Studi Pemahaman Warga Muhammadiyah terhadap Pelaksanaan Ibadah Sholat pada Masyarakat Desa Saloya

  • Suriani Suriani Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Normawati Normawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Abdul Halik Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui deskripsi pemahaman warga Muhammadiyah terhadap  pelaksanaan Ibadah Sholat pada Masyarakat Desa Saloya, dan 2. untuk mengetahui dampak pemahaman warga Muhammadiyah terhadap  pelaksanaan Ibadah Sholat pada Masyarakat Desa Saloya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan Tahap – tahap penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Adapun deskripsi pemahaman warga Muhammadiyah terhadap  pelaksanaan Ibadah Sholat pada Masyarakat Desa Saloya adalah Warga Muhammadiyah Desa Saloya tidak memakai tongkat ketika naik keatas mimbar, Khatib tidak diantar dengan ucapan-ucapan yang dikumandangkan tokoh agama, Warga Muhammadiyah Saloya sholat tarwihnya 8 rakaat dan Warga Muhammadiyah Saloya tidak Qunut jika sholat Subuh 2. Adapun dampak pemahaman warga Muhammadiyah terhadap  pelaksanaan Ibadah Sholat pada Masyarakat Desa Saloya adalah Warga tidak bingung, Masyarakat tidak resah, Warga Muhammadiyah Saloya konsisten mengikuti Nabi Muhammad Saw dan Warga Muhammadiyah mempunyai pedoman kehidupan. Setiap warga Muhammadiyah wajib menjadikan iman dan tauhid sebagai sumber seluruh kegiatan hidup, tidak boleh mengingkari keimanan berdasarkan tauhid itu, dan tetap menjauhi serta menolak syirk, takhayul, bid'ah, dan khurafat yang menodai iman dan tauhid kepada Allah Swt.

References

Purnomo H. Sejarah dan Perkembangan Muhammadiyah Cabang Kota Kudus Tahun 1920-2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2014.

Abas S. Konsep Dan Icon Gerakan Muhammadiyah. Ejournal KAWASA. 2018;8(3):10–21.

Rahmah J. Implementasi Konsep Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan di MA Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara SulawesiSelatan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2018.

Chusnan M. Meneropong Wajah Tasawuf dalam Muhammadiyah. 2014.

Purba IA, Ponirin P. Perkembangan Amal Usaha Organisasi Muhammadiyah di Bidang Pendidikan dan Kesehatan. JPPUMA J Ilmu Pemerintah dan Sos Polit UMA (Journal Gov Polit Soc UMA). 2013;1(2):101–11.

Rohmansyah STI, Hum M. Kuliah Kemuhammadiyahan. Penerbit; 2017.

Wibowo S. Penyertaan Modal Organisasi Dalam Badan Hukum Perseroan Terbatas (PT) di Amal Usaha Milik Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo. Ekuilibrium J Ilm Bid Ilmu Ekon. 2016;8(2):24–34.

Hafni DA, Harventy G. Membingkai Good Corporate Governance Amal Usaha Muhammadiyah Dalam Kerangka Amanah. J Account Invest. 2013;14(2):85–95.

Subarkah MA. Muhammadiyahdan Amal Usaha Di Bidang Pendidikan. Rausyan Fikr J Pemikir dan Pencerahan. 2017;13(2).

Marbun M. Perilaku Komunikasi Mahasiswi Bercadar di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Universitas islam Negeri Sumatera Utara; 2019.

Published
2021-07-11
Section
Articles