Efektivitas Penggunaan Audio Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Peserta Didik MTS Negeri Pinrang

Effectiveness of the Use of Audio Visuals in Learning the Aqidah and Akhlaq of Pinrang State MTS Students

  • Muh. Ilham. H Institute Agama Islam Parepare
  • Usman Institute Agama Islam Parepare
  • Muhammad Saleh Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Ahdar Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Indonesia
  • Muliati Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Indonesia
Keywords: Efektivitas Penggunaan, Audio Visual, Pembelajaran Aqidah, Akhlaq

Abstract

Penelitian ini mengkaji seberapa baik siswa MTs Negeri Pinrang memperoleh akhlak dan aqidah melalui penggunaan audiovisual. Pemanfaatan audiovisual dalam pengajaran aqidah akhlaq dan keampuhannya dalam pengajaran aqidah ahlaq siswa di MTs Negeri Pinrang menjadi rumusan masalah penelitian ini. Dengan merangsang pikiran dengan suara dan gambar bergerak, serta dengan penyampaian pesan yang mempengaruhi sikap dan perasaan, media audio visual bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kognitif. Mengetahui kegunaan dan keampuhan audiovisual bagi siswa MTs Negeri Pinrang menjadi tujuan penelitian ini. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk menilai unsur prosedur keberhasilan pemanfaatan alat bantu audio visual bersama siswa. Metodologi penelitian adalah kualitatif dan deskriptif. Penelitian lapangan adalah jenis penelitian ini. Data primer, yang berasal dari wawancara langsung dengan pendidik dan siswa, dan data sekunder, yang berasal dari bacaan, jurnal, dan artikel tentang mata pelajaran yang dibahas, merupakan sumber informasi yang digunakan. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji prediktabilitas dan uji reliabilitas merupakan metode yang digunakan untuk memverifikasi keaslian data. Berikut temuan penelitian: (1) Penggunaan audiovisual menunjukkan bahwa pengajar telah memasukkan materi audiovisual untuk siswa kelas VII, VIII, dan IX pada topik Aqidah Akhlak. Pemanfaatan media audiovisual dapat membantu pendidik dalam memberikan informasi terkait Aqidah Akhlak dan menumbuhkan kreativitas peserta didik.(2).Efektivitas penggunaan audio visual untuk pembelajaran keyakinan moral melalui media audio visual efektif karena pembelajaran disertai dengan audio visual gerak, yaitu dengan menayangkan video/film gerak dengan gambar suara yang ditampilkan oleh guru keyakinan moral. Beberapa siswa dan siswi mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, suasana kelas menjadi hidup dan hasil belajar siswa mencapai nilai yang sangat baik. Sementara itu, masih terdapat siswa yang kurang memahami materi yang diberikan gurunya ketika menggunakan audio visual dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq.

References

Al-Jazairi, S. A. B. J. (2015). Minhajul Muslim. Pustaka Al-Kutsar.

Amrullah Aziz. (2015). Pendidik Profesional yang Berjiwa Islami. Jurnal Studi Islami, Volume 10(No. 1).

Anwar, R. (2008). Akidah Akhlak. Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,. Rineka Cipata,.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Basrowi, & Surwardi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Indah.

Djamarah, S. B. (2014). Strategi Belajar Mengajar (R. Cipta (ed.)).

Hafifah, H. (2023). Peserta Didik MTs Negeri Pinrang.

Ramayulis. (2015). Dasar-dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Kalam Mulia.

Hamid, F. (2020). Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Apollo.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Insan Madani.

Kebudayaan, D. P. dan. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (C. VII (ed.); ke-4). Gramedia Pustaka Utama.

MKDP, T. P. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Nata, A. (2010). Akhlak Tasawuf. Rajawali Pers.

Nuryanto, M. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5, Nomor.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

RI, D. A. (2010). AL-Qur?an dan Terjemahnya. Diponegoro.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika,. Alfabeta.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. PT Rajagrafindo Persada.

Wahyuni, A. (2020). efektivitas penggunaan audio visual terhadap prestasi belaar siswa. Of Education and Management Studies, Vol. 3, No, 2654–5209.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Zulhammi. (2016). Pola Asuh Orangtua Dalam Mencegah Kriminalitas Pada Remaja Menurut Konsep Islam. Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb, Vol. 8(No. 2).

Published
2024-07-17
How to Cite
Muh. Ilham. H, Usman, Muhammad Saleh, Ahdar, & Muliati. (2024). Efektivitas Penggunaan Audio Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Peserta Didik MTS Negeri Pinrang: Effectiveness of the Use of Audio Visuals in Learning the Aqidah and Akhlaq of Pinrang State MTS Students. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(2), 131~140. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i2.4582
Section
Articles