Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah sakit: Tinjauan Sitematik Indentifikasi Area Perlu Perbaikan

Analysis of Patient Satisfaction on Hospital Health Services: A Systematic Review Identifies Areas for Improvement

  • Aquila Haya Tuzzahra Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Haerawati Idris Dosen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Universitas Sriwijaya
  • Hamzah Hasyim Dosen Epidemiologi FKM, Universitas Sriwijaya
  • Nur Alam Fajar Dosen Promosi Kesehatan FKM, Universitas Sriwijaya
  • Yuanita Windusari Dosen Ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM, Universitas Sriwijaya
  • Novrika Sari Dosen Ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM, Universitas Sriwijaya
Keywords: Area, Kepuasan Psaien, Layanan Kesehatan, Bukti Nyata

Abstract

Latar belakang: Rumah sakit sebagai salah satu layanan kesehatan bertugas untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik. Pelayanan yang baik akan menghasilkan pasien yang puas. Tangible merupakan dimensi yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Namun, belum ada studi yang membahas lebih lanjut area atau komponen tangible apa saja yang berperan.

Tujuan: Mengetahui area mana pada rumah sakit yang perlu diperbaiki sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien

Metode: Penelitian tinjauan sistematik menggunakan PRISMA dengan mengumpulkan, menyeleksi, dan mengaji artikel ilmiah yang memiliki topik revelan dengan tujuan penelitian, Jumlah artikel yang ditinjau pada penelitian ini sebanyak 9 artikel yang terbit dari tahun 2018-1023.

Hasil: Berdasarkan temuan yang ada, area WC, kamar mandi, dan ruang tunggu merupakan area yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Selain itu, kebersihan ruangan, ketersediaan obat serta sarana prasarana, dan penampilan petugas juga dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien.

Kesimpulan: Terdapat beberapa area di rumah sakit yang perlu lebih diperhatikan sehingga dapat meningkkatkan kepuasan pasien. Kolaborasi antar seluruh pihak terkait dibutuhkan untuk mencapai pelayanan kesehatan yang baik.

References

Kementrian Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. Pres Republik Indones [Internet]. 2009;1:41.

Dyah Handayani Nastiti, Hariadi P, Darmawat D. Komparasi kepuasan pasien rawat inap bpjs dan non bpjs pada masa pandemi di rsud purbalingga. J Ekon bisnis dan akutansi. 2021;23(4):1–16.

Nuraiman N, Publikasi DC-M, 2020 undefined. Pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit umum anutapura palu: Effect Of Service Quality On Satisfaction Of. JurnalInstitutgrahaanandaAcId [Internet]. 2020;3(1):15–21.

Amirul M, Roekminiati S, Lestari DS. Administrasi pelayanan kesehatan masyarakat [Internet]. Vol. 136, Jakad Media Publishing. 2020. 1–239 p. Available from: http://repository.unitomo.ac.id/2486/1/Gabungan Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat_Revisi.pdf

Supriyadi D, Komara E. Studi terhadap kepuasan wisatawan dilihat dari manajemen pelayanan pariwisata dan kebijakan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kabupaten Pangandaran. Serv Manag Triangle J Manaj Jasa. 2020;2(1):100–16.

Natarini LWE. Analisis kesenjangan kualitas pelayanan berdasarkan kepuasan pasien poliklinik saraf Rs Bhayangkara Suraba. J Adm Kesehat Indones. 2018;6(2):75.

Imran I, Yulihasri Y, Almasdi A, Syavardie Y. Dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien puskesmas. J Penelit dan Pengemb Sains dan Hum. 2021;5(3):389.

Hasan A. Pengaruh tangibles, empathy, reliability, responsiveness dan assurance jasa kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Puskesmas Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. J Ilm Dikdaya. 2021;11(1):85.

Samsuddin H, Ningsih endang rosidah. Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan rumah sakit umum pusat dr mohammad hoesin palembang. J ecoment Glob. 2019;4(1):167–82.

Kosasih, Pramartha V, Panjaitan B, Djogo O, Abdulrahman S. Percepatan ekonomi dan pengentasan kemiskinan melalui kualitas pelayanan kesehatan dan peningkatan kepuasan pasien di puskesmas. J Techno-Socio Ekon. 2029;12(2):139–50.

Wardani S intan, Yudahawati ni luh putu suardini. Kepuasan pasien bpjs kesehatan pada pelayanan kesehatan di RS Udayana Denpasar. S. Miracle J Public Heal. 2022;5(1):71–9.

Marliyani, Ilmi M bahrul, Ernadi E, Ariyanto E. Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Martapura 1 Tahun 2022. 2023;1(5):190–5.

Oini O, Komalasari R, Hasibuan SY. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Unit Rawat Inap. Nurs Curr

Hussain A, Asif M, Jameel A, Hwang J, Sahito N, Kanwel S. Promoting OPD patient satisfaction through different healthcare determinants: A study of public sector hospitals. Int J Environ Res Public Health. 2019;16(19).

Mahmud A. Analisis kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS kesehatan di Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid Palembang. J Ilmu Adm dan Stud Kebijak. 2022;5(1):23–36.

Suciati G, Zaman C, Gustiana E. Analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan di RSUD dr . H . Mohamad rabain Kab Muara Enim tahun 2022. J Kesehat Masy. 2023;11(1):102–16.

Oktavianti D, Indar, Abadi Y. Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan puskesmas Biru Bone. Hasanuddin J Public Heal. 2022;3(2):135–44.

Bella J novita, Ogotan M, Londa very Y. Aspek tangible pada pelayanan kesehatan masyarakat . J Adm publik. 2019;5(67):51–9.

Ivana, Theresia, Taraneti, Desi, Permana, Ibna L. Analisa kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Pembantu Pararapak Kabupaten Barito selatan tahun 2019. J keperawatan suaka Insa. 2020;5(1):133–42.

Published
2024-02-06
How to Cite
Aquila Haya Tuzzahra, Haerawati Idris, Hamzah Hasyim, Nur Alam Fajar, Yuanita Windusari, & Novrika Sari. (2024). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah sakit: Tinjauan Sitematik Indentifikasi Area Perlu Perbaikan: Analysis of Patient Satisfaction on Hospital Health Services: A Systematic Review Identifies Areas for Improvement. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), 292-298. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4435