Pengugunaan Handphone Android Pada Pembelajaran Berbasis IT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik MTsN 2 Majene

The Use of Android Smartphones in IT-Based Learning to Improve the Learning Outcomes of Islamic Jurisprudence (Fikih) Students of MTsN 2 Majene

  • Muhammad Asri Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Indonesia
  • Firman Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Indonesia
  • Ahdar Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Indonesia
  • Usman Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Indonesia
  • Abdul Halik Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Indonesia
Keywords: Handphone Android, Pembelajaran Fikih, Hasil Belajar, Peserta Didik

Abstract

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fikih peserta didik kelas VIII A MTsN 2 Majene dengan menggunakan handphone android selama pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTsN 2 Majene. Instrumen utama penelitian ini adalah tes yang didukung oleh isntrumen penelitian dengan pengumpulan data berupa dokumentasi, dengan sampel penelitian berjumlah 21 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu sampel berjumlah 10 orang sebagai kelompok kontrol dan 11 orang sebagai kelompok eksperimen. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handphone android dapat meningkatkan hasil belajar fikih peserta didik di MTsN 2 Majene. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis menunjukkan bahwa nilai O1 lebih kecil dari O2 maka X yang diterima yaitu (71,8 > 63). Kelas eksperimen menggunakan handphone android dengan nilai pre test 56,4 dan nilai rata-rata post test 71,8 sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol pre test 55,5 dan nilai rata-rata post test 63. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan handphone android pada pembelajaran berbasis IT dapat meningkatkan hasil belajar fikih peserta didik di MTsN 2 Majene. Implikasi dari penelitian ini adalah handphone android merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik, sehingga pendidik dapat menggunakan handphone android yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pendidik dapat menggunakan handphone android dengan pendekatan saintifik pembelajaran fikih, khususnya materi indahnya berbagi dengan sedekah, hibah dan hadiah. Karena handphone android pada pembelajaran pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

References

Al-Qur’an Al- Karim dan Terjemahannya, Kementerian Agama RI. Jakarta; PT Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.

Ahdar. Ilmu Pendidikan, Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2021

Akbar, Setiady dan Husain. Metodologi Penelitian Sosial, Cet. II. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Amin, Alfauzan. “Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stray berbasis multimedia dalam meningkatkan Hasil belajar siswa SMK pada mata pembelajaran PAI”. At-Ta’lim, Vol 14, No 2, Juli 2015.

Basinun. “Membangun E-learning PAI berbasis jejaring social Edmodo”. At-Ta’lim, Vol 15, No 2, Juli 2016.

Bahri Syaiful dan Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta:PT Rineka Cipta, 2008.

Danim, Sudarman. Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.

Edi, Ismanto, dkk. Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. 2017. Jurnal Untuk Mu Negeri Nol. 1, No.1, Mei 2017. ISSN :2550-0198.42

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Fahrianti Eva, Peran Orangtua dalam Pengawasan Anak pada Penggunaan BlackBerry Messenger di Al Azhar Syifa Budi Samarinda, diakses dalam ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id pada tanggal 27 mei 2022.

Faisal, Sanapiah. Penelitian Kualitatif, Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang: Yayasan Asih Asah Asuh, 2000.

Gunawan, Heri. Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tekoh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Hamlik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2011.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Kibona, Lusekolo, megaya, gervanas, Smartphones Effect on academic performance of higer lerning students, journal of multidisciplinary engineering science and technology, Vol 2, Issu 4, h. 777-784.

Komarudin Syarif, Teknologi Informasi dan komunikasi, Surabaya: Citra Pustaka, 20017.

Lufri, Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH, 2020.

Lefudin. Belajar dan Pemnbelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2017

M, Rohmawati. Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup, (urnal Pendidikan IPA Indonesia 1. 1, 2012.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2012.

Nadrah. Perspektif kurikulum 2013 dalam pengajaran bahasa, At-Ta’lim, Vol. 12, No. 1, Januari 2013.

Nasution, Hoeni. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Direktpart Jendral Kelembagaan Agama Islam, 1997.

Nurhakim, Syarif. Dunia Komunikasi dan Gadget. Jakarta: Bestari, 2015.

Ratugaman. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2015.

Risky, Setiawan, dkk. Efektifitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industry 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik, Jurnal Inovasi Pendidikan. 2019. Dalam Situs https://doi.org/10.21831/jith, Diakses tanggal 20 Mei 2022.

S. Widyanti. Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika (IAIM NU) metro santi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2016. H. 107- 114.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R & D), Cet. XIV. Bandung: Alfabeta, 2012.

Uswatun, Dampak Positif dan Negatif HP bagi pelajar, di atas dalam www.edukasi.kompasiana.com, diakses pada tanggal 23 Mei 2022.

Wiguna, F. Pegunaan, Fungsi, Manfaat dan Kerugian Handphone. Diakses dari: http://fajarwiguna51.blogspot.co.id/2015/02/kegunaanfungsimanfaatdankerugian.html. Diakses secara online pada tanggal 25 Mei 2022.

Published
2024-01-14
How to Cite
Muhammad Asri, Firman, Ahdar, Usman, & Abdul Halik. (2024). Pengugunaan Handphone Android Pada Pembelajaran Berbasis IT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik MTsN 2 Majene: The Use of Android Smartphones in IT-Based Learning to Improve the Learning Outcomes of Islamic Jurisprudence (Fikih) Students of MTsN 2 Majene. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 1-8. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.3862
Section
Articles