Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Poliklinik Penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang Sidempuan

Factors Affecting the Quality of Health Services towards BPJS Patient Satisfaction at the Internal Medicine Polyclinic of the Padang Sidempuan City General Hospital

  • Karlina Sari Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Magister, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Megawati Departemen Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Haslinah Ahmad Departemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Aufa Royhan, Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Kepuasaan Pasien, Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, Responsivenes

Abstract

Latar belakang: Keberadaan pelayanan kesehatan sangatlah penting demi mewujudkan masyarakat yang sehat. Berbagai pelayanan kesehatan baik primer maupun tersier, baik milik pemerintah maupun swasta didirikan pada setiap daerah untuk memudahkan masyarakat untuk mengaskes pelayanan kesehatan. Kepuasan seseorang dapat ditentukan oleh penilaian dari seseorang tersebut.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang Sidempuan.

Metode: Jenis penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di Poliklinik penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang Sidempuan,

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasaan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam adalah sebanyak 59,1%. Hasil analisis multivariat dengan menggunakan regresi logostik menunjukkan bahwa assurance (p= 0,006), tangible (p= 0,055), empaty (p=0,028), responsiveness (p=0,004) berpengaruh terhadap kepuasaan pasien BPJS, sedangkan variabel reliability (p= 0,779) tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pasien BPJS.

Kesimpulan: Tenaga kesehatan dapat  meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan kesehatan serta melakukan survei kepuasan pasien secara berkala sehingga tenaga kesehatan agar dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

References

Fahrepi R, Rate S, Hadi AJ. Hubungan Kualitas Pelayanan Home Care Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. Promot J Kesehat Masy. 2019;9(1):122–8.

Setiawan MD, Fauziah F, Edriani M, Gurning FP. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (A: Systematic Review). J Pendidik Tambusai. 2022;6(2):12869–73.

Ainurrahmah Y. Pengaruh Manajemen Pusat Kesehatan Masyarakat terhadap Akses Pelayanan Kesehatan untuk Mewujudkan Mutu Pelayanan Kesehatan. J Publik J Ilm Bid Ilmu Adm Negara. 2017;11(2):239–56.

Anfal AL. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excell Midwifery J. 2020;3(2):1–19.

Khairurrozi M. Hubungan Pelayanan Petugas Pendaftaran Dan Fasilitas Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Pendaftaran Rsud Dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur Tahun 2020. J EDUKES J Penelit Edukasi Kesehat. 2020;3:91–9.

Kurniawan Y, Tj HW, Fushen F. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Pasien BPJS Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di RSIA Bunda Sejahtera). J Manaj dan Adm Rumah Sakit Indones. 2022;6(1):74–85.

Lubis YH, Maretta B, Lubis RM, Gurning FP. Model Prediksi: Perbedaan Iuran Dan Strata Sosial Yang Berisiko Bagi Pengguna Bpjs Kesehatan: Prediction Model: Differences In Contributions And Social Strata Risk For Bpjs Kesehatan Users. Qual J Kesehat. 2022;16(2):125–34.

Statistik BP. Persentase Penduduk yang Memiliki. Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Drh. 2021;

ANANDA P. Peranan Perempuan “Single Parent†Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Di Desa Mulyorejo Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang). 2022.

Lasawedi MF, Yusuf H. Mutu Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Uekuli Kec. Tojo Kab. Tojo Una-Una. J Kolaboratif Sains. 2020;3(3):126–9.

Odelia EM. Pengembangan Kapasitas Organisasi Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. Mohamad Soewandhie Surabaya J Kebijak Dan Manaj Publik. 2018;6(1):1–8.

Pardede MJ, Fitriani AD, Hadi AJ. Analisis Implementasi Manajemen Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSU. Mitra Sejati Medan. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2020;3(2):93–9.

Luthfia AR, Alkhajar ENS. Praktik pelayanan publik: Puskesmas sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan. Decis J Adm Publik. 2019;1(2):71–81.

Irmawati S. Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Katalogis. 2017;5(1).

Putra HA. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Rajawali Citra 2022. J-MIND (Jurnal Manaj Indones. 2023;7(2):183–90.

Aulia R, Adhani R, Taufiqurrahman I, Hatta I. Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien BPJS di layanan primer Banjarmasin. Dentino J Kedokt Gigi. 2017;2(1):95–100.

Rahmi MNF, Ilmi Z, Robiansyah R. Pengaruh daya tarik program insentif dan orientasi kapabilitas supervisor terhadap keinginan pindah kerja TURNOVER INTENTION. KINERJA. 2017;14(1):40–51.

Ulinuha FE. Kepuasan pasien bpjs (badan penyelenggara jaminan sosial) terhadap pelayanan di unit rawat jalan (urj) rumah sakit Permata Medika Semarang tahun 2014. Semarang Univ Dian Nuswantoro. 2014;

Siyen S, Hadi AJ, Asriwati A. Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2020;3(3):267–74.

Kep MS, Utami TN, Simanjorang A. Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017. JUMANTIK (Jurnal Ilm Penelit Kesehatan). 2018;3(2):16–27.

Published
2023-05-08
How to Cite
Karlina Sari, Megawati, & Haslinah Ahmad. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Poliklinik Penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang Sidempuan: Factors Affecting the Quality of Health Services towards BPJS Patient Satisfaction at the Internal Medicine Polyclinic of the Padang Sidempuan City General Hospital. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(5), 982-988. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i5.3470

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>