Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan
Analysis of Health Services Quality on Patient Satisfaction in Sipirok Regional General Hospital South Tapanuli District
Abstract
Latar belakang: Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Pelayanan tugas kesehatan perorangan secara paripurna tersebut, pada dasarnya rumah sakit mempunyai fungsi menyelenggarakan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.
Metode: Penelitian kuantitatif ini dengan menggunakan desain cross section study. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat pada bulan Januari dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling yang berjumlah 112 pasien. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner penelitian serta analisis data dengan program SPSS menggunakan uji chi-square dan regresi logistik.
Hasil: Peneltian ini diperoleh bahwa variabel daya tanggap, (p=0,000), reliabilitas (p=0,005), empati (p=0,001) dan bukti fisik (p=0,002) adalah variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien. Variabel jaminan (p=0,496) tidak berhubungan dengan kepuasan pasien serta daya tanggap yang paling berhubungan dengan kepuasan pasien dengan nilai Exp (B) =7,262.
Kesimpulan: Temuan penelitian ini bahwa kepuasan pasien sangat berkontribusi terhadap daya tanggap, reliabilitas, empati dan bukti fisik sehingga diharapkan petugas pelayanan agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan dalam melayanai pasien.
References
Alfina TA. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Tingkat Iv Kota Madiun Tahun 2019. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun; 2019.
Fahrepi R, Rate S, Hadi AJ. Hubungan Kualitas Pelayanan Home Care Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. Promot J Kesehat Masy. 2019;9(1):122–8.
Jayadipraja ESN, Nurzalmariah WOS. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Umum di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2019. Indones J Heal Med. 2021;1(2):305–18.
Numberi HY. Tinjauan Pemanfaatan Data Sensus Harian Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo. J Delima Harapan. 2020;7(2):73–85.
Wildani H, Badiran M, Hadi AJ. Relationship of Outpatients Quality Health services with The Satisfaction of Patients National Health Insurance in Muhammadiyah Hospital North Sumatera. J Komunitas Kesehat Masy. 2020;1(2):7–21.
Dzikra FM. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil UD. Sari Motor Di Pekanbaru. Eko dan Bisnis Riau Econ Bus Rev. 2020;11(3):262–7.
Siyen S, Hadi AJ, Asriwati A. Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2020;3(3):267–74.
Hasibuan AS, Yaturramadhan H, Hadi AJ, Ahmad H. Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas dalam Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan. MPPKI (Media Publ Promosi Kesehat Indones Indones J Heal Promot. 2021;4(4):475–81.
Alshamsan R, Majeed A, Ashworth M, Car J, Millett C. Impact of pay for performance on inequalities in health care: systematic review. J Health Serv Res Policy. 2010;15(3):178–84.
Wira D, Suarjana WG, Wijaya IPG. Hubungan antara Persepsi Daya Tanggap dan Persepsi Empati dengan Kepuasan Pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Public Heal Prev Med Arch. 2014;2(2):150–5.
Soumokil Y, Syafar M, Yusuf A. Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. J Ilm Kesehat Sandi Husada. 2021;10(2):543–51.
Ni’amah S, Altika S. Kepuasan Pasien Bpjs Tipe C Pada Pelayanan Persalinan Oleh Bidan Di Puskesmas Kayen Kabupaten Pati Tahun 2019. J Ilmu Kebidanan dan Kesehat (Journal Midwifery Sci Heal. 2019;10(2).
Silalahi JY, Fitriani AD, Megawati M. Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Di Rumah Sakit Advent Medan. J Kesehat PERINTIS (Perintis’s Heal Journal). 2019;6(1):21–9.
Saragih P, Ginting N, Silalahi HN. Analisis Kelengkapan Rekam Medis Pasien Rawat Inap di Ruangan Fransiskus RS. Santa Elisabeth Medan. J Promot Prev. 2022;5(1):163–70.
Nur’aeni R, Simanjorang A. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. J Healthc Technol Med. 2020;6(2):1097–111.
Fatimah S, Firdaus R. Factors Influencing Patient Satisfaction on Service Quality at Gynecology Polyclinic at Harapan Insan Sendawar General Hospital. Formosa J Sci Technol. 2022;1(8):1245–60.
Rahmiati R, Temesveri NA. Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. J Kesehat. 2020;13(1):13–21.
Habibi AH, Hakim FH, Azizi FS. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. J JKFT. 2019;4(2):11–21.
Habena AR. Analisis Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan. J Pemerintah dan Polit. 2019;4(2).
Woo S, Choi M. Medical service quality, patient satisfaction and intent to revisit: Case study of public hub hospitals in the Republic of Korea. PLoS One. 2021;16(6):e0252241.
Lin W, Yin W. Impacts of service quality, brand image, and perceived value on outpatient’s loyalty to China’s private dental clinics with service satisfaction as a mediator. PLoS One. 2022;17(6):e0269233.
Hutagalung AQ, Silalahi AS, Dalimunthe DMJ, Putra AF. Pengaruh Kemauan Untuk Mencapai Tujuan, Kebutuhan dan Tujuan Dosen dan Hubungan Interpersonal Terhadap Kinerja Dosen Generasi Milenial Universitas Sumatera Utara. J Ilmu Manaj. 2021;9(4):1406–19.
Asamrew N, Endris AA, Tadesse M. Level of patient satisfaction with inpatient services and its determinants: a study of a specialized hospital in Ethiopia. J Environ Public Health. 2020;2020.
Effendi K. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excell Midwifery J. 2020;3(2):82–90.
Safrizal S, Aldanisa N. Analisis Kualitas Pelayanan Pada Rsu Cut Meutia Kota Langsa Dengan Pendekatan Service Quality (Servqual). TRANSAKSI. 2019;11(2):15–23.
Liang H, Xue Y, Zhang Z. Patient satisfaction in China: a national survey of inpatients and outpatients. BMJ Open. 2021;11(9):e049570.
Gul S, Turkman YE, Bakitas MA, Dionne-Odom JN. Surrogates’ perceptions of service quality while making decisions for ICU patients. West J Nurs Res. 2019;41(10):1370–84.
Meliala SA. Analisis pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Mitra Sejati Medan. J Rekam Med. 2018;1(1):23–9.
Meng G, McAiney C, Perlman CM, McKillop I, Tisseverasinghe T, Chen HH. Service process factors affecting patients’ and clinicians’ experiences on rapid teleconsultation implementation in out-patient neurology services during COVID-19 pandemic: a scoping review. BMC Health Serv Res. 2022;22(1):534.
Strickland W, Pirret A, Takerei S. Patient and/or family activated rapid response service: patients’ perceptions of deterioration and need for a service. Intensive Crit Care Nurs. 2019;51:20–6.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.