Sumber Daya Pendukung Keberhasilan Pelaksanaan Kurikulum

Muhammad Rizal Masdul(1*), Abdul Mufarik(2), Israk Israk(3), Muhammad Muhammad(4)


(1) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum dipandang sebagai suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah bimbingan dan tang- gungjawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. Hakikatnya setiap kurikulum merupakan suatu cara untuk mem- persiapkan anak agar berpartisipasi sebagai anggota yang produktif dalam masyarakat. setiap kurikulum, bagaimanapun polanya, selalu memiliki komponen-komponen tertentu, yakni pernyataan tentang tujuan dan sasaran, seleksi dan organisasi bahan dan isi pelajaran, bentuk dan kegiatan belajar dan mengajar, dan akhirnya evaluasi hasil belajar. Perbedaan kurikulum terletak pada penekanan pada unsur-unsur tertentu. Keberhasilan pelaksanaan kurikulum di seko- lah tidak terlepas dari beberapa sumber daya pendukung, sumber daya pendukung keberhasilan pelaksanaan kurikulum di antaranya adalah: manajemen sekolah, pemanfaatan sumber belajar, penggu- naan media pembelajaran. Key words: Sumber Daya Pendukung, Kurikulum


References


Aan Komariah, Manajemen Pendidikan, Bandung: Bumi Aksara. 2009 Ali, H.M. Pengembangan Kurikulum di sekolah. Bandung: Sinar Baru. 2004. Alisyahbana, Armida S. Otonomi Daerah dan Desentralisasi Pendidikan, Dalam Jurnal Analisis Sosial Vol 5 No. 1 Januari 2000. Arikunto, Suharsimi & Yuliana Lia. Manajemen Pendidikan Yogya- karta, Aditiya media Yogyakarta. 2009 Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta PT Remaja grafindo Persada 2009


Article Statistic

Abstract view : 54 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Rizal Masdul, Abdul Mufarik, Israk Israk, Muhammad Muhammad