Eksistensi Perekonomian Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa dalam Tinjauan Ekonomi Islam di Desa Siendeng

  • Adhriansyah A. Lasawali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Badan Usaha Milik Desa, Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana eksistensi perekonomian desa melalui Badan usaha milik desa dalam tinjauan ekonomi Islam dan penerapan perekonomian desa melalui badan usaha milik desa dalam tinjauan ekonomi Islam di desa Siendeng. Metode penelitian ini mengggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang mengandalkan manusia sebagai objek penelitian, sehingga dapat menemukan kepastian dan keaslian data untuk diuraikan sebagai hasil penelitian yang akurat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawaancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dan reduksi data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa eksistensi perekonomian desa melalui badan usaha milik desa dalam tijauan ekonomi  merupakan cara untuk melakukan inovasi dalam membangun desa, terutama untuk meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan bagi masyarakat desa. tujuan peneliti ini ialah untuk mengetahui kondisi dan tata kelola BUMDes di desa Siendeng. Hasil penelitian ini juga menunjukan kondisi BUMDes yang memiliki peluang untuk meningkatkan perekonomian desa. Meskipun masih terdapat kendala di dalam pengelolaan BUMDes di beberapa unit usaha, keterbatasan sumber daya manusia yang mengelola BUMDes, dan partisipasi masyarakat yang masih rendan. Untuk mewujudkan BUMDes berbasis ekonomi Islam ini memerlukan peran aktif dari komitmen bersama dari pemerintah desa, masyarakat, alim ulama, dewan syariah nasiaonal, lembaga swadaya masyarakat, dan pihak-pihak yang perduli terhadap perkembangan perekonomian ekonomi Islam. karena implementasi ekonomi Islam pada badan usaha milik desa ini sangat diharapkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa Siendeng karena sesungguhnya ekonomi Islam adalah bagian dari sistem hidup (way of life) itu sendiri yang telah ada di ataur dalam al-Qur’an dan as-Sunnah yang hadir sebagai solusi ekonomi yang yang takdibatasi waktu dan tempat, di dalamnya terangkum sistem yang selama ini menjadi perdebatan yaitu ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosiali. 

Eksistensi Perekonomian Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa dalam Tinjauan Ekonomi Islam di Desa Siendeng

References

Aziza RF. Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Universitas Brawijaya; 2018.

Desa K, Tertinggal PD, INDONESIA DANTR. BUKU 7 BADAN USAHA MILIK DESA: SPIRIT USAHA KOLEKTIF DESA. 2015;

Furqan AM, Fahmi RA. Peluang Pengembangan Ekonomi Islam Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 2018;

Itang I. Dasar Hukum Ekonomi Islam. Islam J Ekon Islam. 2014;5(2).

Kurniawan AE. Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa (Desa Lanjut Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga Tahun 2015). Jurnal] Univ Marit Raja Ali Haji TanjungPinang. 2016;

Harmiati AAZ, Zulhakim AA, Sos S. Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Mengembangkan Usaha dan Ekonomi Masyarakat Desa yang Berdaya Saing di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Retrieved from J Unihaz Bengkulu, Clust Ekon Setnas ASEAN. 2017;

Kurniawan CD. Evaluasi Program Badan Usaha Milik Desa Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Bumdes Kerto Raharjo, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang). Universitas Brawijaya; 2020.

Sari NW. Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan Jantung Pisang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. UIN Sunan Ampel Surabaya; 2018.

Sumantri MS, Pd MSM. Hakikat Manusia dan Pendidikan. Yogyakarta; 2015.

Muntashir MRQ. Sintem pinjaman dalam koperasi: Studi di koperasi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dalam perspektif hukum islam. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2013.

Suhendi S. Ekonomi Islam Berbasis Ekonomi Kerakyatan. IQTISHADUNA J Ilm Ekon Kita. 2012;1(2):299–309.

Nawatmi S. Etika bisnis dalam perspektif Islam. Fokus Ekon. 2010;9(1):24402.

Mujahidin A. Urgensi Ekonomi Islam dalam Pengembangan Perbankan Syari’ah di Indonesia. J Ilmu Syari’ah dan Huk. 2015;49(1).

Published
2021-07-07
How to Cite
Lasawali, A. A. (2021). Eksistensi Perekonomian Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa dalam Tinjauan Ekonomi Islam di Desa Siendeng. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(1), 1-9. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i1.1586
Section
Articles