Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas 3 di SD Kecil Padat Karya Desa Ogorandu

Implementation of the Demonstration Method in Improving Student Activity in Islamic Religion Class 3 at the Small Elementary School, Padat Karya, Ogorandu Village

  • Devi Triswati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Normawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Abdul Mufarik A. Marhum Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Abdul Rahman Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam kelas 3 di SD Kecil Padat Karya dan Untuk mengetahui Implikasi  penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didk pada mata pelajaran Agama Islam kelas 3 di SD Kecil Padat Karya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan pengumpulan data melalui obsevasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis laksanakan di SDK Padat Karya Memang sangat penting diterapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran Agama Islam untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik karena didalam metode demonstrasi mengurangi kejenuhan dalam pembelajaran. Adapun hasil  yang di dapat : 1. Penerapan metode demonstrasi di SDK Padat Karya pada Mata  Pelajaran Agama Islam kelas 3 terbukti dapat meningkatakan keaktifan belajar peserta didik, dalam hal ini guru mendemonstrasikan langsung materi atau meminta siswa yang telah paham untuk menjadi demonstrator. 2. Implikasi penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan Belajar peserta didi pada Mata Pelajaran Agama Islam kelas 3 yaitu: Terjadinya peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar lebih maksimal dari sebelumnya sebelum menggunakan metode demonstrasi, karena terjadi pembelajaran yang menarik dan tidak terjadi komunikasi satu arah yang menyebabkan kebosanan. Kemudian metode demonstrasi membuat semua fisik peserta didik bekerja seperti mata fokus melihat dan telingan fokus mendengarkan serta anggota tubuh yang lain ikut mempraktekan setiap gerakan yang di demonstrasikan oleh demonstrator.

References

MELATI A. PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AT TAMAM SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. UIN Raden Intan Lampung; 2020.

HARAHAP SK. PENGARUH KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS TP 2019/2020. Universitas Negeri Medan; 2020.

No U-U. Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. 20AD.

Yuhasnil Y. Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Alignment J Adm Educ Manag. 2020;3(2):214–21.

Chamisijatin L. HAKIKAT KURIKULUM.

Moha I. RESUME RAGAM PENELITIAN KUALITATIF.

Arikunto S. Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta. 2010;

Dewi R, Suseno A, Adhi MW. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Counter Handhphone “Venus Cellular†Tangerang. Syntax Idea. 2021;3(2):377–82.

Astaman A, Kadir S and Masdul MR (2018) Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).

Published
2022-01-03
How to Cite
Devi Triswati, Normawati, Abdul Mufarik A. Marhum, & Abdul Rahman. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas 3 di SD Kecil Padat Karya Desa Ogorandu: Implementation of the Demonstration Method in Improving Student Activity in Islamic Religion Class 3 at the Small Elementary School, Padat Karya, Ogorandu Village . Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1), 39-43. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i1.2177
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)