Penerapan Model Literasi Al-Qur’an Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Peserta Didik di UPTD SMP Negeri 4 Parepare

Application of the Digital-Based Al-Qur'an Literacy Model in Increasing Students' Motivation to Study PAI at UPTD SMP Negeri 4 Parepare

  • Sitti Aminah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Hamdana Said Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Marhani Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Usman Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Abdul Halik Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
Keywords: Model Literasi Al-Qur’an, Berbasis Digital, Motivasi belajar PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keberhasilan penerapan model literasi Al-Qur’an berbasis digital dalam meningkatkan motivasi belajar PAI peserta didik kelas VIII.1 di UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan pada siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model literasi Al-Qur’an berbasis digital melalui 2 siklus telah berhasil diterapkan pada peserta didik. Pada Siklus I terdapat 2 peserta didik yang merasa tidak senang menerapkan, 5 peserta didik merasa tidak mudah menerapkan dan 2 peserta didik yang merasa tidak terbantu dalam belajar, artinya pada siklus I terdapat 9 peserta didik atau 45 % yang masih terkendala dalam penerapannya. Dan setelah diadakan perbaikan pada siklus II keberhasilannya mencapai 100%. Adapun peningkatan motivasi belajar melalui penerapan model literasi Al-Qur’an berbasis digital, data menunjukkan bahwa: (1)) Kondisi awal motivasi belajar peserta didik sebelum dilakukan penelitian dapat digambarkan bahwa sebanyak 20 peserta didik hanya 2 peserta didik atau 10% berada pada kategori motivasi sangat baik, 3 peserta didik atau 15% kategori motivasi baik, 3 peserta didik atau 15% kategori motivasi cukup dan 12 peserta didik atau 60% kategori motivasi kurang. (2) Setelah dilakukakan tindakan pada siklus I, motivasi belajar peserta didik sudah mengalami peningkatan. Dari 20 peserta didik, meski tidak ada lagi peserta didik berada pada kategori kurang, namun sebagian besar peserta didik masih berkategori cukup yaitu 12 atau 60%, 6 peserta didik atau 30% kategori motivasi baik, dan 2 peserta didik atau 10% kategori motivasi sangat baik, artinya pada kategori baik baru terjadi peningkatan sebanyak 15% dan 10% pada kategori amat baik, sehingga peneliti merasa masih perlu melanjutkan penelitian pada siklus II. (3) Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, meskipun masih terdapat 2 peserta didik atau 10% yang memiliki motivasi belajar kategori cukup namun motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan. Dari 20 peserta didik 11 peserta didik atau 55% kategori motivasi baik, 7 peserta didik atau 35%  berada pada kategori motivasi sangat baik, artinya pada kategori ini telah terjadi peningkatan sebanyak 25%. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan motivasi belajar hasil ketercapaiannya sudah sangat tinggi yakni 90%. Oleh karena itu penelitian ini dihentikan pada siklus II.

References

Al-Qur’anul Al-Karim
Amay S. Sobah Ch. S. N., & Ono W. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Mengatasi Kesulitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta Aksara, 2022.
Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. dan Supadi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
Astuningtias. Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX Materi Statistika Di SMO Kristen Rantepao. Jurnal Of Holistic Education, 1(1), 17. https://ojs.uph .edu/index.php /JOHME/ article/view/ 718 (2017).
B.P. Santoro. Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hsil Belajar Pelajaran Tik. Prosiding Seminar Nasional:Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. 288. https://jurnal. ustjogja.ac.id /index. php/snpep2019/article/view/5711/0. (2019).
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Cet. Ke-5; Jakarta: Kencana, 2011.
Darajat, Zakiyyah. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.2011.
Darajat, dkk, Zakiah. Profesionaliseme Guru dalam mengelola Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta:CV Budi Utama, 2018.
Daulay, Haidir Putra. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Cet ke 1 Kencana, 2016.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Jumanatul Ali Art, 2004.
Dimyati. dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Irfan, M. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Pembelajaran Roda Logika. Jurnal Mathematic Paedagogicm, 1(1), 97-101. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/160.(2016)
J, Wijaya. Psikologi Bimbingan. Bandung : PT Eresco, 2008.
Kementrian Agama RI. Al-qur’an dan Terjemahannya. Bandung; Al-Mizan Publishing House, 2011.
Kim, D.,& Rueckert, D., dll. Students? Preceptions And Experiences Of Mobile Learning. Language Learning Dan Technology, 17(3), 52- 73. https:// scholarspace.manoa.hawaii.edu/bitstream/10125/44339/1/17_03_kim etal.pdf.(2013).
Martin. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. Ke-29; Bandung: PT Remaja Rodakarya, 2009.
Muhaimin, Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 2003.
R. Yektyastuti, & Ikhsan, J. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/10289. (2016)
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam Jakarta: Kalam Mulia, 2014.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Cet.ke 6 Kalam Mulia,2010.
Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2008.
Ridwan dan Sunarto, Pengantar Statistik. Bandung: Alfabeta, 2011).
Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Holt, Rinerhart and Winston, 2001.
Rusyan, A. Tabrani. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya,. 2000.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: KENCANA predana media group, 2013.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, . 2000.
Sudjono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2024.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Cet ke-21; Bandung: Alfabeta, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung; PT Rosda Karya,2010.
Sukmadinata. Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakrta: Pustaka Pelajar, 2012.
Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Suyadi, Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press 2014.
Syuaeb, Abdul Aziz Kurdi. Model Pembelajaran Efektif, (Bandung: Pustaka Bani Qurays, 2006.
Teknik. Journal Of Mechanical Engineering Education, 4(2), 253. https://ejournal. upi.edu/index. php/jmee/article/view/9640. (2017)
University Sanata Darma.. Warisan W.S Winkel SJ (Yogyakarta: Sanata Darma Universit Press, 2022.
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif ( Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Usman, Husain. dan Purnomo Setiady Akbar, Metodoligi Penelitian Sosial. Cet. IV; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2001.
Usman, Muh. Uzer. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Wardhani dan Kuswaya Wihardit. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2013.
Wijaksono, Muhammad. Metode Pembelajaran Tuntas dalam Pendidikan Perspektif Al-Quran. Bojong: Nasya Ekspanding Managemenet, 2021.
Wijayati, N., Putra, R. S.. & Mahatmanti, F. W. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/10628. (2017)
Yaumi, Muhammad. Action Research. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Yudhistira, Dadang. Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2013.
Zaini, Hisyam. Strategi Pembelajaran Akif. Yogyakarta: Insan Madani, RP Pess, 2008.
Zuharini. & Abdul Ghofur Dkk. Methodik Pendidikan Usana. Surabaya: Offset Printing, 2007.
Published
2023-07-21
How to Cite
Sitti Aminah, Hamdana Said, Marhani, Usman, & Abdul Halik. (2023). Penerapan Model Literasi Al-Qur’an Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Peserta Didik di UPTD SMP Negeri 4 Parepare: Application of the Digital-Based Al-Qur’an Literacy Model in Increasing Students’ Motivation to Study PAI at UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(2), 116-123. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i2.3891
Section
Articles