Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik kepala sekolah dan implikasinya terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru, meliputi : a) Perencanaan supervisi akademik terdiri dari empat aspek yang dipersiapkan oleh kepala sekolah yaitu: (1) menetapkan tujuan yang ingin dicapai, (2) fokus pada sasaran yang ingin ditingkatkan, (3) menyusun strategi supervisi akademik, meliputi : (a) perlengkapan sarpras pendukung kegiatan supervisi akademik, (b) menetapkan guru yang akan disupervisi, (c) prosedur/strategi pelaksanaan supervisi akademik, dan (d) menginformasikan perencanaan program supervisi kepada guru, dan (4) menyusun jadwal supervisi akademik. Keempat aspek tersebut dimuat dalam dokumen perencanaan supervisi. b) Pelaksanaan supervisi akademik meliputi: (1) monitoring pelaksanaan pembelajaran; (2) Guru saling mengamati saat pembelajaran, méndiskusikan hasilnya dan saling memberikan masukan (umpan balik); (3) Pemahaman peningkatkan kualitas pembelajaran; (4) Pengembangkan pengetahuan dan penerapan metode dan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. c) Tindak lanjut supervisi akademik yaitu: (1) Memberikan masukan dan pembinaan, (2) Meminta guru untuk memperbaiki perencanaan (3) Mengikutkan dalam pelatihan. kedua, implikasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru adalah membantu guru mengidentifikasi kelemahan dalam perencanaan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dalam perencanaan, membantu guru dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang pelaksanaan pembelajaran sehingga supervisi akademik yang efektif berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan supervisi akademik yang efektif membantu guru dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang
This study aims to describe the implementation of the principal's academic supervision and its implications for teacher performance at Tolitoli State Madrasah Aliyah. This study uses a qualitative approach. Data collection was carried out by interviews, observation and documentation studies. Data analysis techniques using interactive techniques. The validity of the data using triangulation techniques. The results of the study show that: first, the implementation of the school principal's academic supervision to improve teacher performance, includes: a) Planning for academic supervision consists of four aspects prepared by the school principal, namely: (1) setting goals to be achieved, (2) focusing on targets to be improved, (3) develop strategies for academic supervision, including: (a) equipment for supporting infrastructure for academic supervision activities, (b) determine teachers to be supervised, (c) procedures/strategies for implementing academic supervision, and (d) inform program planning supervising teachers, and (4) arranging academic supervision schedules. These four aspects are included in the supervision planning document. b) Implementation of academic supervision includes: (1) monitoring the implementation of learning; (2) Teachers observe each other during learning, discuss the results and give each other input (feedback); (3) Understanding improves the quality of learning; (4) Development of knowledge and application of learning methods and media by utilizing technology. c) Follow-up academic supervision, namely: (1) Providing input and coaching, (2) Asking teachers to improve planning (3) Participating in training. second, the implication of the principal's academic supervision to improve teacher performance is to help teachers identify weaknesses in lesson planning so as to improve teacher performance in planning, assist teachers in developing a better understanding of the implementation of learning so that effective academic supervision plays an important role in improving teacher performance in implementation of learning, and effective academic supervision assist teachers in developing a better understanding of the evaluation of learning.
References
Al-qur’an dan Terjemahan. 2019, Kementerian Agama, Jakarta
Ametembun N.A. 1981. Supervisi Pendidikan. Bandung: Rama
Danielson, Charlotte. 2009. Implementing the Framework for teaching in Enhancing Professional Practice. Alexandria, Va.: Association for Supervision and Curriculum Development. ISBN 978-1-4166-0913-3
Daryanto dan Suryatri, Darmiatun. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media
Dylan Wiliam, M. T. (2017). Integrating Assessment with Learning: What Will It Take to Make It Work? In C. A. Dwyer, The Future of Assessment (pp. 51-80). New York: Routledge
A. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017), 111
Glickman, C.D., Gordon, S.P., & Ross-Gordon, J.M. (2010). Supervision and instructional leadership: a developmental approach (11th ed). Boston: Allyn and Bacon.
Tasrim, I. W, dkk. Pedoman Penelitian Tesis Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pasca Sarjana, Palu
Maryono, Dasar-dasar dan Tehnik Menjadi Supervisor Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011), 05.
Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16.
Muhammad Fathurrahman, Sukses menjadi Pengawas sekolah Ideal (Yogyakarta: Ar Ruzz Media,2015), 52.
Muhammad Kristiawan, Yuyun Yuniarsih, Happy Fitria, Nola Refika, Supervisi Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2019), 1-2.
Muhammad Kristiawan, Yuyun Yuniarsih, Happy Fitria, Nola Refika. (2019). Supervisi Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung
Mustaqim Hasan 2022, Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja Guru di MA Al Ishlah Natar dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya, AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam (p-ISSN: 2548-5784|e-ISSN: 2549-2101) Vol. (06) (01), (Juni) (2022), (85-97)
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (1987). Supervision: A re-definition (6th ed.). Boston: McGraw-Hill.
Undang-Undang tentang Guru dan Dosen (UU RI No.14 tahun 2005 Pasal 10 ayat 2), (Jakarta: Sinar Grafika, 2005), 07.
Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. IKAPI: Alfabeta
Yandri D. I. Snae, S.Pd., M.T, dkk, 2016 Supervsi Akademik. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
------------------. 2017. Pengertian Kepala Sekolah, Jejak Pendidikan (online), http://www.jejakpendidikan.com/2017/01/pengertian-kepala sekolah.html (1 Maret 2023), diakses pada pukul 22.33 WITA
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.