Pengembangan Butir Soal Assesment Berbasis Aplikasi Kahoot! pada Pembelajaran PAI di UPT SMAN 5 Parepare
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir soal asessmen berbasis aplikasi kahoot pada pembelajaran PAI sehingga dapat memudahkan dalam proses asessmen belajar dan terciptanya suasana yang menarik. Penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation) meliputi: (1) Tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Pengembangan butir soal asessmen berbasis aplikasi kahoot yang telah dikembangkan dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media, serta uji coba kelayakan berdasarkan respon peserta didik kelas XI.2 UPT SMAN 5 Parepare sebanyak 31 peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan butir soal asessmen pembelajaran berbasis aplikasi kahoot ini Valid, praktis dan efektif. Validasi ahli menunjukkan 82%. Kepraktisan bahan ajar ini ditunjukkan oleh presentase keterlaksanaan dan respon pengguna yang mencapai angka 92%. Adapun keefektifan pengembangan butir soal asessmen terlihat dari peningkatan hasil belajar, dengan 85% subjek uji coba mencapai KKM setelah menggunakan butir soal asessmen ini. Observasi aktivitas pengguna dan angket respon pengguna menujukkan presentasi 94% dan 98%. Dari hasil tersebut bahwa pengembangan butir soal asessmen berbasis aplikasi kahoot dinilai valid, praktis dan efektif.
References
Anurogo, Dito dkk. Esensi Ilmu Pendidikan Islam. 2023. Malang: Pustaka Peradaban.
Hamid, M Abi Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika”. 2018. Jurnal: Ilmu Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 1, No. 1.
Herlina, Vivi Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS.2019. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo,.
Hidayat, M., Maulidi Arsih, Asessmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengahi. 2023. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia: Lombok.
Iwamoto, Darren H., et al, “Analyzing The Efficacy Of The Testing Effect Using Kahoot.
Kahoot! "Can I play Kahoot! with others remotely?". Kahoot! Support
Kahoot!About Kahoot! | Company History & Key Facts". Kahoot!.com
Kamus Besar Bahasa Indonesia.2017. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),” 2024, https://kbbi.web.id/desain.
Mustafa, P S dkk, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. 2020. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Ningrum, Gres Dyah Kusuma Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Siswa,
On Student Performance. 2017. Jurnal Turkish Online Of Distance Education, Tojde, Turki
R H Ristanto, E Kristiani, and E Lisanti, Flipped Classroom–Digital Game Based Learning (FC-DGBL): Enhancing Genetics Conceptual Understanding of Students in Bilingual Programme, Journal of Turkish Science Education, 2022, http://www.tused.org/index.php/tused/article/view/1144.
Rahmat., Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2019. Manguwoharjo: Bening Pustaka.
Ramadhan, Tasman. Respons Peserta Didik terhadap Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Menjawab Soal pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MIA 1 MAN 2 Kota Parepare. 2021. Parepare: Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Setiana, Ibda Wahyu. Pengembangan Kuis Pembelajaran PAI dengan Menerapkan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa SMK Ahmad Yani Jabung.2020. Malang : Universita Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sholeh, Muh. Ibnu. Manajemen Pendidikan Islam.2023. Indramayu: Penerbit Adab.
Sudijono, Anas Pengantar Evaluasi Pendidikan. 2019. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan), 3rd ed. 2019. Bandung: Alfabeta, 2019
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. 2002. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2020. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. 2018. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Sumarna Surapranata, Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. 2017. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
TIM Penyusun. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Teknologi Informasi. 2020. ParePare: IAIN Parepare.
Waluya,B. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial Di Masyarakat PT Grafindo Media Pratama.
Warsah, Idi et al., Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. 2022. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan9, no.1 :. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632
Widoyoko, S. Eko Putro Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolahan. 2014 Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya,H Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori \& Praktik. 2019. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Kahoot! Di Aksess 06 Oktober 2023
Winarni,E W Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R \& D, 2021.
Yogi Anggraena dkk, Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan menengah. 2022. Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia: Jakarta.
Yusuf, A. Muri Asessmen dan Evaluasi Pendidikan, Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. 2017. Kencana: Jakarta
Zed,M Metode Peneletian Kepustakaan. 2020. Yayasan Obor Indonesia.
Copyright (c) 2025 Muh. Kasim, Buhaerah, Ahdar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â