Peranan Majelis Taklim Baabul Jannah dalam Meningkatkan Pemahaman Agama pada Masyarakat Desa Doulan Kecamatan Bokat Kabupaten Buol

  • Indasari Indasari Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Surni Kadir Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Normawati Normawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Peranan, Majelis Taklim Baabul Jannah, Pemahaman Agama

Abstract

Pokok penelitian ini adalah bagaimana peranan Majelis Taklim Baabul Jannah dalam meningkatkan pemahaman agama masyarakat di desa Doulan Kecamatan Bokat Kabupaten Buol. Tujuan peelitian yaitu: untuk mengetahui upaya Majelis Taklim Baabul Jannah dalam meningkatkan pemahaman agama masyarkat di Desa Doulan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Majelis Taklim Baabul Jannah dalam meningkatkan pemahaman agama masyarakat di Desa Doulan Kecamatan Bokat Kabupaten Buol. Metode penelitian yag digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa peranan Majelis Taklim Baabul Jannah dalam meningakan pemahaman agama masyarakat di Desa Doulan adalah dengan mengadakan pengajian rutin, tadarusan  al- Quran menanamkan pemahaman agama kepada masyarakat terhadap nilai-nilai ajaran islam yang kesemua itu sangat  berpengaruh, sedangkan faktor yang mendukung  peranan Majelis Taklim Baabul Jannah yaitu: penduduk desa Doulan mayoritas agama islam, penceramah atau muballig dan motivasi yang kuat dari pengurus dan pembina majelis taklim. Adapun yang menjadi faktor penghambat dari kegiatan Majelis Taklim Baabul Jannah yaitu  kurangnya dana dan kurangnya kesadaran  sebagian anggota majelis taklim aktif manghadiri setiap kegiatan, serta adanya virus Covid-19. Dari penelitian ini diharapkan Majelis Taklim Baabul Jannah mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat guna untuk menambah wawasan tentang ajaran agama islam, agar tidak ada lagi keyakinan atau pemahaman yang disalah tafsirkan oleh mayarakat yang merujuk kepada kemusyrikan dan menduakan Allah.

References

Listia WN. Anak Sebagai Makhluk Sosial. J Bunga Rampai Usia Emas. 2015;1(1):14–23.

Rustan AS. Menjalin Hubungan (Relation) dalam Perspektif Komunikasi Efektif. KOMUNIDA Media Komun dan Dakwah. 2015;5(1):78–90.

Mahmudah NH. Peran Majelis Taklim Bandaralim dalam Meningkatkan Akhlak Islami Remaja. IAIN Ponorogo; 2020.

Sikumbang AT, Ulwani RF. YOUTUBE AS A DA’WAH MEDIA. J Al-Bayan Media Kaji dan Pengemb Ilmu Dakwah. 2021;26(2):269–85.

Failasuf C. Analisis Kecenderungan Penelitian Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Al-Ma ‘rifah J Budaya, Bahasa, dan Sastra Arab. 2015;12(1):70–83.

bin Junaid J. Eksistensi Majelis Taklim dalam Membumikan Hadis melalui Zikir. AL-SYAKHSHIYYAH J Huk Kel Islam dan Kemanus. 2019;1(1):100–12.

Herianto H. Analisis istilah pendidikan (tarbiyah, ta’lim, ta’dib) dan aplikasinya dalam pendidikan Islam. IAIN Padangsidimpuan; 2014.

Nurainiah N. PERAN MAJLIS TAKLIM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KELUARGA. Serambi Tarbawi. 2018;6(1).

SAKINAH ISISI. PERANAN MAJELIS TA’LIM RIYADHUL JANNAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DI DESA ALEBO KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN PERANAN MAJELIS TA’LIM RIYADHUL JANNAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DI DESA ALEBO KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN PERANAN MAJELIS TA’LIM RIYADHUL JANNAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DI DESA ALEBO KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN. IAN KENDARI; 2019.

Amanah DN. Kegiatan Majelis Taklim Masyarakat di Masjid Al-Adhar Desa Mercu Buana Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat. IAIN Metro; 2019.

Rosidin R. INDEKS PERAN PENYULUH AGAMA DALAM MEMBINA KEHIDUPAN BERAGAMA KELUARGA MAJELIS TAKLIM DI KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH Index of The Roles of Religion Extension Agent on Guiding Religious Life for Majlis Taklim in Sragen District Central Java. J SMART (Studi Masyarakat, Reli dan Tradisi). 2017;3(1):79–89.

Sari RD. Pengaruh Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Desa Ngestirahayu Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. IAIN Metro; 2018.

Tumanggor R. Ilmu Jiwa Agama. Prenada Media; 2016.

Ichsani MI. FENOMENA PEMAHAMAN KEAGAMAAN MELALUI INTERNET DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (UU ITE) NOMOR 11 TAHUN 2008 DAN HUKUM ISLAM. 2018;

Published
2021-07-01
How to Cite
Indasari, I., Kadir, S., & Normawati, N. (2021). Peranan Majelis Taklim Baabul Jannah dalam Meningkatkan Pemahaman Agama pada Masyarakat Desa Doulan Kecamatan Bokat Kabupaten Buol. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(1), 1-10. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i1.1562
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)