Implementasi Pendidikan Muhammadiyah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Kota Batu
Implementation of Muhammadiyah Education in Muhammadiyah 6 Elementary School in Batu City
Abstract
Nilai pendidikan Islam adalah ruh dari pendidikan karakter. Namun, itu adalah pendidikan menjadi pengetahuan, tidak ada jejak sikap dan perilaku peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Kemuhammadiyahan siswa melalui mata pelajaran Kemuhammadiyahan di Sekolah Dasar dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran Muhammadiyah. Teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu analisis data yang tidak berupa angka-angka tetapi berupa kata-kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu ringkasan data, uraian singkat dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi Pendidikan Nilai Muhammadiyah di SD Muhammadiyah 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan nilai dalam pembelajaran yang dilaksanakan adalah nilai-nilai kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, kerjasama, dan ibadah. Masing-masing nilai tersebut diterapkan dengan menggunakan pendekatan masalah sosial dan pelibatan masyarakat. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Faktor pendukung berupa nilai-nilai Islam yang tertanam dalam diri siswa, sarana dan prasarana yang memadai, evaluasi. Faktor penghambatnya adalah materi yang disampaikan monoton dan lingkungan rumah yang berbeda untuk setiap anak.
References
2. Zamroni. 2014. Pemikiran Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Ombak
3. Mudyaharjo. 2002. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Redja. PT Raja Grafindo Persada.
4. Ahmad Jamal and Syadiyah Abdul Shukor, “Antecedents and Outcomes of Interpersonal Influences and the Role of Acculturation: The Case of Young British-Muslims,†Journal of Business Research 67, no. 3 (2014): 237–245
5. Khozin, 2002. Pembaharuan Islam, Konsep, Pemikiran dan Gerakan. Malang: Pengajaran AIK
6. Nurchayati, Siti. 2015. Pendidikan Kemuhammadiyahan SMA/SMK/MA Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Daerah Istimewa Yogyakarta
7. Usman, Nurdin. 2002 konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru
8. Siregar, Hotma. 2016: Penerapan Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Materi Ilmu Hukum Dalam Mata Kuliah PIH dan PHI. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan. ISBN: 978-602-361-102-7
9. Amiq, M. 2016: Pengaruh Pembelajaran Kemuhammadiyahan Terhadap Religiusitas Aspek Amal Siswa dalam Organisasi Ikatan Pelajar. Yogyakarta: UIN SUNAN KALI JAGA