Marketing 4.0 dalam Pelayanan Kesehatan: Tinjauan Literatur terhadap Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran: Literature Review
Marketing 4.0 In Healthcare: Literature Review of Digital Transformation and Marketing Strategies: Literature Review
Abstract
Latar belakang: Industri pelayanan kesehatan sedang mengalami transisi mendasar sebagai akibat dari kemajuan teknologi digital, termasuk inovasi dalam pemasaran digital. Marketing 4.0 yang berfokus pada penggunaan teknologi digital dan interaksi online menjadi pendorong utama perubahan dalam bisnis ini.
Tujuan: Dalam perspektif ini, penelitian ini mengkaji penggunaan pemasaran digital dalam layanan kesehatan.
Metode: Metode penelitian ini menggunakan literature review dengan mengacu pada sumber-sumber dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia melalui database seperti Pubmed, ProQuest, Scopus, dan Google Scholar. Kriteria inklusi mencakup artikel yang membahas pemasaran digital dalam layanan kesehatan.
Hasil: Hasil dari penelusuran artikel melibatkan tiga penelitian yang relevan. Studi-studi ini mengungkapkan pentingnya integrasi berbagai saluran komunikasi pemasaran online, termasuk periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, promosi penjualan, penjualan langsung, dan pemasaran digital, untuk mengembangkan strategi komunikasi layanan kesehatan yang efektif dan efisien. Selain itu, penelitian menyoroti dampak positif pemasaran media sosial terhadap layanan kesehatan dan keterlibatan merek, serta strategi pemasaran digital yang efisien seperti penggunaan media sosial, optimalisasi pencarian digital, dan periklanan online.
Kesimpulan: Marketing 4.0 telah mengubah lanskap pemasaran dalam industri layanan kesehatan. Pemasaran digital menjadi alat yang krusial dalam berinteraksi dengan pasien, mempromosikan layanan kesehatan, dan membangun merek yang kuat. Transformasi digital dan strategi pemasaran yang terintegrasi menjadi kunci untuk memenuhi harapan pasien dan meningkatkan pengalaman mereka dalam pelayanan kesehatan.
References
Ummasyroh, Firdaus Y, Andriyani T. PENERAPAN MARKETING 4.0 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERHASILAN KEGIATAN PROMOSI PEMASARAN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. Jurnal Riset Terapan Akuntasi. 2020;4(1).
Yulianti F, Lamsah, Periyadi. Manajemen Pemasaran. 2019.
Kurolov MO. A systematic mapping study of using digital marketing technologies in health care: The state of the art of digital healthcare marketing. In: ACM International Conference Proceeding Series. Association for Computing Machinery; 2022. p. 318–23.
Baiyere A, Salmela H, Tapanainen T. Digital transformation and the new logics of business process management. European Journal of Information Systems. 2020 May 3;29(3):238–59.
Alexandru ". Revista de cercetare ?i interven?ie social? PERFORMANCE EVALUATION OF DIGITAL MARKETING IN HEALTH CARE INDUSTRY WITH THE APPLICATION OF DATA ENVELOPMENT ANALYSIS. 2018;60:39–50. Available from: www.rcis.ro,www.doaj.organdwww.scopus.com
Andrianto Y, Yuniningsih. Efektivitas Transformasi Digital Dalam Permasalahan Berkas Tagihan Kesehatan. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2023;2(1):106–18.
Julianti VS, Sjaaf AC, Sulistiadi W. Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review. Jurnal Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia [Internet]. 2022;5(3). Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3
Marques ICP, Ferreira JJM. Digital transformation in the area of health: systematic review of 45 years of evolution. Health Technol (Berl). 2020 May 1;10(3):575–86.
Nurya Majid T, Prayoga D, Nashrullah M. KEPUASAN PASIEN TERHADAP TELEMEDICINE PADA PELAYANAN KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19: LITERATUR REVIEW. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2022;Volume 6:1535–46.
Rahmasari FF, Wigati PA, Budiyanti RT. Analisis Pengaruh Keputusan Penggunaan Telemedicine Halodoc di Kota Bogor. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. 2023;11(2).
Vasthu Broto Ariyo R, Achadi A. The Indonesian Journal of Health Promotion MPPKI Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review. 2022;5(7). Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3
Budiyatno KC. TRANSFORMASI DIGITAL SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI PEMASARAN DI RUMAH SAKIT SILOAM PALANGKA RAYA TAHUN 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. 2022;8(2):66–73.
Rumondang A, Sudirman A, Sitorus S, Kusuma AHP, Manuhutu M, Simarmata ASJ, et al. Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. 2020.
Indrayadi, Ariyani H, Nurhayati A, Usman JIS, Suprapto, Betan A, et al. Manajemen Kesehatan Di Era Transformasi Digital. 2023.
Wereda W, Wo?niak J. Building relationships with customer 4.0 in the era of marketing 4.0: The case study of innovative enterprises in Poland. Soc Sci. 2019 Jun 1;8(6).
Popov V V., Kudryavtseva E V., Katiyar NK, Shishkin A, Stepanov SI, Goel S. Industry 4.0 and Digitalisation in Healthcare. Vol. 15, Materials. MDPI; 2022.
Rabbani DB, Diwyarthi NDMS, Muliyati, A MU, Hadawiah, Sari YP, et al. KOMUNIKASI PEMASARAN [Internet]. 2022. Available from: www.globaleksekutifteknologi.co.id
Maria S. The adaptation of health care marketing to the digital era. J Med Life. 2017;10:44–6.
Purnomo J, Febri Mustika I. PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI MARKETING RUMAH SAKIT. Vol. 2, Jurnal Medika Indonesia. 2021.
Hung CL, Wu JH, Chen PY, Xu X, Hsu WL, Lin LM, et al. Enhancing healthcare services and brand engagement through social media marketing: Integration of Kotler’s 5A framework with IDEA process. Inf Process Manag. 2023 Jul 1;60(4).
Arismen, Sulistiadi W, Chalik A. Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal ARSI. 2019;
Syed M, Ahmed F, Zahid N, Khalid N, Israr N. Essentials of Healthcare Marketing. Asian Journal of Medicine and Health. 2021 Apr 3;73–9.
Kraus S, Jones P, Kailer N, Weinmann A, Chaparro-Banegas N, Roig-Tierno N. Digital Transformation: An Overview of the Current State of the Art of Research. Sage Open. 2021;11(3).
Ristrini. PERUBAHAN PARADIGMA JASA PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN STRATEGIS BAGI PIMPINAN. JMPK. 2005;08(01).
Sutabri T, Enjelika D, Mujiranda S, Virna L. Transformasi Digital di Puskesmas Menuju Pelayanan Kesehatan yang Lebih Efisien dan Berkualitas. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary [Internet]. 2023;1(5). Available from: https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Stoumpos AI, Kitsios F, Talias MA. Digital Transformation in Healthcare: Technology Acceptance and Its Applications. Int J Environ Res Public Health. 2023 Feb 1;20(4).
Gillpatrick T. The digital transformation of marketing: Impact on marketing practice & markets. ECONOMICS - Innovative and Economics Research Journal. 2019 Dec 1;7(2):139–56.
Vasthu Broto Ariyo R, Achadi A. Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review. Jurnal Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia [Internet]. 2022;5(7). Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3
ÖZTÜRK M, BATUM TP. How Housing Brands Use Social Media in Their Marketing Communications?: A Content Analysis. Journal of Administrative Sciences. 2019 Mar 13;17(33):111–35.
Ciasullo MV, Lim WM, Manesh MF, Palumbo R. The patient as a prosumer of healthcare: insights from a bibliometric-interpretive review. J Health Organ Manag. 2022;36(9):133–57.
Copyright (c) 2024 Nanda Almas Norberta -, Diansanto Prayoga
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.