Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik
Synergy between Teachers and Parents in Instilling Noble Character in Students
Abstract
Sinergitas guru dan orang tua seringkali di anggap sepele oleh pihak sekolah sehingga tujuan pendidikan agama tidak tercapai khususnya banyaknya siswa yang tidak mendapatkan pendampingan yang maksimal dari pihak keluarganya terkait dengan akhlak mulia sehingga sinergitas kedua pihak harus diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam menumbuhkan Akhlak Mulia Peserta Didik dan menganalisis Bentuk Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam menumbuhkan Akhlak Mulia Peserta Didik di SMPN 5 Barru Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara kepada Kepala Sekolah dan 3 Guru. Dengan analisis data menggunakan data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan Akhlak mulia peserta didik di SMPN 5 Barru Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru menunjukkan sinergitas yang baik melalui penanaman nilai moral dalam keluarga dan penananaman pembiasaan perilaku positif serta aspek pembiasaan ibadah dengan fokus utama pada pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran dalam kelas dan didukung dengan pembinaan orang tua di lingkungan keluarga. 2) Bentuk sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan akhlak mulia peserta didik di SMPN 5 Barru Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru yaitu bentuk sinergitas melalui komunikasi secara rutin dilakukan pihak sekolah kepada orang tua siswa dalam upaya pengawasan dan pembimbingan, bentuk sinergitas lainnya yaitu bentuk sinergitas koordinasi melalui pertemuan secara langsung kepada orang tua melalui kegiatan sekolah dalam upaya untuk melakukan koordinasi terkait dengan bimbingan dan kerjasama orang tua dalam mewujudkan Akhlak mulia peserta didik yang diharapkan.
References
A. Khumas, “Fungsi Keluarga pada Dunia Pendidikan”, Jakarta: Renika Cipta, 2004.
Ahmad Saebani, Beni Abdul Hamid, “Ilmu Akhlak”, Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Akbar Pramono, Idris, “Upaya Penanaman Nilai Akhlak pada Siswa SMA melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, (Ponorogo: Institut Agama Islam Ponorogo, 2021.
Barelli, Linda et al., “Sinergitas Rukun Tetangga dengan Rukun Warga dalam Pengawasan Rumah Kost di Kecamatan Tamalate Kota Makassar,” Energies 6, no. 1 (2018): 1-8.
Buddin Nata, “Akhlak Tasawuf”, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Daradjat, Zakiah, “ Ilmu Pendidikan Islam”, Cet. X, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Daradjat, Zakiah, “Ilmu Jiwa Agama”, Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
E. Mulyasa, “Menjadi Guru Profesional”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Fathori, Abdurrahmat, “Metodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi”, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Gunawan, Mahmud dkk, “Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga”, Jakarta : Akademia Permata, 2013.
Hadi, Abd., Asrori dan Rusman, Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi”, Banyumas: Cv. Pena Persada, 2021.
Hidayat, Rahmat, “Peningkatan Minat Belajar Seni Tari Siswa Kelas VIII SMPN 2 Wates Kulon Progo dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw”, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/religius. Diakses pada tanggal 21 Maret 2024.
Ketut Sutrisna Dewi, Sayu, “Konsep dan Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia”, Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Lickona, T, “Educating for Character Mendidik Untuk Membentuk Karakter”, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
Lodia, Wehalelmina, Dkk, “Manajemen Aset Daerahal Provinsi Nusa Tengahal Timur (Studi Kasus Kendaraan Dinas Operasional Milik Pemerintahal Provinsi NTT)”, Jurnal Flobamora, 2 (01) (2018), h. 66
Copyright (c) 2025 Murni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â