Kiat-kiat yang dilakukan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu dalam Menciptakan Lulusan Berkualitas dan Berkemajuan

Tips from the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Palu in Creating Graduates Quality and Progress

  • Eka Firmansyah Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Adhriansyah A.Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Dalam menciptakan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berkemajuan, itu adalah tujuan utama seluruh perguruan tinggi yang ada. Artikel ini membahas tentang apa saja kiat-kiat yang dilakukan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu dalam menciptakan lulusan yang berkualitas dan berkemajuan. Diuraikan sebagaimana kiat-kiat yang dilakukan oleh Fakultas Agama Islam yang kemudian menjadi latar belakang terciptanya lulusan-lulusan yang berkualitas dan berkemajuan tersebut. Dan hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah benar bahwa kiat-kiat yang dilakukan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu sangat berpengaruh dalam menciptakan lulusan yang berkualitas dan berkemajuan tersebut. Yang mana dalam mencapai tujuan itu Fakultas Agama Islam Melakukan kita-kiat sebagai berikut (a) meningkatkan kualitas dosen, (b) meningkatkan pelayanan Fakultas, (c) mengaktifkan aktifitas organisasi Fakultas, (d) menanamkan kebiasaan gemar membaca,(e) menciptakan lingkar-lingkar diskusi. Yang mana kiat-kiat tersebut memberikan dampak terhadap Fakultas Agama Islam dan lulusan-lulusannya, seperti: (a) proses pembelajaran jauh lebih berwarna dari sebelumnya, (b) segala persoalan dan kebutuhan mahasiswa dapat terselesaikan dengan cepat, (c) terbentuknya kreatifitas mahasiswa, dan terlatihnya skill mahasiswa, (d) terbentuknya mahasiswa yang berwawasan luas dan kaya intelektual, (e) terciptanya mahasiswa yang moderat, dan menghargai pendapat satu sama lain. Dari dampak-dampak diatas maka secara tidak langsung ketika lulus nanti mahasiswa tersebut dengan modal yang ia miliki maka ia akan menjadi mahasiswa yang berkualitas dan berkemajuan.

 

References

1. Nurkholis N. Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. J kependidikan. 2013;1(1):24–44.
2. Karima MK. FITK UIN SU Medan-Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2017 PERAN PENDIDIKAN DALAM MEWUJUDKAN GENERASI EMAS INDONESIA YANG BERMARTABAT Oleh.
3. Gama M. Akuntansi sebagai Realitas: Spiritual Accounting dalam Paradigma Naturalistik (Studi pada PT Biota Laut Ganggang). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2019.
4. Murdiyanto E. Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN” Veteran …; 2020.
5. Wijaya H. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray; 2020.
Published
2022-01-03
How to Cite
Eka Firmansyah, Adhriansyah A.Lasawali, & Rahmawati. (2022). Kiat-kiat yang dilakukan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu dalam Menciptakan Lulusan Berkualitas dan Berkemajuan: Tips from the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Palu in Creating Graduates Quality and Progress. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1), 26-31. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i1.2175
Section
Articles