Motivasi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kerja Di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli

  • Andi Nurhaedah MA Madinatul Khairaat Buntuna
  • Surni Kadir Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kepala Madrasah, Motivasi, Iklim Kerja Head of Madrasah, Motivation, Work Climate

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang motivasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam menciptakan iklim kerja di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli, yang secara spesifik berfokus pada pemberian motivasi oleh kepala madrasah dan implikasinya dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Sumber data berasal dari informan kepala madrasah, guru-guru, kegiatan-kegiatan dan dokumen-dokumen yang relevan. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan empat uji, yaitu: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi Kepala Madrasah dalam menciptakan iklim kerja di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli yaitu: pemunculan budaya kerja positif, pengembangan profesionalisme guru, pengakuan dan penghargaan, komunikasi yang terbuka dan transparan, dan pendelegasian tanggung jawab, 2) Implikasi motivasi Kepala Madrasah dalam menciptakan iklim kerja di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli yaitu inspirasi dan semangat, komitmen terhadap keunggulan, pengakuan dan penghargaan, pemimpin yang teladan serta kolaborasi dan partisipasi            . Berdasarkan hasil penelitian, beberapa rekomendasi ditujukan kepada Pimpinan Lembaga Pendidikan Islam agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan tentang betapa pentingnya pemberian motivasi oleh kepala madrasah dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif. Untuk peneliti berikutnya disarankan agar meneliti aspek-aspek menarik lainnya yang terkait dengan topik penelitian ini, misalnya strategi dan tantangan kepala madrasah dalam memotivasi guru-guru yang bertujuan membentuk iklim kerja yang produktif dan dapat diteliti di jenjang SD/MI dan SMP/MTs, baik dengan menggunakan pendekatan penelitian yang sama maupun berbeda.

 

This research aims to describe the motivation carried out by the head of the madrasah in creating a work climate at Madrasah Aliyah DDI, Baru Village, Tolitoli Regency, which specifically focuses on providing motivation by the head of the madrasah and its implications in creating a conducive work climate. This research uses a qualitative approach. Data collection was carried out through interviews, observation and document study. Data sources come from informants, madrasa heads, teachers, activities and relevant documents. Data analysis uses an interactive analysis model which includes data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. Checking the validity of the data is carried out using four tests, namely: credibility, transferability, dependability and confirmability. The results of the research show that 1) The motivation of the Madrasah Head in creating a work climate at Madrasah Aliyah DDI, Baru Village, Tolitoli Regency, namely: the emergence of a positive work culture, development of teacher professionalism, recognition and appreciation, open and transparent communication, and delegation of responsibilities, 2) Implications The motivation of the Madrasah Head in creating a working climate at Madrasah Aliyah DDI, Baru Village, Tolitoli Regency, namely inspiration and enthusiasm, commitment to excellence, recognition and appreciation, exemplary leadership as well as collaboration and participation. Based on the research results, several recommendations are addressed to the Leaders of Islamic Education Institutions so that the results of this research can be used as a reference regarding how important it is to provide motivation by madrasa heads in creating a conducive work climate. It is recommended that future researchers research other interesting aspects related to this research topic, for example the strategies and challenges of madrasah heads in motivating teachers with the aim of creating a productive work climate and can be researched at the SD/MI and SMP/MTs levels, both using the same or different research approaches.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara ,2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung. PT, Remaja Rosdakarya

Adawiyah, R., & Anwar, M. (2019). The Influence of Principal's Leadership, Work Motivation, and Job Satisfaction on the Performance of Teachers at Islamic Junior High School in Bandar Lampung. Journal of Educational Sciences, 3(2), 15-22.

A Dale Timpe, Motivasi Pegawai, Jakarta: PT. Eleks Media Komputindo, 1992

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka

Ahmad Barizi, Menjadi Guru Unggul, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2009

Ahmad Susanto, 2016. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Cet 4. Jakarta: Kencana

Amstrong, Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: PT Elex Komputindo, 1994

Anwar Prabu Mangkunegara, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, P.T. Remaja Rosdakarya

Arep, Ishak dan Hendri, Tanjung (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Universitas Trisakti

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 1993

Astriani, R. (2018). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 3(1), 77-86.

Aisyah, A., & Hamdani, D. (2019). Influence of Leadership, Work Motivation and Job Satisfaction on Employee Performance at MTsN 1 Kota Jambi. Journal of Educational Sciences, 3(1), 1-7

Danim, S. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta

Drs.H.Malayu S.P.Hasibuan (1996) “Organisasi dan Motivasi (Dasar Peningkatan Produktivitas)”, Penerbit PT.Bumi Aksara, Cetakan keenam, Juli 2008

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017)

Hadi, M., & Muchtar, M. (2020). The Effect of Leadership, Work Motivation and Work Environment on Job Satisfaction of Teachers in Madrasah Tsanawiyah. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2), 1-7.

Harahap, M. Y., & Sulaiman, E. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 4(2), 9-21.

Hersey, Paul dan Blanchard, K, (1994). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Terjemahan Agus Dharma, Airlangga, Jakarta.

Hidayati, "Kepemimpinan dan Peningkatan Mutu Pendidikan", dalam Jurnal Tarbiyah, vol. 22, no. 1 (2015)

Husaini, H., & Setiawan, H. (2020). The Effect of Work Motivation, Work Discipline, and Job Satisfaction on the Performance of Teachers at Islamic Private Schools. Journal of Islamic Education Management, 1(1), 25-38.

Kusuma, A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 2(2), 131-142.

Lestari, E. A., & Rusli, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 3(1), 31-40.

Mahardika, I. G. M. (2018). The Effect of Leadership and Work Motivation on Job Satisfaction and its Impact on Teacher Performance in Madrasah Aliyah. Journal of Education and Practice, 9(15), 35-41

.Marwansyah & Mukaram, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, Administari Negara Poltek Negeri Bandung.

Mulyasa, E, (2012), Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Munir, M. (2019). The Influence of Leadership, Work Motivation, and Job Satisfaction on Employee Performance at Islamic Education Institutions. International Journal of Management and Humanities, 3(2), 39-48.

Penerbit Alfatih, 2013 Departemen Agama RI, Al-Quran Terjemah

Priyatna, D., & Kusumawati, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 5(2), 97-109.

Rahman, A., & Tobi, H. (2020). Analysis of the Effect of Leadership, Motivation, and Work Environment on Employee Performance: A Study on Islamic Education Institutions. Journal of Educational Sciences, 4(1), 1-8.

Rion Wishbay, Kurniawaty Fitri. 2014. “Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru,” Jurnal Ekonomi, Vol. 22(2): 2014

Rivai, V. (2012). Education Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saefulloh, A., & Putra, R. A. (2019). Effect of Leadership and Work Motivation on Teacher Performance at Madrasah Aliyah. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1676-1682.

Saputra, A. P., & Nasution, M. N. (2020). The Effect of Leadership, Work Motivation, and Organizational Culture on Employee Performance at Islamic Education Institutions. Journal of Islamic Education Management, 1(1), 15-24.

Suprapti, S., & Ruhana, I. (2019). The Influence of Principal's Leadership, Teacher Work Motivation, and Work Environment on Teacher Performance at Islamic Elementary School. International Journal of Educational Policy Research and Review, 6(2), 1-8.

Septiana, E., & Maulana, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Batang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1-14.

Sondang P. Siagian, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Elek Media Kompetindo.

Stichter, Kenneth. 2008. Student School Climate Perceptions as a Measure of School District Goal Attainment. Journal of Educational Research & Policy Studies. Vol 8 (1).

Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ketujuh, Bandung, CV.Kencana.

Suryanto, B. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Jamal Rengat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 5(2), 55-64.


Susanto, A. T., & Muhyadi, M. (2016). Peran kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi guru di sekolah menengah pertama negeri. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan, 4(2), 151-163.

Undang-Undang tentang Guru dan Dosen (UU RI No.14 tahun 2005 Pasal 10 ayat 2), (Jakarta: Sinar Grafika, 2005)

Wahjosumidjo, (1992), Kepemimpinan dan Motivasi, Ghalia Indonesia

Wardana, L. W. (2008). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (EMAS).

Winardi, J. 2004. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Raja Grafindo perkasa: Jakarta.

Wiyono, B., & Sutrisno, S. (2020). The Influence of Leadership, Work Motivation, and Work Environment on Employee Performance in Islamic Education Institutions. Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1-14.

Yuliarti, E. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Fitrah Tanjungpinang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 2(2), 1-8.

Zainal, M. R., & Suryani, E. (2020). The Influence of Principal Leadership, Teacher Work Motivation and Organizational Culture on Teacher Performance at Islamic Elementary Schools. European Journal of Educational Research, 9(1), 55-67
Published
2024-02-20
How to Cite
Nurhaedah, A., & Kadir, S. (2024). Motivasi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kerja Di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 4(01), 1-15. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i01.5007