Pengaruh Imbalan Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Sinar Kasih Toraja Kabupaten Tana Toraja
The Influence of Intrinsic and Extrinsic Rewards on Nurse Job Satisfaction at Sinar Kasih Hospital, Toraja, Tana Toraja Regency
Abstract
Latar belakang: Kepuasan kerja merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap karyawan dalam sebuah organisasi. Karena dengan dimilikinya kepuasan kerja pada diri seorang karyawan dalam bekerja akan lebih memacu partisipasinya dalam setiap kegiatan mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Perawat yang merasa puas dengan pekerjaannya akan siap memberikan pelayanan medis yang maksimal. Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya imbalan intrinsik dan imbalan ekstrinsik dapat memberikan kepuasan kerja perawat.
Tujuan: Untuk menilai imbalan intrinsik dan ekstrinsik yang paling berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Sinar Kasih Toraja Kabupaten Tana Toraja Tahun 2023.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional Study. Penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit Sinar Kasih Toraja Kabupaten Tana Toraja dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2022, Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh perawat yang bekerja di Rumah Sakit Sinar Kasih Toraja yang masa kerjanya 2 tahun atau lebih dengan pendidikan Diploma Tiga, S1 Keperawatan atau Ners yang berjumlah 60 orang, Penentuan besar sampel minimal pada penelitian ini dihitung berdasarkan rumus Slovin sebanyak 38, Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen dalam bentuk kuesioner, checklist dan wawancara.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Sinar Kasih Toraja yaitu Wewenang Mengambil Keputusan (p=<0,000), Besarnya Gaji (p=0,000), Insentif/ Imbalan Jasa (p=0,019) dan Asuransi Kesehatan (p=0,002). Variabel insentif merupakan variabel yang paling berpengaruh dengan nilai Exp(B) = 9,945.
Kesimpulan: Kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Sinar Kasih Toraja dipengaruhi oleh wewenang dalam pengambilan keputusan, besarnya gaji, insentif dan adanya asuransi kesehatan sehingga disarankan agar Rumah Sakit Sinar Kasih Toraja lebih meningkatkan imbalan-imbalan yang membuat perawat termotivasi dalam meningkatkan kinerja serta prestasinya.
References
2. Lestary E, Tjahjono HK. Pengaruh Keadilan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rsud Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. MMR UMY. 2015;7(1):3–10.
3. Budiono, Pertami SB. Konsep Dasar Keperawata. 1st ed. Parman S, Damayanti R, editors. Jakarta: Bumi Medika; 2015. 254 p.
4. Windari A. Sistem Informasi Registrasi Perawat. 1st ed. Nasrudin M, editor. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management; 2022.
5. Fahrepi R, Rate S, Hadi AJ. Hubungan Kualitas Pelayanan Home Care Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. Promot J Kesehat Masy. 2019;9(1):122–8.
6. Dewi PCK. Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pada Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. 2020;
7. Wildani H, Badiran M, Hadi AJ. Relationship of Outpatients Quality Health services with The Satisfaction of Patients National Health Insurance in Muhammadiyah Hospital North Sumatera. J Komunitas Kesehat Masy. 2020;1(2):7–21.
8. Simorangkir RM, Thomson T, Hadi AJ. Relationship on Nursing Performance of Patient Satisfaction in Installation of Hospital in General Hospital Deli Serdang Region. J Asian Multicult Res Med Heal Sci Study. 2021;2(2):33–44.
9. Rahmawati I, Sa’adah L, Chabibi MN. Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Zulfikar, editor. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah; 2020. 52 p.
10. Susanti A. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang Tahun 2018. J Manaj dan Adm …. 2019;3(2):165–74.
11. Siyen S, Hadi AJ, Asriwati A. Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2020;3(3):267–74.
12. Apriliani E, Hidayah N. Hubungan Remunerasi dan Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Perawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2020;20(1):137.
13. Nurrahmani N, Asriwati A, Hadi AJ. Kepatuhan Perawat Dalam Melakukan Hand Hygiene Sebelum Dan Sesudah Melakukan Tindakan Di Ruang Inap Rumah Sakit Cut Meutia Langsa Aceh. Promot J Kesehat Masy. 2019;9(1):85–92.
14. Hasibuan AS, Yaturramadhan H, Hadi AJ, Ahmad H. Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas dalam Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2021;4(4):475–81.
15. Pardede MJ, Fitriani AD, Hadi AJ. Analisis Implementasi Manajemen Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSU. Mitra Sejati Medan. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2020;3(2):93–9.
16. Hasibuan AS, Manggabarani S, Maulana I, Hadi AJ. Determinan Model Karakteristik Budaya Kesehatan pada Pemanfaatan Pelayanan Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2022;5(12):1641–7.
17. Siregar RM, Ahmad H, Hadi AJ, Majid A. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2023;6(6):1193–9.
18. Weiss GL, Lonnquist LE. The sociology of health, healing, and illness. Routledge; 2017.
19. Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2013.
20. Leininger M. Transcultural nursing and globalization of health care: Importance, focus, and historical aspects. MM Leininger MR McFarland, Transcult Nurs Concepts, Theor Res Pract. 2002;3–43.
21. Kulbok PA, Thatcher E, Park E, Meszaros PS. Evolving public health nursing roles: focus on community participatory health promotion and prevention. OJIN online J issues Nurs. 2012;17(2):1.
22. Hidajahningtyas N. Pengaruh Citra, Kualitas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Kabupaten Jember. 2013;
23. Wiyono AS. Studi tentang kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2006.
24. Allender JA, Spradley BW. Community Health Nursing, Promoting and Protecting the Public Health. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins; 2005.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.