Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit terhadap Kepuasan Pasien di Indonesia: Literature Review

The Effect of Service Quality and Hospital Image on Patient Satisfaction in Indonesia: Literature Review

  • Asri Rossnita Dewi Magister Kesehatan Masyarakat , Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Chriswardani Suryawati Magister Kesehatan Masyarakat , Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Septo Pawelas Arso Magister Kesehatan Masyarakat , Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
Keywords: Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit, Kepuasan Pasien

Abstract

Latar belakang: Terdapat sekitar 60% Rumah Sakit di Indonesia belum memenuhi kebutuhan pelayanan yang efisien serta belum melaksanakan standar pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan yang baik dapat dilihat dari kepuasan pasien yang berkunjung di rumah sakit dan citra rumah sakit.

Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap kepuasan pasien di Indonesia

Metode: Penelitian ini merupakan literature review dengan menggunakan metode PRISMA. Database yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari google scholar, portal garuda, ProQuest, dan Elsevier. Serta publikasi pada 10 tahun terakhir (2013-2023)

Hasil: Artikel ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan citra rumah sakit juga dapat mempengaruhi kepuasan pasien

Kesimpulan: Rumah sakit harus selalu memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada seluruh pasien dan harus menjaga citra rumah sakit agar selalu baik bagi masyarakat yang berkunjung di rumah sakit serta selalu mengutamakan kepuasan pasien yang berkunjung di rumah sakit

References

Akmallunas, Amri. Pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap Kepuasan kerja dan menghormati karyawan sebagai variabel mediasi pada perawat di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. J Ilm Mhs Ekon Manaj. 2019;4(1):294-305.

Afrizal, Suhardi. Effect of Service Quality, Hospital and Trust Image on Patient Satisfaction and Its Implications in Patient Loyalty. J Ekon dan Manaj STIE Pertiba Pangkalpinang. 2018;4(1):70-86. https://mpra.ub.uni-muenchen.de/id/eprint/92510

Soumokil Y, Syafar M, Yusuf A. Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. J Ilm Kesehat Sandi Husada. 2021;10(2):543-551. doi:10.35816/jiskh.v10i2.645

Hakim A. Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Rumah Sakit Ince Abdul Moeis Samarinda. J Paradig. 2017;4(3):151-162.

Laia GP, Sri L. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. 2022;1(4):696-701. doi:10.55123/sehatmas.v1i4.978

Arifin, Wahyuni TET, Gigih Ibnu Raharjo. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rsud Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Magenta. 2019;5(1):11-22.

Sucharew H, Macaluso M. Methods for research evidence synthesis: The scoping review approach. J Hosp Med. 2019;14(7):416-418. doi:10.12788/jhm.3248

Anfal A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excell Midwifery J. 2020;3(2):1-19. doi:10.55541/emj.v3i2.130

Andrianto A, Sasmito C, Indragunawan C. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Citra Klinik “X” Di Tuban. Care J Ilm Ilmu Kesehat. 2020;8(2):206. doi:10.33366/jc.v8i2.1778

Hasibuan MM, Fitriani AD, Theo D. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Rumah Sakit Umum Dr. Ferdinand Lumban Tobing Kota Sibolga Tahun 2019. J Manaj dan Adm Rumah Sakit Indones. 2020;4(2):144-154. doi:10.52643/marsi.v4i2.1029

Tazkiya FH, Diah PW IA, Damayanti R. Analisis Kualitas Pelayanan, Penanganan Komplain Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pengguna Kartu Bpjs Di Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta. J Ilm Edunomika. 2019;3(02):485-492. doi:10.29040/jie.v3i02.670

Nurullah Hidajahningtyas, Andi Sularso IS. Pengaruh Citra, Kualitas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Kabupaten Jember. J Ekon Akunt dan Manaj. 2013;XII(1):39-53. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1183/946

Hasan S, Putra AHPK. Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah: Ditinjau Dari Perspektif Kualitas Layanan, Citra, Nilai Dan Kepuasan. J Manaj Indones. 2018;18(3):184. doi:10.25124/jmi.v18i3.1731

Dewi RR. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. J Manaj Dayasaing. 2016;18(2):146-156. doi:10.23917/dayasaing.v18i2.4511

Risky E. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Loyalitas Pasien RSIA Eria Bunda Pekanbaru. Jom Fisip. 2018;5(2):1-15.

Sri Fitriani RT. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. MOEWARDI. J Ekon Manaj. 2018;17(1):46–53. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31410

Aminah S, Cahyono D, Herlambang T. Pengaruh Mutu Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Loyalitas Pasien Serta Kepuasan Pasien Sebagai Intervening Di Instalasi Peristi RSD dr. Soebandi Jember. J Sains Manaj dan Bisnis Indones. 2017;7(2):232-256.

Diana Permata D, Ananda Sabil Hussein, Andarwati. Emotional branding, corporate image and its effect on the loyalty of JKN-KIS participants. Int J Res Bus Soc Sci (2147- 4478). 2022;11(4):16-22. doi:10.20525/ijrbs.v11i4.1822

Dinata AAA. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Pantai Gapura Makassar. Skripsi Univ Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Published online 2019:1-109.

Pitoi CD, Tampi JRE, Punuindoong AY. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Best Western The Lagoon Manado. Productivity. 2021;2(1):1-5.

Nafisa Ji, Sukresna I. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harapan Kinerja dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Diponegoro J Manag. 2018;7(3):1-27.

Published
2023-10-01
How to Cite
Asri Rossnita Dewi, Chriswardani Suryawati, & Septo Pawelas Arso. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit terhadap Kepuasan Pasien di Indonesia: Literature Review: The Effect of Service Quality and Hospital Image on Patient Satisfaction in Indonesia: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(10), 1940-1949. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i10.4075