Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo

The Utilization of Google Form as an Evaluation Tool for Islamic Education Learning in SMK YPPP Wonomulyo

  • Irsan Harlin Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
  • Muhammad Siri Dangnga Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
  • Buhaerah Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
  • Hamdanah Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
  • Muh. Akib Pendidikan Agama Islam, IAIN Parepare, Indonesia
Keywords: Google Form, Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pemanfaatan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik pengolahan dan analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah di SMK YPPP Wonomulyo. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Google form yang digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo. Mulai dari pembuatan rencana penilaian pembelajaran, pengumpulan data, pengecekan data, pengolahan dan analisis data,  interpretasi dan kesimpulan, hingga pemantauan guru. Penggunaan Google Form di sekolah memberikan dampak positif pada berbagai aspek antara lain efisiensi waktu, biaya dan tenaga yang memudahkan dalam penilaian pembelajaran. (2) Secara keseluruhan, Tanggapan Guru mengenai Google form yang digunakan sebagai alat penilaian pembelajaran mata pelajaran  agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo. Dimulai dengan pembuatan rencana penilaian pembelajaran, pengumpulan data, penelaahan, pengolahan dan analisis data, interpretasi dan kesimpulan, hingga pemantauan guru. Penggunaan Google Forms di sekolah memberikan dampak positif pada berbagai aspek seperti efisiensi waktu, biaya dan tenaga sehingga memudahkan dalam evaluasi pembelajaran. (3) Secara umum peserta didik memberikan jawaban baik terkait penggunaan Google Forms sebagai alat penilaian pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo, baik berdasarkan efisiensi waktu, biaya, tenaga, kemudahan penggunaan/manfaat dan tampilan/daya tarik.

References

Achmadi dan Cholid Narbuko. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asniati, Melisa. 2019. Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Google Form Untuk Siswa SMP pada Materi Kalor. Skripsi FTK UIN Raden Intan Lampung.

Brumbaugh, Kyle. 2012. Creating a Google Apps Classroom The Educator’s Bookcook. Hunington Beach: Shell Education.

Danim ,Sudarwan. 2006. Menjadi Peneliti Kualitatif. Jakarta: Rosda Karya.

Daulay, Putra, Haidar. 2014 Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Deni Darmawan dan Didi Supriadie. 2013. Komunikasi Pembelajaran. Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Cet. IV; Bandung: Diponegoro.

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Drajat , Zakiah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Drajat , Zakiah dkk. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Endang Sri Maruti dan Ibadullah Malawi. 2016 Evaluasi Pendidikan. Magetan: AE Media Grafika.

Fima, Fitriyani, Nur. https://nurfitriyanielfima.wordpress.com/2013/10/09/pengertian-standar-kompetensi-sk-kompetensi-dasar-kd-dan-indikator/.

Ganapathy, Ramalingam. 2016. Learning Google Apps Script. Mumbai: Packt Publishing.

Gudnanto dan Susilo Rahardjo. 2013. Pemahaman Individu Teknik Nontes Jakarta: Kencana.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Bumi Aksara.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi offset.

Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Hasanah, Alif dkk. 2021. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/03/27/12493221/lahir-di-eradigital-begini-jurus-jitu-mendidik-generasi-z.

I Komang Budi Wisnu dan Ni Wayan Sri Darmayanti. 2020. Evaluasi Pembelajaran IPA. Bali: Nilacakra.

Kusuma, Mohtar. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan.

Munaris. 2000. Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta Bumi Aksara.

Moleong, J. Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muslich, Manur. 2014. Melaksanakan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana. 2013. Evaluasi Pembelajaran Fisika. Klaten: Lakeisha.

Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik. Jakarta: Gunung Agung.

Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran,(Cet. I; Jakarta: kencana, 2009)

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rohimat, Sonny. 2021. Penggunaan Google Form dalam Penilaian Harian Kimia di SMAN 6 Kota Serang pada Awal Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education. Vol.2.

Samsul Nizar dan Ramayulis. 2009. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.

Sanafiah, Faizal. 2001. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sari Knop Biklen dan Robert C. Bog. 1982 Qualitative Reseach for Eduication .London: Allyn & Bacon Inc.

Sesana I Putu. 2020. Efektivitas Penggunaan Google Form dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online di SMKN 1 Tembuku. Widyadewata: Jurnal Balai Diklat Keagamaan DenpasarVol.3.

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Shaleh, Rachman, Abdul. 2005. Pendidikan Islam dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Cet. XX, Bandung: Alfabeta.

Sukamto, Fauziah. 2023 www.academia.edu.

Sukardi. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Cet XI Jakarta: PT bumi aksara.

Sumardi. 2020.Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Suwandi, Baswori. 2008 Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarya, Firman. M. 2021. Dahsyatnya Google Drive. Indramayu: Guepedia.

Syahrul Amar dan B. Fitri Rahmawati. 2017. Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Lombok Timur: Universitas Hamzawandi Press.

Tobroni dan Imam Suprayogo. 2003. Metodoologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uhbiyati, Nur. 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Undang-undang No 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta; Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Wulandari, Esti. 2021. “Sigooform Sebagai Alternatif Penilaian di Era Pandemi”, dalam Arwan Rifa’, Pembelajaran di Masa Pandemi Inovasi Tiada Henti (Kumpulan Best Practice Inovasi Pembelajaran pada Sekolah Model di Masa Pandemi Covid-19) SD. Yogyakarta: Deepublish.

Zulfiani, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.

Published
2024-01-15
How to Cite
Irsan Harlin, Muhammad Siri Dangnga, Buhaerah, Hamdanah, & Muh. Akib. (2024). Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo : The Utilization of Google Form as an Evaluation Tool for Islamic Education Learning in SMK YPPP Wonomulyo . Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 58~74. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.3907
Section
Articles