Penerapan Media Audio dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak di Raudhathul Atfhal Luwuk
Application of Audio Media in Improving Listening Ability in Children at Raudhathul Atfhal Luwuk
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di Raudhatul Athfal Islamiyah Luwuk. Penulis menggunakan metode kualitatif Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media audio dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di Raudhatul Athfal Islamiyah Luwuk melalui beberapa tahapan antara lain : 1) Konsentrasi anak yakni di dahului dengan kegiatan Awal dimana langkah awal dalam Meningkatkan kemampuan menyimak adalah membuat anak konsentrasi terlebih dulu, karena dengan konsentrasi ilmu yang disampaikan guru atau yang didengar akan masuk di dalam telinga, dicerna oleh otak dan bereaksi berupa gerakan-gerakan. 2) Tahap pelaksanaan, yaitu tahap pelaksanaan dan dalam tahap pelaksanaan pada kegiatan inti saya mempersiapkan media yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran menyimak. Anak saya minta untuk duduk menjadi 2 baris. Sebelum kegiatan menyimak dimulai saya mengingatkan kembali aturan dalam belajar menyimak.
References
2. Amini M, Aisyah S. Hakikat anak usia dini. Perkemb Dan Konsep Dasar Pengemb Anak Usia Dini. 2014;65.
3. Huliyah M. Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan J Pendidik Anak Usia Dini. 2016;1(01):60–71.
4. Saputra A. Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta’dib J Ilm Prodi Pendidik Agama Islam. 2018;192–209.
5. Patiung D, Ismawati I, Herawati H, Ramadani S. PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. NANAEKE Indones J Early Child Educ. 2019;2(1):25–38.
6. Widodo H. Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin; 2020.
7. Daulay RR. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Panca Indera dan Fungsinya Melalui Media Bergambar di RA. Yusriyah Medan Helvetia. 2016.
8. Madyawati L. Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana; 2016.
9. Prasiwi AA. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI (Penelitian pada kelompok A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang; 2018.
10. Suarta IN, Rahayu DI. Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. J Ilm Profesi Pendidik. 2018;3(1).
11. Moleong LJ. Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. 2007;
Copyright (c) 2023 Abdul Mufarik A. Marhum, Nirmala Paputungan, Ferry Payuhi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â