Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala
The Role of Parents in Developing Children's Emotional Intelligence in Tibo Village, Sintora District, Donggala Regency
Abstract
Tujuan penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala, dan. Dan untuk mengetahui dampak peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode pendekatan Kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala adalah Melatih anak belajar disiplin, Membiasakan anak berprilaku sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama dan Harus ada kontrol orang tua untuk mengembangkannya kecerdasan emosional. Dampak peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di Desa Tibo Kecamatan Sintora Kabupaten Donggala adalah Peran orang tua terealisasi dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak, karena orang tua memahami pikiran dan perasaan anak, orang tua mampu berperan sebagai pendidik utama, dan terjalin kerjasama yang baik antara orang tua dan anak. Orang tua harus belajar membuka diri, dengan cara menghargai keterbukaan dan membina kepercayaan dalam suatu hubungan serta mengetahui situasi yang aman untuk membicarakan tentang perasaan diri sendiri. Orang tua harus belajar mengembangkan pemahaman, dengan cara mengidentifikasi pola-pola kehidupan emosional dan reaksireaksinya serta mengenali pola-pola serupa pada orang lain. Orang tua harus belajar menerima kelebihan dan kekurangan anak.
References
2. Mahsunudin M. Urgensi Pendidikan Keimanan Bagi Anak. AL-IFKAR J Pengemb Ilmu Keislam. 2020;14(02):179–207.
3. Fatmawati E, Ismaya EA, Setiawan D. Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. J Educ FKIP UNMA. 2021;7(1):104–10.
4. Komara S. Peran Orang Tua Asuh dalam Pembentukan Motivasi Belajar Anak Asuh (Studi Kasus di Satuan Pelayanan Perlindungan Sosial Anak Ciumbuleuit Kota Bandung). FKIP UNPAS; 2019.
5. Sukatin S. Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. NUR EL-ISLAM J Pendidik Dan Sos Keagamaan. 2018;5(2):131–49.
6. Dhin CN. Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Siswa. J Kinerja Kependidikan. 2020;2(3):567–77.
7. Bustami N. PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANTU PROSES BELAJAR ANAK DI DESA BENTENG KEC. BIREM BAYEUN. Al-Ikhtibar J Ilmu Pendidik. 2016;3(2):228–40.
8. Tola YP. Perilaku Agresif Anak Usia Dini di Lihat Dari Pola Asuh Orang Tua. J Buah Hati. 2018;5(1):1–13.
9. Supriadi A, Magdalena R. UPAYA ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI DESA PONDOK MEJA KABUPATEN MUARO JAMBI KECAMATAN MESTONG. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi; 2018.
10. Dedih U, Zakiyah QY, Melina JO. Perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah hubungannya dengan perilaku mereka di lingkungan sekolah. Atthulab Islam Relig Teach Learn J. 2019;4(1):1–19.
Copyright (c) 2023 Abdul Rahman, Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â