65. Hasil belajar sesudah perlakuan (posttest) pada peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dengan nilai minimun 50 dan hasil maksimum 100, dengan nilai rata-rata 82, dan median 85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi multimedia interaktif macro-enable dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Mipa Kolaborasi di SMA Negeri 4 Wajo. (3) Implementasi multimedia interaktif macro-enabled dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Wajo, dapat terlihat dari indikator dari teori implementasi, yaitu pengembangan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enabled, pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia interaktif macro-enabled, dan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.
References
al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Cordoba, 2018
Ahdar dan Wardana. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Cet. I; Parepare: CV. Kaaffah Learning Center, 2019
Ahmadi, Abu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2014
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2005
Ahmadi, Abu dan Widodo Suriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005
Amin, Muhammad. “Kedudukan Akal dan Islam†Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2018
Arifin. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016
Arikunto, Suharsini. Visionary Leadership, Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2009
Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Referensi. Januari 2012.
Bakri. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Penguasaan Materi PAI pada SMA Negeri 3 Pinrangâ€, Tesis. Parepare: IAIN Parepare, 2019
Chalil, Achjar dan Hudaya Latuconsina. Pembelajaran Berbasis Fitrah. Jakarta: Balai Pustaka, 2008
Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004
Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010
Departemen Agama RI. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, tp, 2016
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2004
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang SISDIKNAS. Jakarta: Redaksi Sinar Grafika, 2016
Depdiknas, Pedoman Penilaian Kelas. Jakarta: tp., 2014
Fathurrohman Muhammad. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca, 2017
Hamdan. “Implementasi Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pinrangâ€, Tesis. Parepare: IAIN Parepare, 2021
Hamid, Moh Sholeh, Mendesai Kegiatan Belajar-Mengajar Begitu Menghibur Metode Edu Tainment. Cet. II; Yogyakarta: DIVA Press, 2012
Haryati, Mimim. Model dan Teknik Penilaian. Jakarta: Gaung Persada Press, 2018
Majid, Abdul. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media, 2014
Mubarok, Said. Tinjauan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Vol. 07, No. 02, 2015
Copyright (c) 2023 Sitti Harminawati R, Usman, Ahdar, Marhani, Muh. Dahlan Thalib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â