Peran Muhammadiyah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia

Muhammadiyah's Role in the Development of Islamic Education in Indonesia

  • Nurlaila Al Aydrus Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Nirmala Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Adhriansyah A.Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Abdul Rahman Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang berkesinambungan guna menumbuh kembangkan peserta didik kearah kesempurnaan berdasarkan fitrahnya. Maka dari itu, pendidikan yang dilaksanakan harus seimbang dalam mempelajari ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama sehingga ilmu pengetahuan yang dipelajari selaras dengan kaidah – kaidah agama. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah adanya kenyataan di lapangan yang menunjukkan diantara sekian banyak sekolah- sekolah yang didirikan baik oleh pemerintah maupun swasta pada dasarnya lebih menekankan pada tatanan pengetahuan dan keterlampiran semata dan cenderung mengesampingan pengetahuan agama (islam) adalah dalam artian pendidikan keagamaan hanya dijadikan sebagai pelengkap kurikulum saja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode historis dengan harapan agar peneliti dapat mengkaji perkembangan pendidikan Muhammadiyah dari masa awal berdirinya hingga sekarang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa menelaah dan mengesploitasi buku-buku, dokumen –dokumen, internet dan sumber-sumber lain yang relefan. Hasil penelitian ini diantaranya menyimpulkan bahwa menurut Muhammadiyah pendidikan adalah suatu keniscayaan (harus ada) dan  Muhammadiyah juga berannggapan bahwa pendidikan yang harus dilaksanakan adalah pendidikan yang holistic yakni memadukan atau menyeimbangkan antara pengetahuan ke islaman dengan pengetahuan umum sehingga menghasilkan manusia yang cerdas dalam keilmuan dan memiliki karakter (barakhlak manusia) maka dari itu Muhammadiyah menyelenggarakan  pendidikan yang lebih modern yang sesuai dengan tuntutan zaman.

References

Pujiyati B. Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Furqon (1973-2007).

Mulyani T. Majelis Islam A’laa Indonesia (MIAI) dalam pergerakan nasional tahun 1937-1942. 2006;

Nizar HS, Syaifuddin M. Contemporary issues of Islamic Education. Jakarta Kalam Mulia Publ. 2010;

Duryat HM. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta; 2021.

Nashir H. Muhammadiyah Gerakan Pembaruan. Suara Muhammadiyah; 2010.

Akmaluddin A. Peran Wakaf Dalam Amal Usaha Pendidikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bengkulu IV Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu; 2017.

Chusnan M. Meneropong Wajah Tasawuf dalam Muhammadiyah. 2014.

Ma’arif AS. Pemikiran tentang Pembaharuan Pendidikan Islam di Azyumardi Azra, dalam Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam. Amissco, Jakarta; 1996.

Rais MA. Moralitas Politik Muhammadiyah. Dinamika; 1995.

Efendi MRY. ANALISIS NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA.

Published
2022-01-03
How to Cite
Nurlaila Al Aydrus, Nirmala, Adhriansyah A.Lasawali, & Abdul Rahman. (2022). Peran Muhammadiyah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia: Muhammadiyah’s Role in the Development of Islamic Education in Indonesia. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1), 17-25. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i1.2174
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)