Upaya Wahdah Islamiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Metode Dirosa pada Masyarakat Desa Sibalaya Utara
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi penerapan membaca al-Quran melalui metode dirosa pada masyarakat Desa Sibalaya Utara Kec. Tanambulava Kab. Sigi dan untuk mengetahui upaya wahdah islamiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran melalui metode dirosa pada masyarakat Desa Sibalaya Utara Kec. Tanambulava Kab. Sigi. Metode penelitian yang digunakan sebagai pendekatan penelitian adalah metode penelitian kualitatif, yang meliputi: Pendekatan dan Desain Penelitian, Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Tekhnik Pengumpulan Data, Tekhnik Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Data, dan Tahap-Tahap Penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, metode penerapan dirosa dilaksanakan 20x pertemuan dengam menggunakan metode klasikal dan drill. Teknik klasikal yaitu metode yang menjadikan peserta lebih aktif dan lebih banyak membaca dan mengulangi pelajaran yang sedang diajarkan melebihi bacaan pengajar. Sedangkan teknik drill yaitu peserta harus aktif dalam mendengarkan dengan seksama kemudian menirukan bacaan yang didengarkannya baik dari pengajar atau dari peserta yang lain. Dan juga menggunakan tekhnik 1, 2 dan 3. Adapun pelaksanaan program metode dirosa di Desa Sibalaya Utara berjumlah 42 peserta, dan melebihi jumlah maksimal peserta maka peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 21 peserta dirosa. Dilaksanakan hanya sepekan sekali dan setiap pertemuan dilaksanakan selama 120 menit pada hari selasa mulai pukul 10:00-12:00 WITA menjelang waktu shalat dhuzur. Tidak hanya program pembelajaran al-Quran melalui metode dirosa, akan tetapi diberikan penambahan ilmu pengetahuan melalui program ta’lim untuk menambah wawasan keislaman peserta dirosa dan juga dilaksanakan pelatihan penyelenggaraan jenazah.
References
Shihab MQ. Secercah cahaya ilahi: Hidup bersama al-quran. Mizan Pustaka; 2007.
Salim AG. Peran Kitab Suci Al Qur’an dalam Menjaga Eksistensi Bahasa Arab. OKARA J Bhs dan Sastra. 2015;9(1):1–16.
Shihab MQ. “ Membumikan†Al-Quran: fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat. Mizan Pustaka; 2007.
Jumeni J. Upaya Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid di SMP Negeri 8 Parepare. IAIN Parepare; 2018.
Hakim AMB. Ulumul Quran. Nur alhuda; 2012.
Badriah L. Perbedaan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Deduktif Dan Induktif Pada Konsep Ekosistem. Bioedusiana J Pendidik Biol. 2016;1(1).
Pane A, Dasopang MD. Belajar dan pembelajaran. Fitrah J Kaji Ilmu-Ilmu Keislam. 2017;3(2):333–52.
Ridwan M. Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna J Pendidik Islam. 2018;1(1):37–60.
Astaman A, Kadir S and Masdul MR (2018) Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).
Copyright (c) 2021 Fatmah Fatmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â