Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII pada MTS Marhalim Kabupaten Polewali Mandar
The Influence of Learning Media Based on the Canva Application in Improving the Moral Creed Learning Outcomes of Class VIII Students at MTS Marhalim, Polewali Mandar Regency
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Desain Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII pada MTs Marhalim Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode ini juga digunakan untuk penelitian pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data, bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini nantinya akan dipaparkan dengan mendeskripsikan hasil dari yang telah didapat melalui penelitian di lapangan. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah MTs Marhalim yang berada di Jalan Poros Kampung Baru Desa Padang Timur Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Media pembelajaran berbasis aplikasi canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak (2) Berdasarkan data statistik hasil belajar peserta didik pada materi adab bersosial media pada pandangan Islam, sebelum perlakuan (pretest) kelas VIII pada Mts Marhalim Kabupaten Polewali Mandar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pre test berada antara 40 sampai dengan 75, harga rata- rata (mean) sebesar 55,71, median 55,00, modus 55, dan standar deviasi 12,277. (3) Berdasarkan perhitungan pretest dan postest maka terlihat bahwa nilai postest mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi, karena mempunyai selisih sebanyak 23,810. Hasil pretest adalah 85,71 > 61,90, ini berarti perbedaan dari hasil post test lebih besar dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi adab bersosial media pada pandangan Islam dengan menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi canva pada materi adab bersosial media pada pandangan Islam di MTs Marhalim Kabupaten Polewali Mandar pada kelas VIII.
References
Ahmadi, Farid. “Meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia.” Jurnal Penelitian Pendidikan 27.1 2010.
Arikunto, Suharsimi. Prosuder Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Arya, Gede Putu. Media dan Multimedia Pembelajaran Yogjakarta: CV Budi Utama, 2017.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Aziz, Muhammad Khoirun. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI” 2015.
Budiman, Haris. “Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran”, Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7:1, November 2017.
Bungin, M. Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif “Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik serta Ilmu Sosial Lainnya”
Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1995. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. II; Jakarta: Bali Pustaka, 1990.
Djamarah, Syaiful Bahri, Azwan Zein, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: Rajawali Pers, 2013. Falahuddin, Iwan. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran.” Jurnal Lingkaran Widyaiswara 1.4, 2014
Febrin, Bealla. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Bermain Peserta Didik kelas 3 SDN 2 Pusporenggo Kec. Musuk, Kab. Boyolali” Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2:1, Januari, 2015.
H. Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran
Haris, Budiman. “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.”
Copyright (c) 2024 Maryam, Usman, Ahdar, Marhani, Muh. Akib D
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â