Urgensi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Minat Berbusana Muslimah di luar Sekolah Siswi MTS Al Khairaat Palapi

  • Muliati Muliati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Adhriansyah A. Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Rina Purnamawaty Bagian PIAUD, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode, Makharijul Huruf

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui Urgensi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Minat Berbusana Muslimah di luar sekolah siswi MTs Al-Khairaat Palapi dan Implikasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Minat Berbusana Muslimah di luar Sekolah siswi MTs Al Khairaat palapi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.Bardasarkan hasil penelitian yang telah penulis laksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al Khairaat Palapi memang sangat penting adanya pembelajaran Akidah Akhlak karena didalam pembelajaran akidah akhlak diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan bimbingan kepada siswi agar mau menghayati dan mengamalkan ajaran Agama Islam termasuk dalam menumbuhkan minat berbusana muslimah di luar sekolah adapun hasil yang didapat bahwa: 1. Urgensi pembelajaran Akidah Akhlak dalam menumbuhkan minat Berbusana Muslimah yaitu melalui upaya guru dan peran guru bukan hanya sekedar mengajar tetapi senantiasa mendidik siswi dengan cara mengarahkan, membimbing, dan membina akhlak siswi termasuk dalam berbusana muslimah di luar sekolah. Dalam hal ini upaya yang dilakukan guru akidah akhlak yaitu dalam pembelajaran akidah akhlak guru mengajarkan pentingnya berbusana muslimah, Memberikan contoh busana muslimah pada pribadi guru, Guru mengajarkan adab busana muslimah, Guru Mendidik siswi dengan memberikan hukuman bagi yang tidak berbusana muslimah di luar sekolah, Mengajarkan kepada Siswi sifat disiplin 2.Implikasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Minat Berbusana Muslimah siswi MTs Al-Khairaat Palapi yaitu: Sadar akan kewajiban menjadi seorang Muslimah, Menjadikan guru sebagai contoh teladan, dapat membedakan bagaimana berbusana muslimah yang sesuai dengan syariat islam, siswa menjadi jera dan konsisten mengenakan busana muslimah, siswi menjadi tepat waktu dalam mengerjakan shalat dan siswi dapat menghargai waktu yang ada.

References

Chrisnawati D, Sri MA. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian. J Spirits. 2011;2(1).

Lutvia L. GAYA BERBUSANA" ABG" DEWASA INI. Wacana Seni Rupa Maret 2001. 2001;2(1).

Ihsan G. Peran mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan akhlak peserta didik di mts khazanah kebajikan Ciputat Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017;

ROFIK K. PERANAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS MA’ARIF NU GARUM BLITAR. 2019;

Samae MH. PENDIDIKAN AKHLAK PADA PENDIDIKAN NON FORMAL (STUDI KASUS KOMUNITAS MAHASISWA THAILAND DI SURAKARTA). Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2008.

Hardianti H. Pengaruh Hasil Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Berbusana Muslimah di Luar Sekolah MTs. DDI Taqwa Parepare (Studi di MTs. DDI Taqwa Parepare). IAIN Parepare; 2020.

Rukin SP. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia; 2019.

Anggito A, Setiawan J. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher); 2018.

Arifuddin A. Pakaian Muslimah dalam Perspektif Hadis dan Hukum Islam. DIKTUM J Syariah dan Huk. 2019;17(1):65–86.

Published
2021-07-03
How to Cite
Muliati, M., Masdul, M. R., Lasawali, A. A., & Rina Purnamawaty. (2021). Urgensi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Minat Berbusana Muslimah di luar Sekolah Siswi MTS Al Khairaat Palapi. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(2), 70-78. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i2.1574
Section
Articles