UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR (Tinjauan Pendidikan Islam Pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala)
Abstract
Beberapa masalahnya diantaranya bagaimana upaya mengatasi kejenuhan belajar pada peserta, dan Implikasi upaya mengatasi kejenuhan belajar.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kejenuhan belajar dan upaya mengatasinya pada peserta didik di SD Negeri 10 Banawa Kabupaten Donggala.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu keseluruhan data yang sudah dikumpulkan diolah dengan menyeleksi data dengan maksud mendapatkan data yang bermutu, selanjutnya teknik pengumpulan data yang dilakukan di lapangan, yaitu melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah para peserta didik dan para pendidik. Kesimpulannya adalah (1) Upaya mengatasi kejenuhan belajar pada peserta didik di SD Negeri 10 Banawa adalah dengan melakukan berbagai upaya, diantaranya menerapkan metode pembelajaranyang bervariasi yaitu metode picture dan Tanya jawab, melakukan pendekatan terhadap peserta didik yaitu pendekatan emosional dan pendekatan keagamaan, dan melakukan evaluasi setiap akhir kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebagai umpan balik terhadap proses kegiatan belajar mengajar, yang selanjutnya akan dijadikan sebagai titik tolak untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya. (2) Implikasi upaya dalam mengatasi kejenuhan yaitu adanya semangat yang ditunjukan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran, hal itu di sebabkan oleh meteode yang digunakan pendidik dalam mengajar. Metode yang di gunakan pendidik bervariasi tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi juga menggunakan metode picture dan Tanya jawab. Khususnya pelajaran agama yang mana pendidik dalam memberi tugas selalu memberikan perlombaan siapa yang cepat dan tepat akan diberi hadiah.References
Abdirrahman., Abu Al-Qawi. 2014. Mengatasi Kejenuhan. Jakarta : Khalifa
Ahmadi, Abu., dan Widodo, Supriono. 2014. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arikunto., Suharsimi. 2012. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Edisi 2; Cet III, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Baharuddin., dan Wahyuni, Esa Nur. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Burhan., Bungin. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Darajat., Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Hafid., Anwar. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung; Alfabeta
Masdul, Muh. Rizal. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Makalah. Skripsi, Jurnal. Palu: FAI Unismuh Pres
Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya
Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.
Muhammad Al-utsaimin, Syaikh. 2013. Riyadhus shalihin. Jakarta: Darus Sunnah
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisis Revisis. Bandung: Remaja Rosda Karya
Nata, Abuddin. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Gaya Media Pratama
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan RAD. Bandung: Alfabeta
Sujarweni,Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian, Cet, 1; Yogyakarta, Pustaka Baru
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Edisi Revisi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Syamsuddin. 2015. Pedoman Praktisi Metodologi Penelitian Internal. Ponorogo: CV. Wide Group
Tohirin. 2013. Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Widodo. 2017. Metodologi Penelitian: Populer & Praktis. Jakarta: PT Grafindo Persada