Analisis Kemampuan Baca Al Qur’an dan Faktor yang Mempengaruhinya di Madrasah Aliyah DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru

  • Ardi Ansyah Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Sitti Jamilah Amin Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Marhani Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Nurhayati Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Herdah Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Parepare
Keywords: Kemampuan Baca Al-Qur’an, Faktor yang Mempengaruhi

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap umat Islam, sedangkan makharijul huruf dan ilmu tajwid sendiri memiliki hukum fardhu kifayah. Yang dimana apabila sudah ada muslim lainnya mepelajarinya maka gugur kewajiban bagi muslim lainnya. Akan tetapi membaca Al-Qur’an menggunakan makhorijul huruf dan ilmu tajwid hukumnya adalah fardhu ain. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa saat ini tidak semua umat muslim bisa membaca Al- Qur’an menggunakan makhorijul dan ilmu tajwid. Seperti halnya di MA DDI Attaufiq Padaelo, masih ada saja peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid dengan baik dan benar.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kemampuan Baca Al Qurán serta faktor-faktor yang mempengaruhinya di kalangan peserta didik pada Madrasah Aliyah DDI Attaufiq Padaelo. Kemampuan membaca Al Qurán merupakan salah satu kompetensi penting dalam pendidikan agama Islam, yang mencakup pelafalan huruf-huruf hijaiyah dengan benar, tajwid dan kelancaran dalam membaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui tes membaca, Al Qurän dan kuesioner kepada 26 peserta didik sebagai sampel. Metode wawancara serta melaksanakan tes digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menurut Miles dan Huberman dengan tahapan- tahapannya, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi tingkat kemampuan membaca Al Qurán di antara peserta didik, dengan sebagian besar peserta didik berada pada kategori cukup baik, namun masih ada peserta didik yang kurang lancar. Faktor -Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al Qurán meliputi : latar belakang pendidikan agama dirumah, frekuensi latihan membaca, kualitas pembelajran di Madrasah dan dukungan orangtua. Di antara faktor-faktor tersebut, dukungan orangtua dan frekuensi latihan membaca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan peserta didik dalam membaca Al Qurán.

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya, Kementrian Agama RI, h. 59
Abd Rahman Getteng, Menuju guru professional dan beretika, Yogyakarta : Graha guru, 2019 ) h. 5
Ahmad Soenarto, Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap, (Jakarta : Bintang Terang), hlm. 6 Dt. Tombak Al-Qattan Manna, Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an, (Surabaya : CV Rasma Putra, 2019), hlm. 367
Ahmad Munir dan Sudarsono, Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur’an, (Jakarta :PT Rineka Cipta, 2019), hlm. 9
Alam, Ilmu Tajwid Populer 17 Kali Pandai, (Jakarta : Bumi Aksara, 2015), hlm. 23

As’ad Humam, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, (Yogyakarta :Balai Litbang LPTQ Nasional Tim Tadarus, AMM, 2015), hlm. 4
As’ad Humam, Cara Cepat Belajar tajwid Praktis, (Yogyakarta : Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus ‚AMM?, 2015), 4.
Ash-Shiddieqy,Teungku Muhammad Hasbi, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2019
Asriani H, (Kepala Madrasah MA DDI Attaufiq Padaelo) Wawancara pada hari
Senin Tanggal 1 November 2024
Dalyono, Psikologi pendidikan (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2017),
Eko Murdiyono, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Yogyakarta Press, 2020), h.59
Erlina Farida, Kemampuan Baca-Tulis Al-Qur’an Dan Penguatan Agama Peserta didik Madrasah Tsanaw Iyah Di 8 Kota Besar Di Indonesia, Edukasi Volume 11, Nomor 3, 2015, 359.
Erwindai (Peserta didik) wawancara pada tanggal 1 November 2024 bertempat di
Ruang Kelas XI A MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.
Fitri (Peserta didik) wawancara pada tanggal 1 November 2024 bertempat di
Ruang Kelas XI A MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.
Herlinah, (Guru BK MA DDI At-Taufiq Padaelo) Wawancara pada hari Senin
Tanggal 1 November 2024
Ira,Yumira. ‘Peran Pendidikan Baca Tulis Al-Quran Sebagai Muatan Lokal Dalam Upaya Membentuk Karakter Kepribadian Peserta didik studi Di SMP Tri Bhakti Nagreg’ 1, no. 2252, 2017, 98.
Kementerian Agama Sauadi Arabia, tafsirnya (Al Muyassar)
Koko Adya Winata, “Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Terhadap Baca Tulis Al Quean Melalui Guru Al Quran Hadits, Barru, 2020)
Lip Marifah, “Upaya Guru Al Quran Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Peserta didik”, (Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2016)
Mansura (guru bimbingan Al Quran) wawancara pada tanggal 1 November 2024
bertempat di Ruang Guru MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru
Muhammad, Metode Penelitian Bahasa, (Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016), h. 30
M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2017), h.15.
Muhammad Syaifullah “Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al- Quran pada Peserta didik Kelas VII SMP: Sumatera Utara, 2018)
M. Thobroni Kota, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. h. 148-149.
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Pesan , Kesan dan Keserasian Al Qur’an, jilid 15 Juz ‘amma, (Jakarta, Lentera Hati, 2019), Cet VI, h. 398
MuhibbinSyah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2016), hlm. 138
Nurfajriani (Peserta didik) wawancara pada tanggal 1 November 2024 bertempat
di Ruang Kelas XI A MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.
Nurhikmah, (Guru Quran Hadits MA DDI Attaufiq Padaelo) wawancara pada
tanggal 1 November 2024 bertempat di Ruang Guru MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru
Riska Auliah (Peserta didik) wawancara pada tanggal 1 November 2024 bertempat di Ruang Kelas XI A MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.
Salmiah (Guru Quran Hadits) wawancara pada tanggal 1 November 2024
bertempat di Ruang Guru MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru
Slameto,Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi (Jakarta: RinekaCipta, 2015), h. 60-70.
Sri Reski Amaliah (Peserta didik) wawancara pada tanggal 1 November 2024 bertempat di Ruang Kelas XI A MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru
Subaik (guru bimbingan Al Quran) wawancara pada tanggal 1 November 2024 bertempat di Ruang Guru MA DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.
Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2016), h. 2
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Saaadi dalam tafsirnya as- Saadi
Syaikh Shalih bin Abdullah bin Humaid dalam tafsirnya Al Mukhtashar Undang – Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2015, Hak dan Kewajiban Orang Tua Bab IV Pasal 7, h. 5
W.J.S. Poerwadarminta.Kamus Umum Bahasa Indonesia Volume 2. Jakarta: Balai Pustaka, 2017,
Yuberti, Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan, (Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA), 2015), h. 40.
Published
2025-01-23
How to Cite
Ardi Ansyah, Sitti Jamilah Amin, Marhani, Nurhayati, & Herdah. (2025). Analisis Kemampuan Baca Al Qur’an dan Faktor yang Mempengaruhinya di Madrasah Aliyah DDI Attaufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20(1). https://doi.org/10.56338/iqra.v20i1.6868
Section
Articles