Masa Pranatal sampai Pasca Natal dalam Adat Buol (Tinjauan Pendidikan Islam)

  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Abdul Mufarik A. Marhum Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Pranatal, pasca natal, adat Buol

Abstract

Masa pranatal sampai pasca natal dalam adat Buol adalah sebuah prosesi adat yang dilaksanakan oleh masyarakat Buol berkaitan dengan pernikahan yang diawali dengan proses pencarian jodoh kemudian kemudian pernikahan, dan adat kehamilan hingga kelahiran anak. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah proses pencarian jodoh, pernikahan, kehamilan dan kelahiran anak, dalam adat Buol disebut dengan Mongoyokapo, Modoyo Sunangano, Moyako Nikah, Motanduano/moposaksii, Mongoyondigi, Mongunom Tian, Monuni. Peneitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini digunakan karena menyangkut  penelitian  yang  mendeskripsikan fakta empiris dengan kata-kata berupa pernyataan tentang Prosesi Pranatal Sampai Pasca Natal Dalam Adat Buol (Tinjauan Prospektif Pendidikan Islam) berupa adat perkawinan (Mongoyokapo, Modoyo Sunangano, Moyako Nikah, Moponaiko Undudo/Moponaiko Harata, Mongoyondigi, Nikah Batin, Nikah Hadat, Mogoya Mongaano, Mogoya Mopo Yongo), Adat Pasca Hamil (Mongunom Tian), Adat Monuni.

References

Antara M, Yogantari MV. Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. In: SENADA (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur). 2018. p. 292–301.

Muljana V. DINAMIKA PENANGANAN GERAKAN KEAGAMAAN.

Amin RM. Faktor-Faktor Keberhasilan Dalam Pembangunan Desa Di Desa Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2010–.

Salati S. KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT ISLAM. Tarb Islam J Ilm Pendidik Agama Islam. 2012;2(1).

Ulya NM. Pemikiran Ibnu Qayyim Al Jauziyyah Tentang Pendidikan Prenatal Dalam Kitab Tuhfah Al MaudÅ«d Bi AhkÄm Al MaulÅ«d. IAIN Walisongo; 2012.

Rakhmawati I. Peran keluarga dalam pengasuhan anak. J Bimbing Konseling Islam. 2015;6(1):1–18.

Waluyo KE. PENDIDIKAN PRENATAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK. Wahana Karya Ilm Pendidik. 2017;2(01).

Suhartono S. Konsep Pendidikan Seumur Hidup Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al-I’tibar J Pendidik Islam. 2017;3(1):17–26.

Habibah S. Akhlak dan etika dalam islam. J Pesona Dasar. 2015;1(4).

Jannah M, Sholeh MJ. KEBEBASAN BERAGAMA DAN BERBICARA DALAM BINGKAI KAJIAN TAFSIR NUSANTARA. Revel J Ilmu al-Quran dan Tafsir. 2021;2(1):48–58.

Nurhalimah N. Nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam surah Al-Mu’minun ayat 12-14. IAIN Padangsidimpuan; 2018.

Astaman A, Kadir S and Masdul MR (2018) Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).

Published
2021-06-29
How to Cite
Masdul, M. R., & Marhum, A. M. A. (2021). Masa Pranatal sampai Pasca Natal dalam Adat Buol (Tinjauan Pendidikan Islam). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 14(1), 1-8. https://doi.org/10.56338/iqra.v14i1.1551
Section
Articles