Peran Manajemen Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Sarana Prasarana di SD Negeri Biro Palu
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di Sekolah Dasar Negeri Biro Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana di SD Negeri Biro Palu telah memenuhi standar minimal nasional pendidikan di Indonesia. Tindakan yang dilakukan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SDN Biro Palu melalui pelaksanaan fungsi manajemen, (2) Implikasi dari peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan sarana dan prasarana adalah dengan mengajukan Dana Alokasi Khusus ( DAK) untuk meningkatkan kualitas fasilitas. dan prasarana pendidikan di SDN Biro Palu dan penggunaan dana tersebut untuk: (a) pemasangan wall paper pada dinding kantor, (b) penambahan daya internet, (c) pemasangan CCTV, (d) penyediaan pojok baca di setiap kelas, ( e) mengaktifkan kembali komite sekolah (f) pembangunan gerbang baru, (g) Guru dapat lembur hingga sore hari untuk menyelesaikan tugasnya karena sudah mempunyai gerbang baru.
This qualitative research aims to describe the role of the principal in managing facilities and infrastructure at the Bureau Palu State Elementary School. The results of the research show that (1) The principal's management in improving facilities and infrastructure at the Bureau Palu State Elementary School has met the minimum national education standards in Indonesia. The actions taken by the principal in the management of facilities and infrastructure at the Palu Bureau Public Elementary School through the implementation of management functions, (2) The implication of the principal's leadership role in improving facilities and infrastructure is to apply for Special Allocation Funds (DAK) to improve the quality of the facilities. and educational infrastructure at the Bureau Palu Public Elementary School and use these funds for: (a) installing wall paper on office walls, (b) adding internet power, (c) installing CCTV, (d) providing reading corners in each class, (e) reactivate the school committee (f) construction of a new gate, (g) Teachers can stay overtime until the afternoon to complete their assignments because they already have a new gate.
References
Bafadal, I. ManajemenPerlengkapanSekolah Teori dan Aplikasinya. (Jakarta: Bumi Aksara 2004), Hlm.31.
Buseri, Ujang Ahmad. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Madrasah (Studi Analisis Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Aliyah Nasyrul Ulum Kota Cilegon),” 2018.
Danim, Sudarwan. “Penelitian Kualitatif,” 2018, 49–53.
Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, 1–6.
Hakim, Lukman. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2016): 53–64.
Indiani, Indian, Dadi Setiadi, and Waluyo and Untung. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Dampaknya Terhadap Pengelolaan Pada SMA Tegar Kelana Suranadi.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4, no. 3 (2020): 194–202. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1187.
Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah A,” 2007, 1–71.
Indrawan, Ijrus. Pengantar Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Edited by Muhammad Jaelani. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
Insyirah, Rahmatul. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTS Muslimat NU Palangka Raya.” Digital Library IAIN Palangkaraya 11, no. 2 (2018): 430–39.
Ismail, Feiby, A M D Pawero, and Adriyanto Bempah. “Probelmatika Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Swasta.” Journal of Islamic Education Leadership 1, no. 2 (2021): 108–24.
Kartika, Sinta, Husni Husni, and Saepul Millah. “Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019): 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360.
Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Indonesia, Menteri Pendidikan Nasional Republik, 2007.
———. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, 2005.
Lukman, Roni Riki, and Endang Sepdanius. “Profil Pembinaan Olahraga Dirgantara Paralayang Dan Gantole Di Bukit Tambun Kabupaten Dharmasraya.” Jurnal Stamina 3, no. 4 (2020): 207–17.
Makbul, M. “Metode Pengumlupan Data Dan Instrumen Penelitian,” no. February (2021): 6.
Mattayang, Besse. “Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis.” JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting 2, no. 2 (2019): 45. https://doi.org/10.35914/jemma.v2i2.247.
Mawaddah, Mawaddah, Edi Harapan, and Nila Kesumawati. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Terhadap Kepuasan Kerja Guru.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4037.
Megasari, Rika. “Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas” 2 (2014): 636–48.
Mujahid, Minsih; Rusnilawati; and Imam. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2019): 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467.
Penyusun, Tim. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Pendidikan Nasional, 2008.
RI, Departemen Agama. “Al-Qur’an Dan Terjemahnya,” 2022.
———. HR. Bukhari Dan Muslim, 2022.
Sari, Novianti Dita. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” OSF Preprints 1, no. 1 (2021). https://osf.io/wfyz7/download.
Wijono, Sutarto. Kepemimpinan Dalam Konsep Perspektif Organisasi. 1st ed. jakarta: Prenada Media Group, 2018.
Wirdha, Sutisna; Nadia, and Anne Effane. “Fungsi Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan” 1 (2022): 226–33. https://fungsi.co.id/fungsi-manajemen-sarana-dan-prasarana-pendidikan/.
Yuliaty, Risma, Maryadi Maryadi, and Muh. Said. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Pelayanan Publik Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Majene.” Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN 11, no. 1 (2022): 75–85. https://doi.org/10.37476/jbk.v11i1.3083
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.