Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Jalanan : Literature Review

Analysis of Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) of Street Children : Literature Review

  • Ratri Kartikasasmi Program Studi Magister Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Zahroh Shaluhiyah Program Studi Magister Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Bagoes Widjanarko Program Studi Magister Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, (PHBS), Anak Jalanan

Abstract

Latar Belakang: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak jalanan dapat dilihat dari rumah singgah, pendidikan, hubungan dengan keluarga, pola makan, lingkungan dan pengetahuan tentang PHBS. Sedangkan sebagian besar anak jalanan tidak mempunyai tempat singgah, tidak mempunyai keluarga, kurangnya penggunaan air bersih dan makan makanan yang tidak bergizi sehingga dapat membuat kurangnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak jalanan.

Tujuan: literature review tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak jalanan.

Metode: Metode penelitian ini menggunakan Literature Review. Penelitian ini menggunakan sampel jurnal penelitian artikel literature review yang berada pada database google scholar, portal garuda, ProQuest, dan Elsevier. Dimana dipublikasikan dalam 10 tahun terakhir (2013-2023). Dan mempunyai variabel yang berhubungan dengan PHBS dan Anak Jalanan.

Hasil: Kemiskinan merupakan faktor yang melatar belakangi keberadaan anak jalanan. Penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari memiliki tolak ukur yang dapat digunakan sebagai ukuran bahwa seseorang dikatakan sudah melakukan atau memenuhi kriteria menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. PHBS dapat dilakukan di sekolah, tempat kerja, keluarga dan masyarakat. PHBS pada anak jalanan dapat ditinjau dari beberapa faktor perilaku, sosial ekonomi, sarana prasarana, geografis dan upaya promotif intasnsi terkait, Tingkat pengetahuan dan sikap anak jalanan dengan PHBS tidak ada hubungannya pada anak jalanan.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil review dapat disimpulkan bahwa terdapat keterkaitan antara pengetahua dan prilaku hidup bersih dan sehat pada anak jalanan.

References

Herlina A. Kehidupan anak jalanan di Indonesia : faktor penyebab, tatanan hidup dan kerentanan berperilaku menyimpang. Pus Pengkajian, Pengolah Data dan Inf Sekr. 2014;5:145–55.

Vitriani E, Suryani D. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Jalanan di Yayasan Rumah Impian Yogyakarta. J Berk Kesehat. 2019;5(2):45.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Buku Sebaran Data PPKS & PSKS Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. 2021;(12).

Kementerian Sosial Republik Indonesia. Komitmen Kemensos Bantu Anak-anak di Kondisi COVID-19 Melalui Progresa. Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial. 2020.

Sakman. Studi Tentang Anak Jalanan (Tinjauan Implementasi Perda Kota Makassar Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pembinaan Anak Jalanan , Gelandangan , Pengemis , dan Pengamen di Kota Makassar ). Supremasi. 2016;XI(3):1–21.

Kemensos R. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) penguatan kapabilitas anak dan keluarga. Direktorat Rehabil Sos Anak. 2020;1–14.

Kementrian kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2269 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2011. 4 p.

Mansoorah A, Azhali BA, Respati T, Garina LA, Garna H. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Jalanan di Tambun Selatan Kota Bekasi. J Integr Kesehat Sains. 2020;2(1):68–71.

Sulianto. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku. J Bisnis dan Ekon. 2015;22(2):154–70.

Dewi. Eltanina Ulfameytalia, Iriyani DA, Devianto A, Arisandi D. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku. J Bisnis dan Ekon. 2022;22(2):154–70.

Rudyarti E, Sari Bayu Ningsih E, Puspita Dewi R. Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Terhadap Sikap Kebersihan Diri Pada Remaja Di Yayasan Lentera Harapan Karawang. J Ilm Kesehat Inst Med drgSuherman. 2019;1(1):2716–45.

Buramare MY, Yudiernawati A, Nurmaningsari T. Pengetahuan anak anak jalanan (usia sekolah) berhubungan dengan pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Nurs News (Meriden). 2017;2(2):71–9.

Juniartha IW, Putra INTA, Putri CP. Edukasi pola hidup bersih dan sehat pada yayasan peduli anak kuta. 2022;1(2):79–86.

B H, Hadiansyah MI. Pada Anak Jalanan Di Desa Muntoi Timur. 2021;2(1):158–63.

Mhuthia Adila A, Noviansyah A, Lovista Paraba I, Fauziah M, Kesehatan Masyarakat J, Kesehatan Masyarakat F, et al. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Membumikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Jalanan Di Sekolah Master (Masjid Terminal) DEPOK. J UMJ. 2021;

Isnaeni Y, Sahar J, Mulyono S. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berdasarkan Faktor Pencetus, Penguat dan Pemungkin Pada Anak Jalanan Binaan Rumah Singgah. J Keperawatan Indones. 2008;12(3):179–86.

Andriansyah Y, Rahmantari DN. Penyuluhan Dan Praktik PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Dalam Mewujudkan Masyarakat Desa Peduli Sehat. Inov dan Kewirausahaan. 2013;2(1):45–50.

Hulukati W. Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Musawa. 2015;7(2):265–82.

Published
2023-05-08
How to Cite
Ratri Kartikasasmi, Zahroh Shaluhiyah, & Bagoes Widjanarko. (2023). Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Jalanan : Literature Review: Analysis of Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) of Street Children : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(5), 878-884. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i5.3437