Penerapan Permainan Media Balok dalam Mengenalkan Angka pada Anak Kelompok B2 di Raodhatul Athfal (RA) Al-Muhajirin Kota Palu

  • Nur wahida Gani Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Surni kadir Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Penerapan, Balok Angka, Mengenalkan, Kemampuan Berhitung

Abstract

Penelitian ini mengaji tentang Penerapan Permainan Media Balok dalam mengenalkan angka pada anak kelompok B2 di Raodathul Atfhal (RA) Al-Muhajirin Kota Palu. Pengungkapan data yang akurat dalam penerapan permainan media balok untuk mengenalkan angka pada anak kelompok B2 di Raodathul Atfhal (RA) Al-Muhajirin Kota Palu, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Adapun Prosedur pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data yang diperoleh melalui buku-buku referensi. Hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) Penerapan  permainan media balok angka untuk mengenalkan angka pada anak kelompok B2 di Raodathul Atfhal (RA) Al-Muhajirin dapat memperkenalkan bermacam bentuk balok pada anak, Memotivasi anak untuk membuat sesuatu dari balok angka, Mengembangkan kreaktifitas anak sesuai daya imajinasinya, Mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam berpikir, khususnya berhitung permulaan yaitu mengenal konsep bilangan dengan mudah; 2) Terdapat peningkatan kemampuan berhitung setelah penerapan permainan balok angka pada anak kelompok B2 di Raodathul Atfhal (RA) Al-Muhajirin. Peningkatan kemampuan berhitung terjadi karena penerapan permainan balok angka pada anak meningkatkan pola berpikir logis dan sistimatis anak, melatih keberanian dalam menjawab setiap pertanyaan yang ajukan dan juga ketika permainan ini diterapkan anak lebih berkonsentrasi dan anak sangat cepat merespon dan menjawab angka yang ada tertera di media balok angka.

 

References

Anggia AR. Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Warna Dengan Media Benang pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Perwanida I Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung; 2019.

Alfianti L. Pengembangan Kemampuan Berhitung Menggunakan Alat Permainan Edukatif Balok Angka Pada Anak Kelompok A di Raudlotul Athfal Masyithoh Nglondong Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018. IAIN SALATIGA; 2018.

Putri NPLE, Suadnyana IN, Ganing NN. PENERAPAN METODE BERCAKAP-CAKAP BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK TK MAHA WIDYA I BATUAN GIANYAR. J Pendidik Anak Usia Dini Undiksha. 2014;2(1).

SUPAMI SRI. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Bentak Sidoharjo Sragen Tahun 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2014.

Muliani BN. Peningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Model Kereta Api. PANDAWA. 2019;1(1):20–39.

Yumini S, Rakhmawati L. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. J Pendidik Tek Elektro. 2015;4(3).

Karim RD, Normawati N, Said CM. STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN KH AHMAD DAHLAN DAN KH HASYIM ASY’ARI TENTANG ETIKA GURU DAN MURID DALAM TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN. J Kolaboratif Sains. 2019;1(1).

Published
2021-07-01
How to Cite
Gani, N. wahida, kadir, S., & Rahmawati, R. (2021). Penerapan Permainan Media Balok dalam Mengenalkan Angka pada Anak Kelompok B2 di Raodhatul Athfal (RA) Al-Muhajirin Kota Palu. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(1), 24-29. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i1.1566
Section
Articles