Marketing 4.0 dalam Pelayanan Kesehatan: Tinjauan Literatur terhadap Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran: Literature Review

Marketing 4.0 In Healthcare: Literature Review of Digital Transformation and Marketing Strategies: Literature Review

  • Nanda Almas Norberta - Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
  • Diansanto Prayoga Program Program Studi Kesehatan Masyarakat, Departemen Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam, Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam, Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga. Pusat Kajian Manajemen Kesehatan, Universitas Airlangga, Indonesia. Pusat Riset Pemasaran Kesehatan, Universitas Airlangga, Indonesia
Keywords: Strategi, Pemasaran Digital, Pelayanan Kesehatan

Abstract

Latar belakang: Industri pelayanan kesehatan sedang mengalami transisi mendasar sebagai akibat dari kemajuan teknologi digital, termasuk inovasi dalam pemasaran digital. Marketing 4.0 yang berfokus pada penggunaan teknologi digital dan interaksi online menjadi pendorong utama perubahan dalam bisnis ini.

Tujuan: Dalam perspektif ini, penelitian ini mengkaji penggunaan pemasaran digital dalam layanan kesehatan.

Metode: Metode penelitian ini menggunakan literature review dengan mengacu pada sumber-sumber dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia melalui database seperti Pubmed, ProQuest, Scopus, dan Google Scholar. Kriteria inklusi mencakup artikel yang membahas pemasaran digital dalam layanan kesehatan.

Hasil: Hasil dari penelusuran artikel melibatkan tiga penelitian yang relevan. Studi-studi ini mengungkapkan pentingnya integrasi berbagai saluran komunikasi pemasaran online, termasuk periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, promosi penjualan, penjualan langsung, dan pemasaran digital, untuk mengembangkan strategi komunikasi layanan kesehatan yang efektif dan efisien. Selain itu, penelitian menyoroti dampak positif pemasaran media sosial terhadap layanan kesehatan dan keterlibatan merek, serta strategi pemasaran digital yang efisien seperti penggunaan media sosial, optimalisasi pencarian digital, dan periklanan online.

Kesimpulan: Marketing 4.0 telah mengubah lanskap pemasaran dalam industri layanan kesehatan. Pemasaran digital menjadi alat yang krusial dalam berinteraksi dengan pasien, mempromosikan layanan kesehatan, dan membangun merek yang kuat. Transformasi digital dan strategi pemasaran yang terintegrasi menjadi kunci untuk memenuhi harapan pasien dan meningkatkan pengalaman mereka dalam pelayanan kesehatan.

References

Ummasyroh, Firdaus Y, Andriyani T. PENERAPAN MARKETING 4.0 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERHASILAN KEGIATAN PROMOSI PEMASARAN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. Jurnal Riset Terapan Akuntasi. 2020;4(1).

Yulianti F, Lamsah, Periyadi. Manajemen Pemasaran. 2019.

Kurolov MO. A systematic mapping study of using digital marketing technologies in health care: The state of the art of digital healthcare marketing. In: ACM International Conference Proceeding Series. Association for Computing Machinery; 2022. p. 318–23.

Baiyere A, Salmela H, Tapanainen T. Digital transformation and the new logics of business process management. European Journal of Information Systems. 2020 May 3;29(3):238–59.

Alexandru ". Revista de cercetare ?i interven?ie social? PERFORMANCE EVALUATION OF DIGITAL MARKETING IN HEALTH CARE INDUSTRY WITH THE APPLICATION OF DATA ENVELOPMENT ANALYSIS. 2018;60:39–50. Available from: www.rcis.ro,www.doaj.organdwww.scopus.com

Andrianto Y, Yuniningsih. Efektivitas Transformasi Digital Dalam Permasalahan Berkas Tagihan Kesehatan. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2023;2(1):106–18.

Julianti VS, Sjaaf AC, Sulistiadi W. Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review. Jurnal Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia [Internet]. 2022;5(3). Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3

Marques ICP, Ferreira JJM. Digital transformation in the area of health: systematic review of 45 years of evolution. Health Technol (Berl). 2020 May 1;10(3):575–86.

Nurya Majid T, Prayoga D, Nashrullah M. KEPUASAN PASIEN TERHADAP TELEMEDICINE PADA PELAYANAN KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19: LITERATUR REVIEW. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2022;Volume 6:1535–46.

Rahmasari FF, Wigati PA, Budiyanti RT. Analisis Pengaruh Keputusan Penggunaan Telemedicine Halodoc di Kota Bogor. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. 2023;11(2).

Vasthu Broto Ariyo R, Achadi A. The Indonesian Journal of Health Promotion MPPKI Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review. 2022;5(7). Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3

Budiyatno KC. TRANSFORMASI DIGITAL SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI PEMASARAN DI RUMAH SAKIT SILOAM PALANGKA RAYA TAHUN 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. 2022;8(2):66–73.

Rumondang A, Sudirman A, Sitorus S, Kusuma AHP, Manuhutu M, Simarmata ASJ, et al. Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. 2020.

Indrayadi, Ariyani H, Nurhayati A, Usman JIS, Suprapto, Betan A, et al. Manajemen Kesehatan Di Era Transformasi Digital. 2023.

Wereda W, Wo?niak J. Building relationships with customer 4.0 in the era of marketing 4.0: The case study of innovative enterprises in Poland. Soc Sci. 2019 Jun 1;8(6).

Popov V V., Kudryavtseva E V., Katiyar NK, Shishkin A, Stepanov SI, Goel S. Industry 4.0 and Digitalisation in Healthcare. Vol. 15, Materials. MDPI; 2022.

Rabbani DB, Diwyarthi NDMS, Muliyati, A MU, Hadawiah, Sari YP, et al. KOMUNIKASI PEMASARAN [Internet]. 2022. Available from: www.globaleksekutifteknologi.co.id

Maria S. The adaptation of health care marketing to the digital era. J Med Life. 2017;10:44–6.

Purnomo J, Febri Mustika I. PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI MARKETING RUMAH SAKIT. Vol. 2, Jurnal Medika Indonesia. 2021.

Hung CL, Wu JH, Chen PY, Xu X, Hsu WL, Lin LM, et al. Enhancing healthcare services and brand engagement through social media marketing: Integration of Kotler’s 5A framework with IDEA process. Inf Process Manag. 2023 Jul 1;60(4).

Arismen, Sulistiadi W, Chalik A. Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal ARSI. 2019;

Syed M, Ahmed F, Zahid N, Khalid N, Israr N. Essentials of Healthcare Marketing. Asian Journal of Medicine and Health. 2021 Apr 3;73–9.

Kraus S, Jones P, Kailer N, Weinmann A, Chaparro-Banegas N, Roig-Tierno N. Digital Transformation: An Overview of the Current State of the Art of Research. Sage Open. 2021;11(3).

Ristrini. PERUBAHAN PARADIGMA JASA PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN STRATEGIS BAGI PIMPINAN. JMPK. 2005;08(01).

Sutabri T, Enjelika D, Mujiranda S, Virna L. Transformasi Digital di Puskesmas Menuju Pelayanan Kesehatan yang Lebih Efisien dan Berkualitas. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary [Internet]. 2023;1(5). Available from: https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Stoumpos AI, Kitsios F, Talias MA. Digital Transformation in Healthcare: Technology Acceptance and Its Applications. Int J Environ Res Public Health. 2023 Feb 1;20(4).

Gillpatrick T. The digital transformation of marketing: Impact on marketing practice & markets. ECONOMICS - Innovative and Economics Research Journal. 2019 Dec 1;7(2):139–56.

Vasthu Broto Ariyo R, Achadi A. Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review. Jurnal Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia [Internet]. 2022;5(7). Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3

ÖZTÜRK M, BATUM TP. How Housing Brands Use Social Media in Their Marketing Communications?: A Content Analysis. Journal of Administrative Sciences. 2019 Mar 13;17(33):111–35.

Ciasullo MV, Lim WM, Manesh MF, Palumbo R. The patient as a prosumer of healthcare: insights from a bibliometric-interpretive review. J Health Organ Manag. 2022;36(9):133–57.

Published
2024-04-01
How to Cite
-, N. A. N., & Diansanto Prayoga. (2024). Marketing 4.0 dalam Pelayanan Kesehatan: Tinjauan Literatur terhadap Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran: Literature Review: Marketing 4.0 In Healthcare: Literature Review of Digital Transformation and Marketing Strategies: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), 744-751. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i4.4909