Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dalam Membangun Nilai-Nilai Kejujuran pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Lakea

  • Hardiansyah Hardiansyah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Colle M Said Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Normawati Normawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Meningkatkan, Kecerdasan Spiritual, Nilai-nilai Kejujuran

Abstract

Skripsi ini membahas tentangUpaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dalam Membangun Nilai-nilai kejujuran pada peserta didik SMP Muhammadiyah Lakea. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: upaya meningkatkan kecerdasan spiritual dalam membangun nilai-nilai kejujuran pada peserta didik SMP Muhammadiyah Lakea, yaitu: (a) pihak sekolah melakukan perencanaan program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran (b) melaksanakan program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran ke dalam proses pembelajaran (c) melaksanakan program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran pada kegiatan ektrakurikuler dan (d) mengevaluasi program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran dalam roses pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler. Adapun Implikasi upaya meningkatkan kecerdasan spiritual dalam membangun nilai-nilai kejujuran pada peserta didik SMP Muhammadiyah Lakea, yaitu: (a) program peningkatan kecerdasan spiritual siswa dalam membangun nilai-nilai kejujuran menjadi program unggulan di SMP Muhammadiyah Lakea (b) membuat suasana pendidikan menjadi lebih religius (3) siswa giat mengikuti program ektrakurikuler keagamaan (4) siswa mulai membudayakan nilai-nilai kejujuran (5) siswa aktif dalam penyelenggaraan ibadah shalat dan kultum.

References

Subhan F. Konsep Pendidikan Islam Masa Kini. J Pendidik Agama Islam (Journal Islam Educ Stud. 2013;1(2):353–73.

Khobir A. Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi. Edukasia Islam. 2009;7(1):69343.

Humairo M. Pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik melalui sistem full day school: Studi multikasus di MI Unggulan Sabilillah dan SDIT Cendekia Lamongan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2017.

Anggito A, Setiawan J. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher); 2018.

Kristiani D, Normawati N, Masdul MR. PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH WANAGADING KECAMATAN BOLANO LAMBUNU. J Kolaboratif Sains. 2019;1(1).

BUKANI S. Penerapan Model Pembelajaran Debat pada Mata Pelajaran IPS. Skripsi. 2014;1(231410110).

Astaman A, Kadir S and Masdul MR (2018) Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).

Published
2021-07-01
How to Cite
Hardiansyah, H., Said, C. M., & Normawati, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dalam Membangun Nilai-Nilai Kejujuran pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Lakea. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(1), 30-33. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i1.1567
Section
Articles