Komunikasi Pembelajaran

  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Komunikasi pembelajaran adalah suatu proses penyampaian suatu konsep atau ide dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai pesan secara efektif dan efisien dalam pembelajaran. Ada 4 fungsi sebagaimana dikemukakan oleh William I. Gordon: (1) Fungsi komunikasi sosial, (2) komunikasi ekspresif, (3) komunikasi ritual dan (4) fungsi komunikasi instrumental. Prinsip komunikasi terdiri dari rasa hormat, empati, terdengar, kejelasan, dan rendah hati. Komunikasi yang efektif dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan.

References

Swandewi K, Ardana DMJ. Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Silangjana. Dalam Locus Maj Ilm Fisip. 2017;8.

Sihotang N. Eksplorasi komunikasi dakwah interpersonal dalam al-Quran surat Luqman. HIKMAH J Ilmu Dakwah dan Komun Islam. 2014;8(1):107–14.

Pontoh WP. Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Acta Diurna Komun. 2013;2(1).

Syatriadin S. Pembelajaran Sebagai Media Komunikasi. NUANSA. 2018;6(2):23–32.

Mulyani F. Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). J Pendidik UNIGA. 2017;3(1):1–8.

Wabisono AF. Guru agama perspektif hasan Langgulung dan undang-undang no 1-4 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Sumar WT, Razak IA. Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish; 2016.

Inah EN. Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB J Kaji Ilmu Kependidikan. 2015;8(2):150–67.

Fitrah M. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher); 2018.

Lestari EG, Mariska I. Pengaruh berbagai formulasi media terhadap regenerasi kalus padi indica. In: Prosiding Seminar Hasil Penelitian Rintisan dan Bioteknologi Tanaman. 2003.

SURANTO S. BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DALAM MENCAPAI PRESTASI (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 SUKOHARJO PERSPEKTIF NATURALISTIK). Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2005.

Sardiman AM. Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. 2005;

Hardiyana A. Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran PAUD. AWLADY J Pendidik Anak. 2016;2(1).

Pane A, Dasopang MD. Belajar dan pembelajaran. Fitrah J Kaji Ilmu-Ilmu Keislam. 2017;3(2):333–52.

Johar R, Hanum L. Strategi belajar mengajar. Deepublish; 2016.

Kurniati DPY. Modul Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Univ Udayana Fak Kedokt. 2016;

Wijayanti R. Model Komunikasi dalam Membangun Karakter Siswa Melalui Outbound di Sekolah Alam Lampung. UIN Raden Intan Lampung; 2018.

Budiarnawan KA, Antari NNM, Rati NW. Hubungan antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Mimb PGSD Undiksha. 2014;2(1).

Budi R. Pengantar Ilmu Komunikasi. Makassar: Kretakupa Print. 2010;

Mamala MA. KOMUNIKASI RITUAL.

Mauludi MA. Komunikasi Persuasi Pada Penawaran Produk Asuransi Allianz. 2015;

Juhri AM, Atieka N, AS RD. IMPLEMENTASI KEMAMPUAN EMPATI DAN INTERAKSI SOSIAL DI KELAS INKLUSI SMP NEGERI 5 METRO KOTA METRO LAMPUNG. J LENTERA Pendidik Pus Penelit LPPM UM METRO. 2018;3(1):87–98.

Suryadi E, DR Ms. 02 MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI.

Walid A. Peningkatan Kemampuan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Turnamens. Istiqra J Pendidik dan Pemikir Islam. 2016;4(1).

Adman A. Komunikasi Efektif dalam Tim. Manajerial J Manaj dan Sist Inf. 2004;3(1).

Published
2021-06-29
How to Cite
Masdul, M. R. (2021). Komunikasi Pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259
Section
Articles