PERAN METODE BUZZ GROUP DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH NUNU PALU

  • Khairia Ningsih Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Rizal Masdul Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Metode Buzz Group di MTS Muhammadiyah Nunu Palu yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Buzz Group dalam membangkitkan motivasi belajar pesera didik. Permasalahan yang dapat diidentifikasikan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan Metode Buzz Group di MTS Muhammadiyah Nunu Palu, (2) Bagaimana implikasi pelaksanaan metode Buzz Group dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTS Muhammadiyah Nunu Palu. Penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata, tindakan dan dokumen, sedangkan sumber datanya yaitu informan, sumber data tertulis dalam dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis melalui pengolahan data dan analisa data. Pengecekan data dilakukan dengan peneliti membaca berbagai macam referensi buku maupun hasil penelitian atau dokumentasi-dokumentasi yang terkait dengan temuan yang diteliti. Hasil penelitian peran metode Buzz Group memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Metode Buzz Group yaitu metode diskusi kelompok kecil yang terdapat didalamnya 4-6 orang dalam setiap kelompok, yang mana setiap kelompok mendiskusikan pemrmasalahan yang diberikan oleh guru mata pelajarannya. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwasannya metode diskusi ini merupakan salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik di MTS Muhammadiyah Nunu Palu.

Author Biographies

Khairia Ningsih, Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Surni Kadir, Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Muhammad Rizal Masdul, Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Arikunto., Suharsini. 2005. Prosedur Penelitian Ilmiah: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: PT. Rineka.

As’ari dkk. 2004. Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN SUNAN AMPEL PRESS.

Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjamahnya. Bandung: Jabal Raudatul Jannah.

Hadi., Amirul., dan Haryono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Juwariyah. 2010. Hadist Tarbawi. Yogyakarta: Teras.

Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.

Maleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Nursalam., Ferry Efendi. 2012. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Madika.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suparlan. 2005. Guru yang Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publising.

Suyanto dan Asep Jihad, 2013. Menjadi Guru Profesional.Jakarta: Esensi, 2013).

Syah, Muhibbin, 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syahid, Ahmad, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Palu: FAI Unismuh Press.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: Pustaka Pers.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Agama Islam