Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) dalam Peningkatan Mutu Layanan di Rumah Sakit : Literature Review

Application of Quality Function Deployment (QFD) in Service Quality Improvement in Hospitals : Literature Review

  • Ni Kadek Monica Setia Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • Ni Made Sri Nopiyani Dapartemen Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
Keywords: Quality Function Deployment, Rumah Sakit, Mutu

Abstract

Latar belakang: Salah satu pelayanan kesehatan yang kompleks adalah rumah sakit. Dalam memberikan layanan, diperlukan upaya perbaikan agar meningkatkan mutu dan kepuasan pasien. QFD menjadi upaya perbaikan yang dapat memberikan pandangan prioritas pelanggan dan teknis.

Tujuan: Studi ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi metode QFD di rumah sakit untuk meningkatkan mutu layanan.

Metode: Penulis menggunakan metode Literature Review bersumber database dari PubMed, Scopus, dan SpingerLink. Pencarian dengan kata kunci didapatkan 103 artikel. Kemudian diseleksi skema PRISMA sehingga terpilih 5 artikel. 

Hasil: Penggunaan metode QFD memberikan manfaat signifikan dalam beberapa aspek. Hasil QFD dalam studi-studi tersebut menunjukkan bahwa prioritas pelanggan dalam hal ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dokter serta tenaga medis yang siap siaga. Sedangkan prioritas teknis berubah menjadi pelayanan excellent dan sarana yang mendukung.   

Kesimpulan: Dengan menggunakan QFD, rumah sakit dapat memahami kebutuhan pasien, meningkatkan mutu, dan kepuasan.    

References

Hasibuan A, Parinduri L, Sulaiman OK, Suleman AR, Harahap AK, Hasibuan M, Rupilele FG, Simarmata J, Kurniasih N, Daengs GA. Service quality improvement by using the quality function deployment (QFD) method at the government general hospital. InJournal of Physics: Conference Series 2019 Nov 1 (Vol. 1363, No. 1, p. 012095). IOP Publishing.

Altuntas S, Kansu S. An innovative and integrated approach based on SERVQUAL, QFD and FMEA for service quality improvement: A case study. Kybernetes. 2020 Sep 14;49(10):2419-53.

Yulyandi J, Munandar A. Upaya Peningkatan Kualitas Mutu Pelayanan Medis Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit XYZ Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Rekayasa Industri dan Mesin (ReTIMS). 2021 Nov 12;2(1):16-26.

Blezynsky, Nadya (2019) USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDI KASUS : RSUD NGANTANG). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

HIDAYAT, hidayat; NEGORO, Yanuar Pandu. Penerapan Quality Function Deployment Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Gresik. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 151 - 164, mar. 2023. ISSN 2621-8933.

Said M, Yunus R, Palutturi S. Increasing Inpatient Service Quality of Using Quality Function Deployment Method in Nene Mallomo Hospital of Sidrap Regency, Indonesia. Indian Journal of Public Health Research & Development. 2018 Apr 1;9(4).

Handayani N, Hasan MT, Renaldi TA. ANALISIS PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN PASIEN INSTALASI RAWAT INAP (IRI) DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Jurnal Teknik Industri. 2020 Sep 24;23(2):19-30.

Oktavera R. IMPLEMENTASI MODEL ABC PADA RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE QFD DAN BENCHMARKING: CONTOH DESAIN. Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi. 2018 Jun 29;7(2):69-83.

Kumbara VB, Yeni F, Putra RA, Candana DM, Dharma R. Knowledge Management of Performance Analysis and Quality Service from Regional Public Health Pariaman. InJournal of Physics: Conference Series 2019 Dec 1 (Vol. 1339, No. 1, p. 012104). IOP Publishing.

Firdaus M, Surbakti SM. Kesiapan Kepemimpinan IGD dalam Pemenuhan Standar IGD Rumah Sakit Tipe B dan Indikator Mutu IGD RSU PKU Muhammdiyah Bantul. Journal of Hospital Administration and Management. 2020 Jun 30;1(1):10-3.

Yulyandi J, Munandar A. Upaya Peningkatan Kualitas Mutu Pelayanan Medis Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit XYZ Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Rekayasa Industri dan Mesin (ReTIMS). 2021 Nov 12;2(1):16-26.

Simamora I, Wahyuni R. Implementasi Metode Fuzzy Servqual dan Quality Function Deploypment Terhadap Kualitas layanan BPJS Kesehatan RSUP H. Adam Malik. Jurnal Curere. 2019 Nov 14;3(2).

Arif YY, Pusporini P, Ismiyah E. INTEGRASI SERVQUAL DAN KANO MODEL KE DALAM QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAK KUALITAS PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IBNU SINA GRESIK. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri). 2021 Nov 7;2(1):131-45.

Abdelsamad Y, Rushdi M, Tawfik B. Functional and Spatial Design of Emergency Departments Using Quality Function Deployment. J Healthc Eng. 2018 Nov 14;2018:9281396. doi: 10.1155/2018/9281396. Erratum in: J Healthc Eng. 2019 Jul 17;2019:8240684. PMID: 30651949; PMCID: PMC6311852.

Kammoun A, Hachicha W, Aljuaid AM. Integrating Quality Tools and Methods to Analyze and Improve a Hospital Sterilization Process. Healthcare (Basel). 2021 May 7;9(5):544. doi: 10.3390/healthcare9050544. PMID: 34066947; PMCID: PMC8148510.

Nur M, Susanto SN. Usulan Perbaikan Kualitas Jasa Layanan Rawat Jalan Dengan Metode QFD di RSUD XYZ. Industrial Engineering Journal. 2020 Apr 20;9(1):1.

Pamungkas CY, Usman U. Penerapan Qfd Berbasis Analisa Hoq Dalam Upaya Peningkatan dan Perbaikan Kualitas Layanan Puskesmas. Jurnal Sosial dan Sains. 2023 Mar 15;3(3):286-95.

Karniawati R, Palu B, Ahri RA. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Labuang Baji. Journal of Muslim Community Health. 2023 Feb 25;4(4):203-16.

Jaya PJ, Heriyono H. PENGARUH PEMBAGIAN PEKERJAAN DAN PENDELEGASIAN WEWENANG TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN CIREBON, KOTA CIREBON, KABUPATEN INDRAMAYU, DAN KABUPATEN KUNINGAN. CENDEKIA Jaya. 2021 Feb 27;3(1):72-102.

Harminto H, Fipiana WI, Lusia V. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Umum di Klinik Cipinang Jakarta dengan Metode Servqual. Jurnal Manajemen Fe-Ub. 2021;9(2).

Mahmud AN. KEPUASAN PASIEN: PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP. Voice of Midwifery. 2020 Oct 10;10(2):940-54.

Suryarifani S, AM MD, Mulyati DS. Usulan Perbaikan Kualitas Jasa Dengan Menggunakan Model Service Quality (Servqual) Dan Metode Triz (Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch)(Studi Kasus: Rumah Sakit Sariningsih). Prosiding Teknik Industri. 2019 Jan 25:41-7.

Widyana SF, Hasanah S. Perancangan Strategi Peningkatan Ekspor PT. Bio Farma (Melalui Kualitas Produk Dengan Metode QFD. Pro Mark. 2019 Sep 30;9(2):11-.

Kaunang V, Citraningtyas G, Lolo WA. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Manado. PHARMACON. 2020 May 28;9(2):233-8.

Syahrial A, Kumala S, Sarnianto P, Hersunaryati Y. Analisis Kebutuhan Sumber Daya Manusia dan Kualitas Pelayanan Farmasi Di RS Amira Purwakarta. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia. 2022 Jan 20;7(1):25-43.

Syamsurrizal A. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat. 2019 May 31;9(1).

Aulia D, Rahmiati R, Tabrani G. Mengukur Kepuasan Pasien Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang atas Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Ecogen. 2019 Jun 28;2(1):11-7.

Karniawati R, Palu B, Ahri RA. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Labuang Baji. Journal of Muslim Community Health. 2023 Feb 25;4(4):203-16.

Herlina D, Atikah N. EVALUASI KEPUASAN PASIEN DITINJAU DARI KINERJA TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN DI APOTEK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM “SITI HAJAR” MATARAM. Pharmaceutical and Traditional Medicine. 2019;3(2):79-88.

Published
2023-09-01
How to Cite
Setia, N. K. M., & Nopiyani, N. M. S. (2023). Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) dalam Peningkatan Mutu Layanan di Rumah Sakit : Literature Review: Application of Quality Function Deployment (QFD) in Service Quality Improvement in Hospitals : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(9), 1745-1752. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i9.3582