Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit terhadap Kepuasan Pasien di Indonesia: Literature Review
The Effect of Service Quality and Hospital Image on Patient Satisfaction in Indonesia: Literature Review
Abstract
Latar belakang: Terdapat sekitar 60% Rumah Sakit di Indonesia belum memenuhi kebutuhan pelayanan yang efisien serta belum melaksanakan standar pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan yang baik dapat dilihat dari kepuasan pasien yang berkunjung di rumah sakit dan citra rumah sakit.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap kepuasan pasien di Indonesia
Metode: Penelitian ini merupakan literature review dengan menggunakan metode PRISMA. Database yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari google scholar, portal garuda, ProQuest, dan Elsevier. Serta publikasi pada 10 tahun terakhir (2013-2023)
Hasil: Artikel ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan citra rumah sakit juga dapat mempengaruhi kepuasan pasien
Kesimpulan: Rumah sakit harus selalu memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada seluruh pasien dan harus menjaga citra rumah sakit agar selalu baik bagi masyarakat yang berkunjung di rumah sakit serta selalu mengutamakan kepuasan pasien yang berkunjung di rumah sakit
References
Akmallunas, Amri. Pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap Kepuasan kerja dan menghormati karyawan sebagai variabel mediasi pada perawat di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. J Ilm Mhs Ekon Manaj. 2019;4(1):294-305.
Afrizal, Suhardi. Effect of Service Quality, Hospital and Trust Image on Patient Satisfaction and Its Implications in Patient Loyalty. J Ekon dan Manaj STIE Pertiba Pangkalpinang. 2018;4(1):70-86. https://mpra.ub.uni-muenchen.de/id/eprint/92510
Soumokil Y, Syafar M, Yusuf A. Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. J Ilm Kesehat Sandi Husada. 2021;10(2):543-551. doi:10.35816/jiskh.v10i2.645
Hakim A. Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Rumah Sakit Ince Abdul Moeis Samarinda. J Paradig. 2017;4(3):151-162.
Laia GP, Sri L. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. 2022;1(4):696-701. doi:10.55123/sehatmas.v1i4.978
Arifin, Wahyuni TET, Gigih Ibnu Raharjo. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rsud Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Magenta. 2019;5(1):11-22.
Sucharew H, Macaluso M. Methods for research evidence synthesis: The scoping review approach. J Hosp Med. 2019;14(7):416-418. doi:10.12788/jhm.3248
Anfal A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excell Midwifery J. 2020;3(2):1-19. doi:10.55541/emj.v3i2.130
Andrianto A, Sasmito C, Indragunawan C. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Citra Klinik “X” Di Tuban. Care J Ilm Ilmu Kesehat. 2020;8(2):206. doi:10.33366/jc.v8i2.1778
Hasibuan MM, Fitriani AD, Theo D. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Rumah Sakit Umum Dr. Ferdinand Lumban Tobing Kota Sibolga Tahun 2019. J Manaj dan Adm Rumah Sakit Indones. 2020;4(2):144-154. doi:10.52643/marsi.v4i2.1029
Tazkiya FH, Diah PW IA, Damayanti R. Analisis Kualitas Pelayanan, Penanganan Komplain Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pengguna Kartu Bpjs Di Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta. J Ilm Edunomika. 2019;3(02):485-492. doi:10.29040/jie.v3i02.670
Nurullah Hidajahningtyas, Andi Sularso IS. Pengaruh Citra, Kualitas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Kabupaten Jember. J Ekon Akunt dan Manaj. 2013;XII(1):39-53. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1183/946
Hasan S, Putra AHPK. Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah: Ditinjau Dari Perspektif Kualitas Layanan, Citra, Nilai Dan Kepuasan. J Manaj Indones. 2018;18(3):184. doi:10.25124/jmi.v18i3.1731
Dewi RR. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. J Manaj Dayasaing. 2016;18(2):146-156. doi:10.23917/dayasaing.v18i2.4511
Risky E. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Loyalitas Pasien RSIA Eria Bunda Pekanbaru. Jom Fisip. 2018;5(2):1-15.
Sri Fitriani RT. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. MOEWARDI. J Ekon Manaj. 2018;17(1):46–53. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31410
Aminah S, Cahyono D, Herlambang T. Pengaruh Mutu Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Loyalitas Pasien Serta Kepuasan Pasien Sebagai Intervening Di Instalasi Peristi RSD dr. Soebandi Jember. J Sains Manaj dan Bisnis Indones. 2017;7(2):232-256.
Diana Permata D, Ananda Sabil Hussein, Andarwati. Emotional branding, corporate image and its effect on the loyalty of JKN-KIS participants. Int J Res Bus Soc Sci (2147- 4478). 2022;11(4):16-22. doi:10.20525/ijrbs.v11i4.1822
Dinata AAA. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Pantai Gapura Makassar. Skripsi Univ Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Published online 2019:1-109.
Pitoi CD, Tampi JRE, Punuindoong AY. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Best Western The Lagoon Manado. Productivity. 2021;2(1):1-5.
Nafisa Ji, Sukresna I. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harapan Kinerja dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Diponegoro J Manag. 2018;7(3):1-27.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.