Tinjauan Kepuasan Bidan dan Perawat Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rekam Medis di Rsia Sitti Khadijah Gorontalo Tahun 2022

Midwife and Nurse Satisfaction Review of Service Quality in the Medical Record Unit at Rsia Sitti Khadijah Gorontalo in 2022

  • Hartati Inaku Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKES Baktara Gorontalo
  • Lilis Handayani Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKES Baktara Gorontalo
  • Asrafil Pilomangu Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKES Baktara Gorontalo
  • Zuriati Muhamad Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Keywords: Kepuasan, Mutu Pelayanan, Rekam Medis

Abstract

Latar belakang: Kepuasan perawat dan bidan terhadap mutu pelayan unit rekam medis merupakan salah satu penilaian dalam menggambarkan mutu atau kualitas dari pelayanan dari unit rekam medis yang ada di RSIA Sitti Khadijah Gorontalo.

Tujuan: penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan perawat dan bidan terhadap mutu pelayanan unit rekam medis  di  RSIA  Sitti  Khadijah  Gorontalo  berdasarkan  dimensi  reliability, assurance, tangible, emphaty, dan responsiveness.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bidan dan perawat di RSIA Sitti Khadijah Gorontalo sebanyak 57 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang yang diambil dengan teknik sampling purposive dengan menggunkan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisoner.

Hasil: Penelitian ini yaitu tingkat kepuasan bidan dan perawat pada dimensi reliability 44%, dimensi assurance 47 %, dimensi tangible 44%, dimensi empahty 56% dan dimensi responsiveness 53%.

Kesimpulan: Pada penelitian ini yaitu tingkat kepuasan tertinggi berada pada dimensi emphaty yang menunjukkan angka 56% dan yang terendah berada pada dimensi reliability dan tangible yang menunjukan angka 44%. Saran pada penelitian ini yaitu mutu pelayanan unit rekam medis baik di rumah sakit maupun puskesmas agar lebih diperhatikan atau dikembangkan untuk mencapai tingkat kepuasan yang lebih baik.

References

1. PERMENKES RI. 2018. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2018 tentang aplikasi sarana, prasarana, dan alat kesehatan.
2. Fathoni, Z. A. N., & Akhmadi, A. 2017. Tingkat Kepuasan Dokter dan Perawat Poliklinik Terhadap Pelayanan Rekam Medis di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 154.
3. Erlindai. 2019. Tinjauan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Upt Rumah Sakit Khusus Mata Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 4(1), 573–580.
4. UU RI. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang tenaga kesehatan.
5. Irawati, A. D., Fannya, P., Indawati, L., & Rumana, N. A. 2021. Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit Bhakti Kartini Tahun 2021. Jurnal Klinik, 1(1).
6. Purwanigrum, R. 2020. Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2018. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 7, 357–367.
7. Kuntoro, W., & Istiono, W. 2017. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1),148.
8. Manarap, J. L. A. 2017. Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien (TPP) Rawat Jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul. Universitas Jendral Ahmad Yani.
9. Maimunah, A. 2020. Hubungan Pelayanan Rekam Medis terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poli Bedah RSUP H. Adam Malik. Jurnal Rekam Medis, 3(2), 108–120.
10. Sugiarto, P., Aprilistiyani, D. W., & Yudianti, S. A. 2020. Analisis Hubungan Persepsi tentang Mutu Pelayanan Rekam Medis dengan Tingkat Kepuasan di Rumah Sakit –98.
11. Simanjuntak, M. 2020. Tinjauan Kepuasan Pasien di Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Waktu Tunggu Penyediaan Berkas Rekam Medis Di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 5(2), 213–218.
Published
2022-11-21
How to Cite
Hartati Inaku, Lilis Handayani, Asrafil Pilomangu, & Zuriati Muhamad. (2022). Tinjauan Kepuasan Bidan dan Perawat Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rekam Medis di Rsia Sitti Khadijah Gorontalo Tahun 2022: Midwife and Nurse Satisfaction Review of Service Quality in the Medical Record Unit at Rsia Sitti Khadijah Gorontalo in 2022. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(11), 1453-1458. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i11.2991