Gambaran Pengetahuan dan Sikap Mahasiswi Tingkat I Tentang Kesehatan Reproduksi Di Akademi Kebidanan Sinar Kasih Toraja Tahun 2018
Abstract
Kesehatan reproduksi adalah keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang utuh bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan system reproduksi, fungsi serta prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum gambaran pengetahuan dan sikap mahasiswi tingkat I tentang kesehatan reproduksi di Akademi Kebidanan Sinar Kasih Toraja tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode accidental sampling, populasi seluruh mahasiswi tingkat I di Akademi Kebidanan Sinar Kasih Toraja sebanyak 144 mahasiswi dan sampel adalah 56 mahasiswi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan diolah secara manual menggunakan kalkulator dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 mahasiswi yang menjadi sampel penelitian terdapat 15 (26,8%) mahasiswi yang berpengetahuan baik, 30 (53,6%) mahasiswi yang berpengetahuan cukup dan 11 (19,6%) mahasiswi yang berpengetahuan kurang. Dari 56 mahasiswi yang menjadi sampel penelitian terdapat 32 (57,1%) bersikap positif dan 24 (42,9%) bersikap negative. Saran dari penelitian ini diharapkan mahasisiwi semakin meningkatkan pengetahuannya dengan memperoleh informasi yang tepat dan akurat dari sumber-sumber terpercaya dan mengikuti kegiatan seminar mengenai kesehatan reproduksi karena sebagian besar mahasiswi masih berpengetahuan cukup.
Â
References
L. Suwarni and S. Selviana, “Inisiasi seks pranikah remaja dan faktor yang mempengaruhi,†J. Kesehat. Masy., vol. 10, no. 2, pp. 169–177, 2015.
M. Ali, Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo, 2009.
T. P. Kurniawan, “Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Praktek Kesehatan Reproduksi Remaja Di SMA Negeri 1 Purbalingga Kabupaten Purbalingga.†Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, 2008.
D. C. Nindiya, “PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN SOSIAL YANG ADAPTIF DALAM PEMBINAAN KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA DI BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA KOTA KEDIRI,†J. Nonform. Educ. Community Empower., vol. 5, no. 1, 2016.
G. Putro, “Alternatif Pengembangan Model Kesehatan Reproduksi Remaja Tahun 2009,†Indones. J. Reprod. Heal., vol. 1, no. 1, pp. 23–31, 2010.
H. Z. Pieter, S. Psi, B. Janiwarti, S. Psi, N. M. Saragih, and S. Kep, Pengantar psikopatologi untuk keperawatan. Kencana, 2011.
S. Notoatmodjo, Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi of Set, 2003.
A. Saifuddin, “Sikap manusia teori dan pengukurannya,†Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1995.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.