Penggunaan Strategi Berbasi Masalah dalam Menanamkan Krakter Religius pada Pembelajaran PAI Kelas XI di SMKN 3 Parepare

Use of Problem-Based Strategies in Instilling Religious Character in Class XI PAI Learning at SMKN 3 Parepare

  • Sinar Kumalasari Pascasarjana IAIN Parepare, Indonesia
  • Usmannoer Pascasarjana IAIN Parepare, Indonesia
  • Muh Dahlan Pascasarjana IAIN Parepare, Indonesia
  • Ahdar Pascasarjana IAIN Parepare, Indonesia
  • Buhaerah Pascasarjana IAIN Parepare, Indonesia
Keywords: Pembelajaran PAI, Berbasis Masalah, Menanamkan Karakter Religius

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah menjadi tantangan apakah kehadirannya akan membawa dampak positif terhadap perubahan peserta didik untuk lebih termotivasi dalam belajar. Sedangkan karakter merupakan pendidikan akhlak mulia bagi anak dengan melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling) dan tindakan (action). Jenis penelitian adalah penelitian metode kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakter religius pada peserta didik di kelas XI di SMKN 3 Parepare dan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran PAI berbasis masalah di Kelas XI di SMKN 3 Parepare. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data yaitu kredibilitas, keteralihan, dipercaya. Penelitian menunjukkan bahwa (1)Menanamkan karakter religius pada peserta didik kelas XI di SMKN 3 Parepare terdapat a. Penanaman karakter yang dilaksanakan oleh guru PAI di SMKN 3 Parepare pelaksanaannya yaitu dengan cara pembiasaan kepada peserta didik dan sikap keteladanan dari guru itu sendiri b. Penanaman karakter oleh guru PAI yaitu antara lain: sopan santun, disiplin, peduli lingkungan, tanggung jawab, toleransi dan mandiri 2) Implementasi strategi pembelajaran PAI pada Peserta didik kelas XI di SMKN 3 Parepare terdapat kesimpulan bahwa (a) Guru mengorientasi peserta didik kepada masalah dengan cara menyampaikan masalah,(b) Guru mendefinisikan dan mengorganisir peserta didik untuk belajar dengan cara membantu peserta didik dalam mengorganisir tugas belajar dalam menyelesaikan masalah (c) Guru memandu investigasi mandiri maupun kelompok (d) Guru menyuruh peserta didik mengembangkan dan mempresentasikan karya (e) Guru melakukan refleksi dan penilaian.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi .Cet. I;Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2004.

Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosda karya .2009.

Abu daud Sulaiman bin Isa al-Sijistani. Sunan Abu Daud .Al-Maktabah al-Kubra’

Abuddin Nata. Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran .Jakarta: Kencana. 2011.

Agus Wibowo. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. .Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.

Ahmad Mujin Nasih dan Lilik Nur Kholidah. Metode dan Tehnik Pembelaaran Agama Islam . Bandung:PT Refika Aditama. 2009 .

Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan Islami. .Bandung: Rosdakarya. 2010.

Asmaun Sahlan & Angga Teguh Prastyo. Desain Pembelajaran Berbasi Pendidikan Karakter. .Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.

Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Kualitatif .Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. .Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.

Daryanto & Suryatri darmiatun. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. .Yogyakarta: ava Media. 2013.

Departemen Agama RI. Al-Quran Al-Karim0 dan Terjemahnya .Bandung: CV Gema Risalah Press 2005..

Direktorat Tenaga Kependidikan. Strategi Pembelajara dan Pemilihannya. . Jakarta: Diknas. 2008

E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. .Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2012..

Fauzil Adhim. Positive Parenting: Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak Anda. .Badung: Mizan. 2006..

Heri Gunawan. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. .Bandung: Penerbit Alfabeta. 2014

Heri Gunawan. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi...

Imam Tholkhah. Mereka Bicara Pendidikan Islam .Sebuah Bunga Rampai. .Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada. 2009.

Jumanta Hamdayama. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Bogor. 2015.

Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta. 2011

Lexy. J.Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi .Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2016.

Martinis Yamin dan Bansu I. Ansari. taktik Mengembangkan Kemampuan Individual

Miftahul Huda. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. . Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2013 .

Mu’awanah. Strategi Pembelajaran Cet 1 .Kediri: Stain Kediri Press. 2011.

Published
2023-07-15
How to Cite
Kumalasari, S., Usmannoer, Muh Dahlan, Ahdar, & Buhaerah. (2023). Penggunaan Strategi Berbasi Masalah dalam Menanamkan Krakter Religius pada Pembelajaran PAI Kelas XI di SMKN 3 Parepare: Use of Problem-Based Strategies in Instilling Religious Character in Class XI PAI Learning at SMKN 3 Parepare. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(2), 74-91. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i2.3840
Section
Articles