Problematika Madrasah Terhadap Kurikulum yang Seringkali Berubah-ubah di MTS Aisiyah Kota Palu Sulawesi Tengah

Madrasa Problems Against the Frequent Curriculum Changes at MTS Aisiyah, Palu City, Central Sulawesi

  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Eka Firmansyah Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Adhriansyah A.Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Abdul Mufarik A. Marhum Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Kurikulum adalah unsur penting dalam proses pendidikan apa pun jenisnya. Sebagai seorang yang andil didalam kependidikan, sedah selayaknya kita memikirkan tentang bagaimana cara menciptakan atau melahirkan siswa-siswa yang berkualitas. Sehingga kurikulum merupakan salah satu unsur penting yang tidak bisa disepehkan. Artikel ini membahas tentang Problematika Madrasah Terhadap Kurikulum yang Seringkali Berubah-ubah. Oleh karena itu menurut hasil penelitian kami, bahwasanya kurikulum yang seringkali berubah-ubah itu sangat menyulitkan para guru yang mana mereka berhadapan langsung dengan siswa. Kesulitan dalam hal ini ialah, dalam menyesuaikan kurikulum yang telah ditetapkan dengan kondisi pada kenyataannya. Sehingga harus ada metode-metode tersendiri yang harus dilakukan dalam penerapan kurikulum tersebut. Dalam hal lain ada juga kesulitan khususnya para guru yang mana mereka masih berusaha memahami atau menguasai kurikulum yang diterapkan, akan tetappi telah ada kurikulum baru, yang jika dilihat para guru harus mengulang lagi, dan meyesuaikan lagi. Oleh karena itu diharapkan agar dalam penetapan kurikulum harus betul-betul matang, agar tidak dilakukan perubahan-perubahan dalam waktu yang sangat berdekatan. Memang perubahan itu harus ada, karena perkembangan zaman membutuhkan pembaruan dari konsep itu sendiri, hanya saja dalam melakukan pembaruan atau perubahan, diupayakan agar tidak terlalu jauh dari yang awal, sehingga bagi para guru dan siswa, tidak terlalau kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kurikulum yang baru.

References

Ramdhani MA. Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. J Pendidik UNIGA. 2017;8(1):28–37.

Rosyidi A. Nilai-nilai Pendidikan Humanis pada buku Pemikiran dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dan Implementasinya pada Pendidikan Nasional. UIN Sunan Ampel Surabaya; 2021.

Sanusin A. a Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina. As-Salam J Stud Huk Islam Pendidik. 2021;10(02):40–57.

Rohman M. Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern. Epistemé J Pengemb Ilmu Keislam. 2013;8(2):279–300.

Indonesia R, Ika BT. Pasal 31. Undangâ€Undang Dasar 1945. 1945;

Sisdiknas U. UU No. 20 tahun 2003. Departemen Agama RI, Jakarta; 2003.

Julaeha S. Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. J Penelit Pendidik Islam. 2019;7(2):157–82.

Normawatia Muhammad Rizal Masdul, Ahmad Yani AH (2020) Implementation of the Curriculum of 2013 in Madrasah Aliyah, Indonesia : Problems and Solutions. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net 13(International Journal of Innovation). IJICC: 1034-to.

Published
2022-01-03
How to Cite
Muhammad Rizal Masdul, Eka Firmansyah, Adhriansyah A.Lasawali, & Abdul Mufarik A. Marhum. (2022). Problematika Madrasah Terhadap Kurikulum yang Seringkali Berubah-ubah di MTS Aisiyah Kota Palu Sulawesi Tengah: Madrasa Problems Against the Frequent Curriculum Changes at MTS Aisiyah, Palu City, Central Sulawesi. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1), 1-6. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i1.2171
Section
Articles