Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains

Application of Science Based Learning

  • Abdul Mufarik A. Marhum Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mansur Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Kuliawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Rahman Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Penerapan;, Pembelajaran, Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil studi tentang Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains di Tk Zamrud Maleni.  Untuk mengungkap data yang akurat, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Adapun prosedur pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah: 1) Temuan lapangan ini bahwa aspek sains memiliki beberapa kelebihan dalam proses pelaksanaannya, antara lain: Menunjukkan hasil yang positif dalam pengetahuan science anak; mengajarkan peserta didik untuk berpikir untuk menyelesaikan masalah secara aktif, kreatif dan inovatif; memupuk kreativitas peserta didik dalam menciptakan alat belajar yang menyenangkan; dengan pendekatan sain peserta didik dapat mengaplikasikan hasil pembelajaran yang diperoleh ke dalam kehidupan sehari-hari. 2) Media-media yang digunakan dalam pembelajaran melalui aspek sains berupa media Loose Part, alat permainan edukatif anak yang berupa barang-barang yang ada di sekitar lingkungan bisa dari bahan alam. 3) Pendekatan aspek sains membantu melatih anak didik untuk mampu menganalisa permasalahan-permasalahan yang ada dalam pembelajaran.

 

References

Abdul, Pendekatan dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Peserta didik, Jurnal: Pendidikan, Vol 1, Nomor1, 2017.
Al-Khalili, Amal Abdussalam. 1006. Mengembangkan Kreativitas Peserta didik. Jakarta: Pustaka Al- Kautsar.
Anjarsari, Novia. Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Pembelajaran Stem ( Science, Technology, Engineering, Mathematics ) ( Survei Pada Guru Tk Se Kecamatan Gunungpati Kota Semarang ) Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2019.
Bahri, Husnul. 2019. Pendidikan Islam Peserta didik Usia Dini. Bengkulu: CV. Zigie Utami.
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Devi Triswati, dkk, 2022. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas 3 di SD Kecil Padat Karya Desa Ogorandu Palu: IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Departemen Agama RI. 1992. Al-Qur’an dan Terjemahnya Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an.
Fakhriyani, Vidya Diana. Pengembangan Kreativitas Peserta didik Usia Dini, Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, Vol 4, No 2, 2016.
Farhati, Inti. 2020. Ide Perencanan Pembelajaran berbasis SAINS. Jakarta: Bastari.
Gunawan, Wahyu Madya. 2018. Strategi Bercerita Kepada Peserta didik. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.
Khadijah. 2016. Pengembanagan Kongnitif Peserta didik Usia Dini. Medan. Perdana Publishing.
Makmur dan Thahier, Rohana. 2015. Inovasi Kreativitas Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Mestika. 2017. Metode Penelitian Keperpustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengembangan di Taman Kpeserta didik-kpeserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Mufarik A. Marhum, Abdul, dkk, 2023. Penerapan media audio dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Peserta didik di Raudhatul Athfal Luwuk, IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman. volume 18, nomor 01 Januari).
Muharomah, Dewi Robiatun. Pengaruh Pembelajaran Sains (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Evolusi, Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017.
Mulyani, Novi. 2019. Mengembangkan Kreativitas Peserta didikUsia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Peserta didik Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Muniroh Munawar. 2019. Implementation Of Sains (Science Technology Engineering Art Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. Jurnal Ceria. Vol: 2, No: 5,
Nunu Mahnun, 2012 . Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran), Jurnal Pemikiran Islam, Vol 37, No 1.
Prameswari, Widya Titania. SAINS Based Learning Stretegis by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years, Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri, Volume 07, No 01. 2020.
Rachmawati, Yeni. 2019. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Peserta didik. Jakarta: Kencana.
Risyadi, Tamara Tri. SAINS PjBL (Project Rased Learning) dalam mengembangkan kemampuan bekerja sama peserta didik usia dini, Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia, 2020.
Rosady, Ruslan. 2010. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2024-07-16
How to Cite
Abdul Mufarik A. Marhum, Mansur, Kuliawati, Rahmawati, & Abdul Rahman. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains: Application of Science Based Learning. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(2), 194~197. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i2.5821
Section
Articles