Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Ibu dengan Kejadian Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah

Relationship between Mother's Clean and Healthy Behavior (PHBS) and Diarrhea in Toddlers in the Working Area of the Tobadak Health Center, Central Mamuju Regency

  • Sitti Herliyanti Rambu Stikes Amanah Makassar, Indonesia
  • Asmiana Saputri ilyas STIKES Amanah Makassar, Indonesia
Keywords: PHBS, Balita, Kejadian Diare

Abstract

Latar belakang: Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah bahwa perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada ibu kurang baik.

Tujuan : untuk mengetahui hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ibu  dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja  Puskesmas Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah..

Metode: . Metode penelitian ini adalah kuantitatif  dengan pendekatan Cross Sectional .

Hasil: Data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan statistik berdasarkan skala ukur variabel dan penyajian dalam tabel disertai penjelasan.

Kesimpulan: Ada hubungan antara Pengelolaan Air Minum dengan Kejadian  Diare di Wilayah Kerja Puskesmas Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, Tidak ada hubungan antara Pengelolaan Sampah dengan Kejadian  Diare di Wilayah Kerja Puskesmas Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, Tidak ada hubungan antara Kepemilikan Jamban Keluarga dengan Kejadian Diare di Wilayah Kerja Puskesmas Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah, Tidak ada hubungan antara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  dengan Kejadian  Diare di Wilayah Kerja Puskesmas Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah.

References

Organization WH. Global tuberculosis report 2013. World Health Organization; 2013.

RI K. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Pedoman Umum Gizi Seimbang Jakarta Direktorat Jenderal Bina Kesehat Masy. 2016;

Mas EM, Yudiernawati A, Maemunah N. Hubungan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) ibu dengan kejadian diare pada anak balita (1-5 tahun) di posyandu mawar kelurahan merjosari wilayah puskesmas dinoyo kota malang. Nurs News J Ilm Keperawatan. 2017;2(3).

Hairani B, Suriani S, Andiarsa D, Juhairiyah J. Hubungan pengetahuan ibu tentang diare dan perilaku memasak air minum dengan kejadian diare balita di Puskesmas Baringin Kabupaten Tapin tahun 2014. J Heal Epidemiol Commun Dis. 2017;3(1):10–4.

Marini M, Ofarimawan D, Ambarita LP. Hubungan Sumber Air Minum dengan Kejadian Diare di Provinsi Sumatera Selatan. Spirakel. 2020;12(1):35–45.

Maryunani A, Hariyati RTS, Novieastari E. Phenomenological Study on the Experience of Male Nurses in Caring for Female Patients. J Keperawatan Indones. 2021;24(1):32–41.

Bangun HA, Nababan D. HUBUNGAN SANITASI DASAR DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DESA DURIAN KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG. J Teknol Kesehat DAN ILMU Sos. 2020;2(1):57–66.

Kartini K, Nasrullah N, Sofia S, Syahrizal S, Junaidi J. Sosialisasi penggunaan arang aktif dari kulit singkong dalam menurunkan nilai BOD & COD dari limbah pasar Lambaro Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. J PADE Pengabdi Edukasi. 2022;4(1):45–50.

AKLI HS. HUBUNGAN KEPEMILIKAN JAMBAN SEHAT DENGAN PENYAKIT DIARE DI KAMPUNG BUMI RATU KECAMATAN BUMI RATU NUBAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2021. Poltekkes Tanjungkarang; 2022.

Putranti D, Sulistyorini L. Hubungan antara kepemilikan jamban dengan kejadian diare di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. J Kesehat Lingkung. 2013;7(1):54–63.

KHOIRUN NISA FAZRINA VIA. HUBUNGAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN DIARE DI PUSKESMAS BABAKANSARI BANDUNG. 2021;

Solekha AU. PENGARUH MEDIA BERMAIN ULAR TANGGA CUCI TANGAN TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI COVID-19. Universitas Islam Sultan Agung Semarang; 2022.

Published
2023-04-03
How to Cite
Sitti Herliyanti Rambu, & Asmiana Saputri ilyas. (2023). Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Ibu dengan Kejadian Diare pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah : Relationship between Mother’s Clean and Healthy Behavior (PHBS) and Diarrhea in Toddlers in the Working Area of the Tobadak Health Center, Central Mamuju Regency . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(4), 666-673. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3328