Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak ii Madrasah Aliyah DDI Bonde

  • Sutrisna Sutrisna Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Normawati Normawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Adhriansyah A. Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi, Proses Pemebalajaran Akidah akhlak

Abstract

Tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu: Untuk mengetahui peroses pembelajaran dengan penerapan metode simulasi pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah DDI Bonde. Untuk mengetahui implikasi dari penerapan metode simulasi pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah DDI Bonde. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini yaitu : Prosedur pelaksanaan metode pembelajaran simulasi pada pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah DDI Bonde, yaitu pertama langkah-langkah penggunakan metode simulasi, kedua melakukan persiapan yang diperlukan dalam penerapan metode simulasi, ketiga melaksanakan penerapan metode simulasi pada mata pelajaran akidah akhlak, keempat melaksanakan pengelolaan pembelajaran agar dapat mengaktifkan siswa didalam kelas, kelima melakukan evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut, ke enam observasi setelah pertemuan I dan II, ketujuh refleksi, ke delapan revisi perencanaan. Implikasi dari penerapan metode simulasi pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah DDI Bonde yaitu: pertama penerapan metode simulasi pada pembelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas. Ke dua meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran Akidah Akhlak. Ke tiga mengajarkan siswa untuk bekerja sama dalam hal memecahkan masalah secara bersama-sama. Ke empat mempengaruhi semangat belajar siswa terhadap pelajaran Akidah Akhlak. Ke lima meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak.

References

Raharjo SB. Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. J Pendidik dan Kebud. 2010;16(3):229–38.

Siadi K, Mursiti S, Laelly IN. Komparasi hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode drill dengan resitasi. J Inov Pendidik Kim. 2009;3(1).

Dolong J. Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. J Inspiratif Pendidik. 2016;5(2):293–300.

Lafamane F. Metode Pembelajaran (Pendapat Para Ahli). 2020;

Manizar E. Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib. 2015;1(2):204–22.

Semiawan CR. Metode penelitian kualitatif. Grasindo; 2010.

Moleong LJ, Edisi P. Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya. 2004;

Budiana HR, Sjafirah NA, Bakti I. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi para guru SMPN 2 Kawali desa Citeureup kabupaten Ciamis. Dharmakarya. 2015;4(1).

Masdul MR (2018) Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 13(2): 1–9

Published
2021-07-03
How to Cite
Sutrisna, S., Normawati, N., & Lasawali, A. A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak ii Madrasah Aliyah DDI Bonde. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(2), 63-69. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i2.1573
Section
Articles