Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong

  • Rahma Dilla Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Normwati Normwati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Adhriansyah A. Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Motivasi Belajar, Metode Tanya Jawab, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading, diawali oleh guru dengan Memetekan SK, KD dan materi pelajaran Akidah Akhlak agar dapat menggunakan metode pembelajaran tanya jawab, menyusun silabus dan RPP dan memasukan metode pembelajaran tanya jawab, kemudian, menyiapkan sumber belajar dan media pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran tanya jawab dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Proses pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan metode tanya jawab menjadi lebih menegangkan bagi peserta didik, pemahaman peserta didik meningkat karena proses tanya jawab materi pembelajaran, sehingga meningkatkan hasil belajar, peserta didik dapat bertanggung jawab terhadap tugas sebagai peserta didik.

References

Setiyadi AC. Pendidikan Islam Dalam Lingkaran Globalisasi. At-Ta’dib. 2012;7(2).

Febrita F. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MUARA DUA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN (2014). Universitas Islam Negeri Raden Fatah; 2019.

Febriani M. Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. J Pendidik Bhs dan Sastra UPI. 2016;16(2):203–12.

Mukhlishah AM. Terapi Non-Directive Counseling dalam Mengatasl Anak Disleksia. J Kependidikan Islam. 2011;1(2):127–49.

Nurdyansyah N, Fahyuni EF. Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center; 2016.

Fatimatuzahroh F, Nurteti L, Koswara S. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. J Penelit Pendidik Islam. 2019;7(1):35–50.

Supriyadi G. Pengantar teknik evaluasi pembelajaran. Intimedia; 2011.

Ardila RM, Nurhasanah N, Salimi M. Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah. In: Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. 2

Astaman A, Kadir S and Masdul MR (2018) Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).

Published
2021-07-01
How to Cite
Dilla, R., Normwati, N., & Lasawali, A. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(1), 16-23. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i1.1564
Section
Articles